Penggunaan Strategi Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Jarak Jauh

Nur Hilmiyah

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya motivasi pada pelajaran PAI saat pembelajaran jarak jauh. Tujuan penelitian ini untuk melihat strategi guru dalam meningkatkan motivasi peserta didik pada pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian studi kasus. Dan penelitian ini dilakukan terhadap 5 orang responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi wawancara dan dokumentasi. Teknik Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi peserta didik pada pembelajaran jarak jauh dipengaruhi oleh guru yang memotivasi dan  memberikan pujian kepada peserta didik untuk mengikuti pembelajaran meskipun dalam keadaan pandemi ini. Adapun strategi yang dilakukan guru adalah dengan cara meningkatkan kualitas guru, merancang strategi, menggunakan metode dan media pembelajaran yang bervariasi. Sedangkan faktor pendukung dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik berasal dari faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu dengan adanya video pembelajaran yang menarik yang diberikan guru melalui grup whatsapp. Dan faktor eksternal yaitu Seperti guru harus lebih kreatif dalam menggunakan video pembelajaran, kemudian menyesuaikan strategi, metode dan media pembelajaran dengan materi pelajaran serta menyesuaikan dengan keadaan dan kondisi peserta didik. Faktor penghambat yaitu dipengaruhi oleh faktor internal dan eksternal. Faktor internal : 1) kuota internet, 2) peserta didik sering bermain game online atau nonton video yang tidak relevan, 3) Guru sulit memantau kegiatan belajar mengajar, 4) perbedaan karakter, 5) sulit menyesuaikan materi pelajaran dengan berbagai metode. Sedangkan, Faktor eksternal dari guru, seperti cara menyampaikan materinya tidak dapat mengerti peserta didik. Kemudian metode yang dipakai kurang efektif dengan kondisi peserta didik.


Keywords


Strategi guru; Motivasi belajar; Pembelajaran jarak jauh; Peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Kemendikbud (2014). “Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 Tentang Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.” Pedoman Evaluasi Kurikulum.

Kurniasari, Laila (2015). “Strategi Guru Dalam Memotivasi Belajar Siswa Sejarah Kebudayaan Islam Di MTSN Bandung.” Skripsi.

Waini Rasyidin (2020). Landasan Pendidikan. UPI Press Anggota APPTI 2017.

M. Burhan Bungin (2017). Metode Penelitian Kuantitatif. ke-9. edited by Irfan Fahmi. Jakarta: Kencana.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kualitatif. ke-3. Bandung: Alfabeta,CV.

Suhandi, Andi (2017). “Strategi Guru Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Sains Di Sekolah Dasar.” Jurnal Gentala Pendidikan Dasar. doi: 10.22437/gentala.v2i2.6804.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2015). Metode Penelitian Pendidikan. ke-11. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Umar Sidiq & Miftahchul Choiri (2019). Metode Penelitian Kualitatif Di Bidang Pendidikan. ke-1. edited by A. Mujahidin. Ponorogo: CV. NATA KARYA.

Andi muhamad Lutfi, Akhmad Arianto, Amyanty & Hasni Salam (2020). Media Daring (Online) Solusi Pembelajaran Jarak Jauh. edited by Rusnaena. Sulawesi Selatan: IAIN Parepare Nusantara Pres.

Lestari, Endang Titik (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Di Sekolah Dasar. ke-1. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Mahendra, Ambarwati (2020). “Pelaksanaan Pembelajaran Jarak Jauh Masa Pandemi Covid-19:Studi Kasus Di RA Nurul Huda 01 Sumberejo Kecamatan Pabelan Tahun 2020.” Skripsi.

Naniek Kusumawati & Endang Sri Maruti (2019). Strategi Belajar Mengajar Di Sekolah Dasar. ke-1. edited by Edi Riyanto. Magetan: CV.AE Media Grafika.

Nasution, Whayudin Nur (2017). Strategi Pembelajaran. ke-1. Medan: PERDANA PUBLISHING.

Parnawi, Afi (2019). Psikologi Belajar. ke-1. Yogyakarta: DEEPUBLISH.

Prawiyogi, Anggy Giri (2009) “Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh Terhadap Pembelajaran Siswa Di SDIT Cendekia Purwakarta.” Pendidikan Dasar. doi: doi.org/10.21009/JPD.011.10.

Rohman Fathur (2019). NoStrategi Pembalajaran PAI. ke-1. edited by Darmoto. Jepara: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Unismu Jepara.

Sarwa (2021). Pembelajaran Jarak Jauh: Konsep, Masalah Dan Solusi. ke-1. edited by M. Daryat. Indramayu




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.200

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.