Studi Pelaksanaan Pembelajaran Kimia di SMAN 3 Mataram Secara Daring pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun Ajaran 2019/2020

Kiki Andriyani, Wildan Wildan, Baiq Fara Dwirani Sofia

Abstract


Covid-19 memberikan dampak bagi dunia pendidikan sehingga pemerintah Indonesia membuat kebijakan dalam menyikapi wabah Covid-19 ini dengan memberlakukan prinsip social distancing pada seluruh lapisan masyarakat, akibatnya  diberlakukannya pembelajaran daring. Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring di SMAN 3 Mataram dimasa pandemi Covid-19. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan kuesioner yang diisi secara daring oleh siswa. Responden terdiri dari 4 guru kimia, Wakasek kurikulum, dan 45 peserta didik. Penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Hasil penelitian menyimpulkan ada perbedaan pelaksanaan pembelajaran kimia secara daring dan luring. Perbedaan tersebut dalam perencanaan pembelajaran mulanya melaksanakan Workshop. Kegiatan pendahuluan berupa menginstruksikan peserta didik melalui WhatsApp untuk memulai pembelajaran, mengisi absensi yang sudah disediakan, menyampaikan tujuan dan materi pada pertemuan sebelumnya. Kegiatan inti berupa penyampaian materi melalui Google Classroom, Zoom, ataupun WhatsApp dengan durasi 30 menit, kemudian mengisi LKPD, dan  Kegiatan penutup dengan diberikan latihan soal melalui Google Form dan diakhiri dengan do’a. Evaluasi pembelajaran menggunakan Google Form dan evaluasi harian dilaksanakan dengan memanfaatkan Google Classroom.Bentuk soal penugasan ataupun ulangan berupa pilihan ganda dan uraian. Kendala yang dihadapi antara lain jaringan internet, WiFi yang error, tidak memiliki kuota internet, pulsa, handphone, dan kurang memahami materi. Berdasarkan penelitian ini direkomendasikan sebaiknya lebih meningkatkan fasilitas pembelajaran daring, pembelajaran kimia selama pandemi Covid-19 dilaksanakan secara tatap muka dengan Zoom atau Google Classroom, dan membuat suasana kelas lebih menyenangkan.

Keywords


Pembelajaran daring, Peserta didik, Covid-19.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Bumi Aksara.

Chick, R. C., Guy, T. C., Kaitlin, M. P., Brandon, W. P., Diane, F.H., Adnan, A. A., & Timothy, J.V. (2020).”Using Technology to Maintain the Education of Residents During the COVID-19 Pandemic”. Journal of Surgical Edication. 00(00):1-4.

Cintiasih, T. (2020). Implementasi Model Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelas III SD PTQ ANNIDA Kota Salatiga Tahun Pelajaran 2020. Skripsi S1. Institut agama Islam Negeri (IAIN Salatiga.

Damayanti,V. & Syamsuddin, R. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Badung: Sekolah Pascasarjana UPI dan PT Remaja Rosdakarya.

Deniyati, N. (2017). “Manajemen Rekrutmen PesertaDidik”. Jurnal Islamic Education Manajemen. 2(2): 33-39.

Harsono, H. (2019). Implementasi manajemen Berbasis Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di SMA Negeri 2 Jonggat Kecamatan Jonggat Kabupaten Jonggat Lombok Tengah. Tesis S2. Universitas Mataram.

Istarani (2015). Ensiklopedia Pendidikan Jilid I. Medan: Media Persada.

Jufri,A. W. (2017). Belajar dan Pembelajaran Sains.Bandung:Pustaka Reka Cipta.

Mania, S. (2008). Teknik Non Tes: Telaah atas Fungsi Wawancara dan Kuesioner dalam Evaluasi Pendidikan. Lentera Pendidikan. 11(1): 45-54.

Novianti, E., Alda, R. F., & Zalik, N. (2020). Analisis Kebijakan Pembelajaran PAI di Masa pandemi: Peluang dan Tantangan. Jurnal PENDIDIKAN ISLAM. 11(2):201-212.

Nurmila, N., Maslani., Tarsono., & Lilis, S. (2020). Optimalisasi Pembelajaran Daring di UIN SGD Bandung dalam Upaya Menghentikan Penyebaran Virus Corona. 1-10.

Soegijono, K.R. (1993). ”Wawancara Sebagai Salah Satu Metode Pengumpulan Data”. Media Litbangkes. 3(01): 17-21.

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. IPKI.

_______. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

________. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R and D. Bandung: Alfabeta.

Sun, L., Tang Y., & Zuo, W. (2020). “Corona virus Pushes Education Online”. Nature Materials. 19(6): 677-687.

Suriani, B. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Lembar Kerja Siswa (LKS) Tipe Diagram Vee Terhadap Hasil Belajar Kimia Materi kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Siswa kelas XI SMA Al-Ma’arif Sangkong. Skripsi S1. Universitas Mataram.

Syarifudin, A. S. (2020). ”Implementasi Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Sebagai Dampak Diterapkannya Social Distancing”. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5(1): 31-34.

Thoms, B. & Eryilmaz, E. (2014). ”How Media Choice affects Learner Interactions in Distance Learning Classes”. Computers & Edicaion.75:112-126.

Usman, H. & Purnomo, S.A. (2000). Metodologi Penelitian Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.