Pengaruh Pembelajaran Berpola Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) Terhadap Pemahaman Konsep dan Keterampilan Metakognitif Mahasiswa S1 PGSD Universitas Mataram

Anindita Suliya Hangesti Mandra Kusuma, Khairun Nisa, Zulhan Widya Baskara

Abstract


Pola pembelajaran yang dilakukan belum semuanya memonitor pemahaman konsep dan memberdayakan keterampilan metakognitif mahasiswa. Evaluasi pembelajaran masih mengedepankan hasil penilaian tes tengah dan akhir semester sebagai indikator hasil belajar mahasiswa. Pembelajaran sebagian besar hanya menggunakan makalah dan belum ada bahan diskusi lain dalam pembelajaran seperti lembar kerja mahasiswa yang disusun khusus oleh dosen sesuai dengan materi perkuliahan yang dipelajari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berpola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif mahasiswa S1 PGSD Universitas Mataram. Jenis penelitian adalah penelitian kuantitatif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi-experimental dengan rancangan The One-group Pretest-Posttest Design. Hasil analisis data pemahaman konsep menggunakan uji-t berpasangan diperoleh signifikansi 0.000 lebih kecil dari alpha 0.05 (p < 0.05) sehingga hipotesis penelitian diterima. Hasil analisis data keterampilan metakognitif diperoleh signifikansi 0.000 lebih kecil dari alpha 0.05 (p < 0.05) yang berarti bahwa hipotesis penelitian diterima. Kesimpulan dalam penelitian adalah ada pengaruh pembelajaran berpola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP) terhadap pemahaman konsep dan keterampilan metakognitif mahasiswa. Berdasarkan rata-rata skor pretest dan posttest baik pemahaman konsep maupun keterampilan metakognitif dapat diketahui bahwa ada peningkatan skor setelah dilakukan pembelajaran dengan pola pemberdayaan berpikir melalui pertanyaan (PBMP). Rekomendasi berdasarkan hasil penelitian terhadap penelitian selanjutnya adalah bahwa akan sangat baik jika pembelajaran menggunakan PBMP dapat diaplikasikan pada banyak matakuliah di prodi PGSD sehingga banyak subyek atau sampel penelitian yang bisa di lihat perkembangan pemahaman konsep dan metakognitifnya pada matakuliah yang berbeda. Penelitian selanjutnya disarankan menggunakan rancangan yang menggunakan kelas kontrol sebagai pembanding hasil kelas yang diberikan perlakuan PBMP.

Keywords


Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan, PBMP, Pemahaman Konsep, Keterampilan Metakognitif.

Full Text:

PDF

References


Baker, L., & Brown, A. L. (1984). Metacognitive skills and reading. Handbook of reading. New York: Longman.

Chinedu, C.C & Kamin, Y. (2015). Strategies for Improving Higher Order Thinking Skills In Teaching and Learning Of Design And Technology Education. Journal of Technical Education and Training (JTET), Vol. 7, No.2 December 2015.

Corebima, A.D. (2001). Pengembangan Lembar PBMP (TEQ) dalam Pembelajaran IPA – Biologi. Makalah pada Pelatihan dan Lokakarya PBMP bagi Para Guru IPA-Biologi dalam Rangka RUT VII.I 31 Agustus – 1 September 2001 di Biologi FMIPA UM.

Corebima, A.D. (2008). Pemberdayaan Keterampilan Metakognitif pada Pembelajaran IPA, IPA Biologi, dan Biologi dalam Mendukung Perkembangan Kemampuan Berpikir Tinggi pada Siswa SD, SMP, dan SMA. Laporan HPTP 2008.

Corebima, A.D. (2009). Metacognitive Skill Measurment Integrated in Achievement Test. Makalah disajikan pada The Third CosMED di Penang, Malaysia.

Grotzer, T & Mittlefehldt, S. (2012). Metacognition in Science Education: Trends in Current Research. Contemporary Trends and Issues in Science Education Vol 40 (Editor by Zohar, A & Dory, Y. J). New York: Springer.

Ishaq, M., Muslimin, I, Soetjipto. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Strategi Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) pada Pokok Bahasan Kalor. Jurnal Pena Sains Vol. 2, No. 1, April 2015.

Jamaluddin. (2009). Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan dan Strategi Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 16, Nomor 3, Oktober 2009.

Kusuma, A.S.H.M. (2014). Pengaruh Pembelajaran Reading Questioning and Answering (RQA), Think Pair Share (TPS), RQA dipadu TPS dan Perbedaan Gender terhadap Keterampilan Bertanya, Kesadaran Metakognitif, Keterampilan Metakognitif, Pembentukan Karakter, dan Hasil Belajar Biologi Siswa kelas VIII SMP Negeri Kota Malang. Tesis. Tidak Diterbitkan. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Mitasari, Z & Prasetyo, N. A. (2016). Penerapan Metode Diskusi-Presentasi Dipadu Analisis Kritis Artikel melalui Lesson Study untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berpikir Kritis, dan Komunikasi. Jurnal Bioedukatika Vol. 4 No. 1 Tahun 2016.

Pintrich, P. R. (2002). The Role of Metacognitive Knowledge in Learning, Teaching, and Assessing. Theory Into Practice, Vol. 41, No. 4, Revising Bloom's Taxonomy (Autumn, 2002). Oxfordshire: Taylor & Francis, Ltd.

Putri, N. A., Corebima, A. D & Mahanal, S. (2013). Pengaruh Strategi Pembelajaran (PBL dan RT) terhadap Keterampilan Metakognitif, Hasil BelajarBiologi, dan Resistensi Siswa Berkemampuan Akademik Rendah Kelas X pada SMA yang Berbeda. Skripsi. Tidak diterbitkan. Malang: Universitas Negeri Malang.

Rahmadani, R., Hala, Y & Ngitung, R. (2017). Pengaruh Metode Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) terhadap Keterampilan Metakognitif dan Berpikir Kritis serta Hasil Belajar Biologi Peserta Didik SMA. Tesis. Tidak diterbitkan. Makassar: Program Pascasarjana Universitas Negeri Makassar.

Schraw, G & Dennison, R.S. (1994). Assesing Metacognitive Awareness. Contemporary Educational Psychology Vol 19.

Shadish, W. R., Cook, T. D., & Campbell, D. T. (2002). Experimental and quasi-experimental Designs for Generalized Causal Inference. Boston: Houghton Mifflin and Company.

Thomas, G., Anderson, D., Nashon, S. (2008). Development of An Instrument Designed to Investigated Elements of Science Students Metacognition, Self-Efficacy and Learning Process: The SEMLI-S. International Journal of Science Education Vol. 30, No. 13, 17 October 2008.

Zubaidah, S., Mahanal, S. & Mulyati, Y. (2005). Penerapan Pola Pembelajaran Pemberdayaan Berpikir Melalui Pertanyaan (PBMP) dengan Metode TPS pada Mata Pelajaran IPA Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Jenderal Sudirman (MIJS) Malang. Makalah Disajikan Dalam Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Malang. Malang 3 Desember 2005.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.173

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.