Pengembangan Multimedia Interaktif E-Komik dalam Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Jawa

Siti Ainun Nazhiroh, Muhamad Jazeri, Binti Maunah

Abstract


Siswa yang kesulitan  memahami isi materi unggah-ungguh basa dikarenakan bahasa Jawa adalah pelajaran yang sulit dan kurangnya pemanfaatan media IT dalam proses belajar mengajar. Maka dari itu, dibutuhkan inovasi media pembelajaran dalam bentuk IT yang dapat membantu peserta didik memahami materi lebih nyata sehingga dapat meningkatkan hasil belajarnya.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Desain Pengembangan Multimedia Interaktif  E-Komik  Mata Pelajaran Bahasa Jawa Kelas III MI Baitur Rohman Bantengan Bandung Tulungagung. Metode   penelitian   yang   digunakan   adalah   metode   Research   and Development  (R&D),  dengan  model pengembangan Borg  and  Gall  modifikasi Sugiyono, yang berhenti pada tahap ke 7. Subyek penilaian produk untuk kelayakan media pembelajaran terbatas pada 4 ahli yaitu 2 ahli materi, 2 ahli Media, sasaran uji coba produk yaitu seluruh siswa kelas IIIA MI Baitur Rohman Bantengan yang berjumlah 21 siswa.. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) produk berupa multimedia yang dikembangkan layak digunakan di MI Baitur Rohman Bantengan Bandung; (2) Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t (Independent Sample T test) thitung 3,634 lebih besar dari ttabel  2.021 dan nilai Sig. (2-tailed) < 0,05. Sehingga, dapat dikatakan bahwa Multimedia Interaktif Komik Digital (Bisa basa Jawa) dikatakan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa; (3) Hasil validasi produk oleh ahli media sebesar 91,00% dari ahli media pertama dan 84,38% dari ahli media kedua. Hasil analisis validasi materi oleh ahli materi sebesar 85,00% dan uji lapangan terhadap guru pengampu sebesar 100%. Sementara hasil belajar peserta didik pada pre test memperoleh rata-rata sebesar 57,35 dan pada pelaksanaan post test memperoleh rata-rata sebesar 80,58, adapun perolehan nilai terendah 70 dan nilai tertinggi 95. Dari hasil tersebut, peneliti menyarankan pada pengajar untuk menggunakan E-Komik dalam pembelajaran bahasa Jawa materi unggah-ungguh.


Keywords


Pengembangan; Multimedia Interaktif; E-Komik; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Arafik, M. & Rumidjan, R. (2016). ‘Profil Pembelajaran Unggah-Ungguh Bahasa Jawa Di Sekolah Dasar’, Sekolah Dasar: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan. Doi: 10.17977/Um009v25i12016p055.

Bennett, N., Borg, W. R. and Gall, M. D. (1984) ‘Educational Research: An Introduction’, British Journal of Educational Studies. doi: 10.2307/3121583.

Dedy Mulyana, J. R. (2014) ‘Komunikasi Antarbudaya, Panduan Berkomunikasi dengan Orang-Orang Berbeda Budaya’, in PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.

H., S. (2013) ‘Media Pembelajaran interaktif-inovatif’, Journal of Chemical Information and Modeling.

Hodiyotno, Darma, Y. & Putra, S. R. S. (2020) ‘Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Bermuatan Problem Posing terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis’, Jurnal Pendidikan Matematika.

Julaeha, S. (2011) ‘Virtual Learning: Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran’, Majalah Ilmiah Pembelajaran.

Kurniawan, A. D. (2013) ‘Jurnal Pendidikan IPA Indonesia’, Jurnal Pendidikan IPA Indonesia.

Maunah, B. (2015) ‘Stratifikasi Sosial dan Perjuangan Kelas dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan’, Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam. doi: 10.21274/taalum.2015.3.1.19-38.

Mursalim (2019) ‘Kajian Pelaksanaan Pembelajaran Muatan Lokal Budaya Daerah Di Satuan Pendidikan Dasar ( a Study of Indigenous Culture in the Local Content Subject in Basic Education ) 1 ....’, Kajian Pembelajaran Muatan Lokal Budaya Daerah di Satuan Pendidikan Dasar.

Murtiyasa, budi (2012) ‘Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika’, Jurusan Pendidikan Matematika FKIP.

Soyomukti, N. (2015) Pengantar Sosiologi Dasar Analisis, Teori, & Pendekatan Menuju Analissi Masalah-masalah Sosial, Perubahan Sosial & Kajian-Kajia Strategis, Acta Universitatis Agriculturae et Silviculturae Mendelianae Brunensis

.

Sumendra, M. Y. (2021) ‘Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta didik pada Implementasi Online Discovery Learning’, Journal of Education Action Research. doi: 10.23887/jear.v5i1.31019.Suryani, N., Musahrain and Suharno (2017) ‘Pengaplikasian Mobile Learning Sebagai Media dalam Pembelajaran Musahrain1’, Prosiding Seminar Pendidikan Nasional.

Susanto, M. A. & Sandi, E. A. (2020) ‘Aktualisasi Bahasa Jawa Youtuber Upaya Pemertahanan Bahasa Jawa Pada Masa Pandemi Covid-19’, Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia.Doi:10.19105/Ghancaran.V2i1.3373.

Syaiputra Wahyuda Meisa Diningrat, Janah, L. & Mardiyah, S. (2019) ‘Modified Bottle Cap for Improving Children’s Arithmetic Ability’, JPUD - Jurnal Pendidikan Usia Dini. doi: 10.21009/jpud.132.04.

Triono, J. et al. (2014) Pengembangan Bahan Ajar Akuntansi Berbentuk Komik Digital Pada Materi Siklus Akuntansi Perusahaan Dagang, Jurnal Pendidikan Akuntansi (Jpak).

Very, V. H. S. (2021) ‘Komik Berbasis Scientific Sebagai Media Pembelajaran di Masa Pandemik Covid-19’, SJME (Supremum Journal of Mathematics ….




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.193

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.