Kemampuan Mahasiswa PGSD dalam Melakukan Analisis Data Berbantuan Program Statistical Product And Service Solutions (SPSS)

Muhammad Syazali, Muhammad Erfan

Abstract


Melakukan analisis data secara manual dengan bantuan kalkulator saintifik atau Ms. Excel cenderung melelahkan dan memiliki potensi human error yang cukup besar, terutama ketika datanya banyak dan melakukan uji hipotesis. Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram difasilitasi dengan belajar menggunakan SPSS untuk menanggulangi dua kekurangan tersebut. Sebagai bentuk assesmen dan mendapatkan data dasar agar dapat merancang pembelajaran yang lebih baik, kami melakukan penelitian dengan tujuan menganalisis keterampilan mahasiswa dalam melakukan analisis data menggunakan SPSS. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa yang sedang memprogramkan mata kuliah Statistik Pendidikan. Sampel ditentukan secara purposive sampling. Data dikoleksi selama bulan Mei – Juni 2021. Data kemampuan mahasiswa dikumpulkan melalui hasil tugas. Tingkat kemampuan ditentukan berdasarkan derajat penguasaan dengan kisaran 0 – 100 dan nilai A – E. Nilai ini diinterpretasi menjadi 5 kategori. Data lain yang dikoleksi adalah respon mahasiswa terhadap pengalaman belajar yang mereka rasakan. Analisis data menggunakan statistik deskriptif untuk menentukan derajat penguasaan, rata-rata dan proporsi. Temuan dari penelitian ini adalah mahasiswa mampu melakukan analisis data berbantuan SPSS dengan kategori sangat baik. Temuan ini menunjukkan bahwa mahasiwa sudah siap menyelesaikan skripsi dari aspek analisis data.


Keywords


Analisis data; derajat penguasaan; mahasiswa; SPSS

Full Text:

PDF

References


Afriana, N., Halim, A., & Syukri, M. (2021). Analysis of the characteristics of students’ critical thinking skills in completing national exam questions. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(2), 196–201. https://doi.org/10.29303/jppipa.v7i2.627

Ana, A., Minghat, A. D., Purnawarman, P., Saripudin, S., Muktiarni, M., Dwiyanti, V., & Mustakim, S. S. (2020). Students’ perceptions of the twists and turns of E-learning in the midst of the Covid 19 outbreak. Revista Romaneasca Pentru Educatie Multidimensionala, 12(1Sup2), 15–26. https://doi.org/10.18662/rrem/12.1sup2/242

Anugrahana, A. (2020). Hambatan, solusi dan harapan: pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19 oleh guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10(3), 282–289. https://doi.org/10.24246/j.js.2020.v10.i3.p282-289

Astuti, W. W., Jufri, A. W., & Azizah, A. (2019). Perbedaan kemampuan metakognisi dan hasil belajar kognitif siswa yang belajar dengan model pembelajaran berbasis masalah dan model pembelajaran discovery pada pelajaran biologi di SMA Negeri 1 Utan Tahun Ajaran 2016/2017. Indonesian Journal of STEM Education, 1(1), 17–23.

Darmuki, A. (2020). Upaya meningkatkan kemampuan berbicara mahasiswa menggunakan media aplikasi Google Meet berbasis unggah tugas video di youtube pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 6(2), 655–661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687

Fauziah, F., & Karhab, R. S. (2019). Pelatihan pengolahan data Menggunakan aplikasi SPSS pada mahasiswa. Jurnal Pesut: Pengabdian Untuk Kesejahteraan Umat, 1(2), 129–136. https://www.google.com/url?sa=t&rct=j&q=&esrc=s&source=web&cd=&ved=2ahUKEwjgrr2GifzvAhV573MBHZn0DgE4FBAWMAJ6BAgTEAM&url=http%3A%2F%2Fjournals.umkt.ac.id%2Findex.php%2Fpesut%2Farticle%2Fdownload%2F266%2F357%2F&usg=AOvVaw3ZBCSxAHMHvGZ6C50TU9Za

Giatman, M., Siswati, S., & Basri, I. Y. (2020). Online learning quality control in the pandemic Covid-19 era in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 6(2), 168–175. https://doi.org/10.15294/jne.v6i2.25594

Hidayati, D., & Saputra, W. A. (2020). Implementation of online learning during the Covid-19 epidemic in Indonesia: Assessment of higher education students’ use and implementation of online learning technology. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4514–4519. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081019

Indrawati, B. (2020). Tantangan dan peluang Pendidikan Tinggi dalam masa pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48.

Ismail, R., & Safitri, F. (2019). Peningkatan kemampuan analisa dan interpretasi data mahasiswa melalui pelatihan program SPSS. Jurnal Masyarakat Mandiri, 3(2), 148–155. https://doi.org/10.31764/jmm.v3i2.1196

Juniartini, N. M. ., & Rasna, I. (2020). Pemanfaatan aplikasi Google Meet dalam keterampilan menyimak dan berbicara untuk pembelajaran bahasa pada masa pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 9(2), 133–141.

Kutsiyyah (2021). Analisis Fenomena Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi ( Harapan Menuju Blended Learning ). Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1460–1469. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i4.580 Copyright

Mirawati, I., Mahameruaji, J. N., & Trulline, P. (2020). Indonesian student’s perception of online learning activities in the time of pandemic. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(1), 3645–3652.

Polonia, B. S. E., & Ravi, A. (2020). Effect of direct instruction models toward students’ understanding of physics formula. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 8(2), 133–143. https://doi.org/10.20527/bipf.v8i2.8329

Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143–153.

Rahmatih, A. N., Maulyda, M. A., & Syazali, M. (2020). Refleksi nilai kearifan lokal (local wisdom) dalam pembelajaran sains sekolah dasar: Literature review. Jurnal Pijar MIPA, 15(2), 151–156. https://doi.org/10.29303/jpm.v15i2.1663

Romero, M., & Barberà, E. (2021). Quality of learners’ time and learning performance beyond quantitative time-on-task. International Review of Research in Open and Distributed Learning, 12(5), 125–137. https://doi.org/10.19173/irrodl.v12i5.999

Sriwarthini, N. L. P. N., Syazali, M., & Sutisna, D. (2020). Kesiapan mahasiswa menghadapi pembelajaran daring dimasa andemi Covid-19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 184–191. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.36

Swasti, I. K. (2020). Implementasi manajemen pembelajaran daring dengan platform WA, CR, M-Z dan kepuasan mahasiswa. JAMP: Jurnal Adminitrasi Dan Manajemen Pendidikan, 3(4), 342–351.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.192

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.