Kreatifitas Guru PAI dalam Penggunaan Media Powerpoint di SMPN 1 Karawang Timur

Mila Nurul Kamilah, E Tajuddin Noor, Taufik Mustofa

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi oleh peserta didik kurang aktif dalam menanggapi materi, tujuan ini untuk mengetahui kreatifiatas guru PAI dalam penggunaan media Powerpoint. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif jenis penelitian studi kasus. Dengan subjek 4 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian bahwa Kreatifitas guru PAI Dalam penggunaan media powerpoint yaitu dengan membuat video pembelajaran semenarik mungkin yang dimana didalam nya terdapat penjelasan materi, mengkreasikan tulisan-tulisan dalam power point, serta dapat menampilkan gambar yang dapat menunjang penyampaian materi atau bahan ajar. Dengan menggunakan media powerpoint dapat membuat guru lebih kreatif dalam menggunakan teknologi yang saat ini semakin canggih. Materi yang disampaikan dapat dipahami oleh peserta didik dan dapat kesan yang baik., selain itu dengan adanya fasilitas yang memadai dari sekolah, seperti proyektor, laptop, papan tulis dan buku ajar, proses pembelajaran tersebut akan berjalan dengan efektif dan efisien.Sedangkan faktor pendukung nya : membantu memudahkan siswa belajar dan memudahkan mengajar bagi guru, memberikan pengalaman lebih nyata, menarik perhatiandan minat siswa dalam belajar, semua indera siswa dapat diaktifkan, dan lama waktu pengajaran yang diperlukan dapat dipersingkat. Adapun faktor penghambat yaitu kurangnya keahlian guru, faktor perbedaan siswa dalam memahami materi, dan kurang maksimalnya anak dalam menangkap materi, kurangnya ketersediaan LCD proyektor.


Keywords


kreativitas guru PAI; LCD proyektor; media Powerpoint

Full Text:

PDF

References


Aqib Zainal (2013). “Model-model media dan strategi pembelajaran kontekstual (inovatif)”, Bandung.

Aufa Abida Fadilah Ahmad (2020). “Kreativitas guru PAI dalam penggunaan Media Pembelajaran di SMK Negri 1 Purwokerto.

Azhar Arsyad (2017). Media pembelajaran. Jakarta.

Khairiyah Sintadewi (2018). “Kreatifitas guru PAI dalam Penggunaan Media Pembelajaran sebagai Upaya untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa kelas VIII di SMPIT MTA Karanganyar”.

Lazuardi Wildan Ich (2019). “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Hasil siswa pada Mata Pelajaran PAI di SMP 4 malang”.

Rani Anggraini (2020). “Kreatifitas guru PAI memilih Metode Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Agama Islam Siswa SMPN 30 Muaro Jambi di kabupaten Muaro Jambi propinsi Jambi”.

Ramayulis (2018). “Ilmu pendidikan Islam”. Jakarta.

Septi Maya Sari (2018). Pengaruh Kreatifitas guru dalam pembelajaran terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMPN 3 Batanghari.

Sugiono (2015). “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D)”. Bandung.

Sulastri (2017). “Efektivitas Penggunaan Media Power Point dalam Pembelajaran PAI di SMP Tunas Dharma Way Galih Lampung Selatan”.

Suriani (2019). “Kreativitas Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negri 1 Patampanua.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.204

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.