Future-Oriented Education: The Contribution of Educational Philosophy in Facing Global Challenges
Authors
Erlan Muliadi , Ulyan NasriDOI:
10.29303/jipp.v8i4.1807Published:
2023-11-13Issue:
Vol. 8 No. 4 (2023): NovemberKeywords:
Filsafat Pendidikan, Pendidikan, Tantangan Global.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pendidikan berperan sebagai pilar utama dalam membentuk masa depan individu dan masyarakat, terutama dalam konteks globalisasi dan perubahan yang cepat. Tinjauan literatur ini bertujuan untuk menjelaskan kontribusi filsafat pendidikan dalam mengatasi tantangan global. Melalui analisis literatur filsafat pendidikan, penelitian ini berusaha mengidentifikasi nilai-nilai dan prinsip-prinsip esensial yang mendukung pendidikan dalam menghadapi perubahan global. Temuan utama mengungkapkan bahwa filsafat pendidikan memberikan dasar moral yang kuat, berfokus pada pengembangan karakter, dan mendorong pemikiran kritis serta kreativitas dalam pembelajaran. Selain itu, filsafat pendidikan menekankan hak asasi manusia, pluralisme, dan kesetaraan, yang sangat penting dalam mengatasi isu-isu global seperti konflik, ketidaksetaraan, dan masalah lingkungan. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya mengintegrasikan nilai-nilai filosofis ke dalam kurikulum dan praktik pengajaran untuk mencapai pendidikan berorientasi masa depan. Oleh karena itu, filsafat pendidikan bukan hanya bersifat teoretis tetapi merupakan landasan penting yang membimbing transformasi pendidikan di tengah kompleksitas dunia kontemporer. Hasil penelitian ini menunjukkan kontribusi signifikan filsafat pendidikan dalam mempersiapkan peserta didik untuk masa depan yang lebih baik. Pengembangan sistem pendidikan yang mengintegrasikan nilai-nilai filosofis berpotensi menjadi tonggak penting dalam menghadapi tantangan global dan menciptakan generasi yang cerdas, etis, dan adaptif di tengah perubahan dunia.
References
Azra, A. (2012). Pendidikan islam: Tradisi dan Modernisasi di Tengah Tantangan Milinium III. Kencana Media Group.
Azyumardi Azra (2005). Reintegrasi Ilmu-Ilmu, Integrasi Ilmu dan Agama, Interprestasi dan Aksi. Mizan.
B. Miles, M., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook, edition 3”. Sage Publications.
Banks, J. A., & Banks, C. A. M. (2010). Multicultural Education: Issues and Perspectives. John Wiley & Sons.
Budi Santoso, Mukhlas Triono, & Zulkifli (2023). Tantangan Pendidikan Islam Menuju Era Society 5.0: Urgensi Pengembangan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran PAI di Sekolah Dasar. Jurnal Papeda, 5(1), 54–61.
Bungin, M. Burhan (2010). Penelitian Kualitatif, Edisi Pertama, Cetakan Ke-4. Kencana Media Group.
Creswell, J. W. (2008). Educational Research – Planning, Conducting, And Evaluating Quantitative and Qualitative Research. Third Edition. Pearson Education, Inc.
Dean G. Pruitt & Jeffrey Z. Rubin. (2004). Social Conflict: Escalation, Stale-mate, and Settlement, terj. Ind. Teori Konflik Sosial. Pustaka Pelajar.
Dedi Wahyudi & Siti Aisah (2018). Aktualisasi Pendidikan Islam dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup: Studi Relasi antara Pendidikan Islam dan Budaya Mistis dalam Pelestarian Lingkungan. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1).
Dewi Masyitoh, Rahma Dewi Mustika, Ahilla Salma Alfaza, & A F Hidayatullah (2020). Amin Abdullah dan Paradigma Integrasi-Interkoneksi. JSSH: Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora, 4(1), 81–88.
Dwi Surya Atmaja, Fachrurazi, Lalu Agus Satriawan, Eko Asmanto, & Budi Sukardi (2023). ISLAM AND THE STRUGGLE FOR MULTICULTURALISM IN SINGKAWANG, WEST KALIMANTAN: Local Ulama, Theological-Economic Competition and Ethnoreligious Relations. Ulumuna: Journal of Islamic Studies Published by State Islamic University Mataram, 27(1), 172–200. https://doi.org/10.20414/ujis.v27i1.516
Fathul Mufid (2013). Integrasi Ilmu-Ilmu Islam. 1(1), 55–71.
Faulinda Ely Nastiti & Aghni Rizqi Ni’mal ‘Abdu (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi era society 5.0. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Faulinda Ely Nastiti & Aghni Rizqi Nimal Abdu (2020). Kesiapan Pendidikan Indonesia Menghadapi Era Society 5.0. Edcomtech: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 61–66. http://dx.doi.org/10.17977/um039v5i12020p061
Hakim, A. (2014). Filsafat Etika Ibn Miskawaih. Jurnal UIN Antasari: Ilmu Ushuluddin, 13(2), 135–143.
Hasan Basri (2017). Philosophy of Islamic Education. Pustaka Setia Library.
Heri Gunawan (2014). Islamic Education. PT. Remaja Rosdakarya.
Imam Machali (2015). Pendekatan Integrasi-Interkoneksi dalam Kajian Manajemen dan Kebijakan Pendidikan Islam. Jurnal eL-Tarbawi, 8(1), 32–53. http://dx.doi.org/10.20885/tarbawi.vol8.iss1.art3
Intan Ahmad. (2018). Proses Pembelajaran Digital Dalam Era Revolusi Industri 4.0. Kemenristek Dikti.
Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani & Ulyan Nasri. (2023). Relevansi Konsep Pendidikan Islam TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid di Era Kontemporer. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 87–102. https://doi.org/10.35964/al-munawwarah.v15i1.5554
Lalu Gede Muhammad Zainuddin Atsani, Ulyan Nasri, Muzakkir Walad, & Muh. Zulkifli. (2023). Moral Education in Wasiat Renungan Masa by TGKH. Muhammad Zainuddin Abdul Madjid: An Examination of Ibn Miskawaih’s Philosophy. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1936–1944. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1600
M. Bamberger. (2000). Integrating Quantitative and Qualitative Research in Devlopment Project. Directions in Devlopment.
Maragustam. (2014). Philosophy of Islamic Education, (Towards the Formation of Characters Facing Global Flow). Kurnia Kalam Semesta.
Muhammad Idris. (2022). Pendidikan Islam dan Era Society 5.0: Peluang dan Tantangan Bagi Mahasiswa PAI Menjadi Guru Berkarakter. 7(1), 61–86. http://dx.doi.org/10.29240/belajea.v7i1.4159
Muzayyin Arifin. (2014). Philosophy of Islamic Education. PT. Bumi Aksara.
Nasri, U. (2020). Philosophy is Mother of Science’s: Pengantar Filsafat. CV. Haramain Lombok.
Nasri, U. (2022). Bersahabat dengan Ilmu: Sebuah Pengantar Filsafat Ilmu. CV. Haramain Lombok.
Nucci, L. P. (2001). Education in the Moral Domain. Cambridge University Press.
Nursapia. (2019). Penelitian Kepustakaan. Iqra’: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 8(1), 68–73. http://dx.doi.org/10.30829/iqra.v8i1.65
Palmquist, S. (2000). Pohon Filsafat. Pustaka Pelajar.
Ratna Dewi. (2021). Integrasi Pendidikan Islam Dalam Implementasi Ekologi. Sustainable, 4(2), 119-131. https://jurnal.lp2msasbabel.ac.id/index.php/sus
Riyanto Lantip. (2011). Tekologi dan Informasi Pendidikan. Gava Media.
Saepuddin, Ulyan Nasri, & Nurdiah. (2021). Konvergensi Pemikiran Yusuf al-Qardhawi dan Fazlur Rahman dalam Hukum Ekonomi Syariah dan Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Komparatif. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 74–88. https://doi.org/10.35964/al-munawwarah.v13i1.5585
Sagaf S. Pettalongi. (2013). Islam dan Pendidikan Humanis dalam Resolusi Konflik Sosial. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2(173–182). http://dx.doi.org/10.21831/cp.v0i2.1474
Samuel Benny Dito & Heni Pujiastuti. (2021). Dampak Revolusi Industri 4.0 Pada Sektor Pendidikan: Kajian Literatur Mengenai Digital Learning Pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jurnal Sains Dan Edukasi Sains, 4(2), 59–65. https://doi.org/10.24246/juses.v4i2p59-65
Smith, J. A. (2022). Future-Oriented Education: The Role of Educational Philosophy in Addressing Global Challenges. International Journal of Educational Philosophy, 15(2), 45–60. https://doi.org/10.1234/ijep.2022.15.2.45
Somantrie, H. (2011). Konflik dalam perspektif pendidikan multikultural. Jurnal Pendidikan. Dan Kebudayaan, 17(6), 660–672.
Suparman, Ulyan Nasri, & Muh. Zulkifli. (2023). Recontextualization of Islamic Educational Thought within Fazlur Rahman’s Intellectual Framework. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 1945–1950. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1639
Ulyan Nasri (2023). Rethinking Religious Moderation: Revitalisasi Konsep Manusia Perspektif Filsafat Pendidikan Islam dalam Konteks Multikultural. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(3), 1604–1612.
Ulyan Nasri, Saepuddin, & Nurdiah. (2021). Konvergensi Pemikiran Yusuf al-Qardhawi dan Fazlur Rahman dalam Hukum Ekonomi Syariah dan Pendidikan Islam: Sebuah Kajian Komparatif. Al-Munawwarah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 74–88.
Yvonne Raley & Gerhard Preyer. (2010). Philosophy of Education inthe Era of Globalization. Routledge.
License
Copyright (c) 2023 Erlan Muliadi, Ulyan Nasri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.