Inovasi Video Pembelajaran Kimia sebagai Solusi Media Pembelajaran pada Masa Pandemi COVID-19 di MAN 2 Kota Bima

Rabiatul Adawiyah, Annisa Zikri Robbia, Ainun Jariah, Abdul Syukur, Jamaluddin Jamaluddin

Abstract


Media pembelajaran memiliki peran vital untuk mencapai tujuan pembelajaran, terutama pada masa pandemi COVID-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video pembelajaran kimia sebagai media pembelajaran selama pandemi COVID-19 pada materi koloid. Pendekatan dalam penelitian adalah pendekatan penelitian pengembangan (Development Research) dengan model Borg & Gall. Hasil pengembangan  tahap pertama analisis potensi dan masalah yaitu peserta didik mengalami kesulitan belajar selama masa pandemi COVID-19. Pada tahap kedua yaitu pengumpulan informasi berupa pengakajian materi dan perangkat bahan ajar yang akan dikembangkan pada materi koloid. Selanjutnya tahap ketiga yaitu desain produk yang terdiri atas tiga tahap pengembangan produk yang meliputi: 1) tahap pra produksi, yaitu membuat Garis Besar Pengembangan Media/GBPM, membuat sinopsis, membuat treatment, dan menulis skrip/naskah video; 2) tahap produksi, meliputi: tahap pembuatan power point dan tahap pengambilan suara/recording audio; 3) tahap pasca produksi: meliputi editing dan mastering (finalisasi) menggunakan aplikasi inshot. Pada tahap keempat yaitu validasi produk untuk mengetahui kelayakan dari produk dan respon peserta didik terhadap produk yang dikembangkan. Hasil uji validasi oleh ahli materi sebesar 0,82 dan ahli media didapatkan skor 0,87 dengan masing-masing kriteria sangat valid. Selanjutnya, hasil uji untuk  respon peserta didik pada video pembelajaran diperoleh skor 85 % dengan kriteria sangat menarik. Oleh karena itu, video pembelajaran yang dikembangkan dapat digunakan sebagai solusi media pembelajaran pada masa pandemi COVID-19.


Keywords


video pembelajaran; koloid; pandemi; COVID-19

Full Text:

PDF

References


Cheppy, Riyana (2007). Pedoman Pengembangan Media Video. Bandung: Program P3AI Universitas Pendidikan Indonesia.

Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta didik. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, 2(1), 1–11.

Ismuzaroh, S. (2013). Penerapan Hipnoteaching Melalui Neuro-Linguistic Programming dalam Pembelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia, 2( 2). 178-182.

Isnani, G. (2017). The Influence of Classroom Climate, Learning Interest, Learning Discipline and Learning Motivation to Learning Outcomes on Productive Subjects. JPBM (Jurnal Pendidikan Bisnis dan Manajemen), 3(2), 85–96.

Kasmadi & Indraspuri (2010). Pengaruh Penggunaan Artikel Kimia dari Internet pada Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Hasil Belajar Kimia Peserta didik SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. (1), 574-581.

Kay R, Kletskin I. (2012). Evaluating the Use of Problem-Based Video Pod-Cast to Teach Mathematics in Higher Education. Computeduc; 59; 619-627.

Kay R H. (2012). Exploring the Use of Video Podcast in Education: Acomprehenssive Review of the Literature. Comput Hum Behav; 28;820-831.

Koleza, E., & Pappas, J. (2008). The effect of motion analysis activities in a video-based laboratory in students’ understanding of position, velocity and frames of reference. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 39(6), 701-723.

Kustandi, Cecep & Bambang Sutjipto (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital Edisi Kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Loyd SA, & Robertson CL. (2012). Screencast Tutorials Enhance Student Learning of Statics. Teach Psychol; 39; 67-71.

Lopez, V., Pinto. (2017). Identifying Secondary –School Students Difficulties when Reading Visual Representations Displayed in Physics Simulations. Int J Sci Educ. 39(10):1353-80.

Lperi, M., & Handayani, D. (2019). Quality Mapping Analysis of Methods, Media and Learning Resources Usage at Junior High School. International Conference on Educational Sciences and Teacher Profession.

Prasetya, Sukma Perdana (2018). Effect of Learning Media Variation to Increase Interest and Learning Outcomes. Advances in Social Science, Education and Humanities Research. 212.

Park M. (2019). Effects of Simulation-based Formative Assessments on Students Conception in Physics. EURASIA J Math Sci Technol Educ.15(7).

Putri, H. N. P. A., & Kusairi, S. (2021). The impact of learning with the video conceptual understanding coach toward student conceptual understanding force concept. In AIP Conference Proceedings (2330, (1), 050025). AIP Publishing LLC.

Puspitarini, Yanuari Dwi & Muhammad Hanif (2019). Using Learning Media to Increase Learning Motivation in Elementary School. Anatolian Journal of Education, 4(2), 53-60.

Rackaway C. (2012). Video Killed The Textbook Star? Use of Multimedia Supplements to Enhance Student Learning. J Polit Sci Educ; 8:189-200.

Rumansyah (2002). Penerapan Metode Latihan Berstruktur dalam Meningkatkan Pemahaman Peserta didik terhadap Konsep Persamaan Kimia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 35, 172.

Ryan QX, Frodermann E, Heller K, Hsu L, & Mason A. (2016). Computer Problem-Solving Coaches for Introductory Physics: Design and Usability Studies. Phys Rev Phys Educ Res. 12(1): 010105.

Sufyan, A., Hidayat, D. N., Lubis, A., Kultsum, U., Defianty, M., & Suralaga, F. (2020, October). Implementation of E-Learning During a Pandemic: Potentials and Challenges. In 2020 8th International Conference on Cyber and IT Service Management (CITSM) (1-5). IEEE.

Sutarto, S., Sari, D. P., & Fathurrochman, I. (2020). Teacher strategies in online learning to increase students’ interest in learning during COVID-19 pandemic. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 8(3), 129-137.

Wilcox BR, & Polloc SJ. (2019). Investigating Students Behavior and Performance in Online Conceptual Assessment. 15(2):020145.

Woolfolk, A. (2009). Educational Psychology. Terjemahan Helly Prajitno & Sri Mulyantini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yunita, Dwi & Astuti Wijayanti (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Belajar IPA Ditinjau dari Keaktifan Peserta didik. Jurnal LP3M. 3(2).




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.