Analisis Adab Mencari Ilmu dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Implikasinya terhadap Pendidikan Karakter di SMAIT Harapan Umat Karawang

Dede Linda Lindawati, Akil Akil, Acep Nurlaeli

Abstract


Dalam sejarah Islam terdapat seorang yang mempunyai kepedulian yang tinggi terhadap proses belajar, syaikh Az-Zarnuji, demikian namanya, menuangkan rangkaian pengalaman dan renungannya tentang bagaimana seseorang mestinya sukses belajar dalam sebuah kitab. Kitab tersebut diberi nama kitab Ta’limul Muta’allim. Apa yang beliau tuliskan menjadi referensi dasar dari para santri (sebutan pelajar bagi siswa dilingkungan pondok pesantren) hingga saat ini. Terutama di pondok pesantren salaf. Maka oleh karena itu penelitian dengan judul analisis adab mencari ilmu dalam kitab Ta’limul Muta’allim dan implikasinya terhadap pendidikan karakter di SMAIT Harapan Umat maka penulis merumuskan masalah bagaimana kondisi adab peserta didik saat belajar adakah implikasi antara konsep adab dalam kitab Ta’limul Muta’allim dengan pendidikan karakter, bagaimana realitas belajar mengajar setelah di terapkanya konsep adab dengan pendidikan karakter di SMAIT Harapan Umat, dalam metode ini penulis menggunakan metode penelitian kualitatif library research dengan menggabungkan kedalam penelitian field research guna untuk memperoleh data yang tertulis dan data yang bersifat aktual di lapangan. Sehingga, hasil yang didapat adalah pembelajaran pendidikan karakter di SMAIT Harapan Umat melalui konsep adab pada kitab ta’limul muta’allim dengan memiliki implikasi yang sangat kuat, karena Adab dan pendidikan karakter adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan dalam membentuk perilaku yang terpuji bagi peserta didik.


Keywords


Adab Mencari Ilmu; Kitab Ta’limul muta’allim; Pendidikan Karakter.

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata (2003). Manajemen Pendidikan (Bogor: Kencana 2003) , h. 2.

Adian Husaini (2011). Pendidikan Islam Membentuk Manusia yang Berkarakter dan Beradab, (Depok: Komunitas NuuN: 2011), 3-4.

Ali Zainuddin (2011). Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Bumi Aksara, 2011.

Anis Matta (2010). Dari Gerakan ke Negara, (Bandung: Fitra Rabbani: 2010), hlm. 61

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta hal. 11

Ary Antony Putra (2016). “Konsep Pendidikan Islam Perspektif Imam Al-Ghazali”. Jurnal At-Thariqah, Vol 1, No 1, (Juni 2016), 45

Az-Zarnuji, I. (2019). Ta’limul Muta’allim pentingny adab sebelum ilmu. Solo: PT Aqwam Media Profetika.

Departemen Agama RI (2012). Al-qur’an dan terjemahannya, Jakarta: Pustaka Agung Harapan, 2012.

Jiyanto (2012). “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Peningkatan Kualitas Perkuliahan Pendidikan Kewarga Negaraan (PKN) di Perguruan Tinggi”. Jurnal Ilmu Tarbiyah At Tajdid,Vol 1, No 2,(Juli 2012), 148

Kaelan (2005), Metode Penelitian Kualitatif bidang Filsafat, Yogyakarta: Paradigma, Cet Pertama.

Lexy J. Moleong (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif, Remaja Rosdakarya, Bandung, 2009, hlm. 8-13.

M. Iqbal Hasan (2002). Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian, ( Jakarta: PT. Raja Ghalia Indonesia, 2002), 11.

Mestika Zed (2008). Metode Penelitian Kepustakaan, (Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, 2008), 3.

Moleong, Lexy J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Hal.06

Muhammad Taslim (2016). Konsep Pendidikan Akhlak Dalam Kitab Taisirul Khalaq Karya Hafidz Hasan Al-Mas’udi, (Salatiga: Jurusan Pendidikan Agama Islam FTIK IAIN Salatiga, 2016), hlm. 3

Nana Syaodih Sukmadinata (2009). Metode penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya hl.52

Noer, A. (2017). Konsep Adab Peserta Didik dalam Pembelajaran menurut Az-Zarnuji dan Implikasinya terhadap Pendidikan karakter di Indonesia. Jurnal Al-Hikmah, 20.

P. Joko Subagyo (1994). Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, (Jakarta: Rinekacipta, 1994), 109.

Prastowo A. (2011). Metode Penelitian Kualitatif dalam Persfektif Rancangan Penelitian. Arruz Media, Jogjakarta.

Putri Karima Wardani, Eta Yuni Lestari, & Miftahul (2019). “Menumbuhkan Kesadaran Nas ionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila,” Adil Indonesia Jurnal, 1 (2019), 20–27.

Rahmat Sunnara (2013). Islam dan pendidikan, Banten: Kenanga Pustaka Indonesia, hlm: 11

Suderadjat Hari (2005). Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah; Peningkatan Mutu Pendidikan Melalu iImplementasi KBK. Bandung: Cipta Lekas Garafika, 2005.

Sukri (2013). Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Menengah Pertama Islam Terpadu (Smpit) Darul Azhar Aceh Tenggara IAIN Sumatra Utara Medan 2013.

Sutijono, Dimas Ardika & Miftah Farid (2018). “Cyber Counseling di Era Generasi Milenial,” Sosiohumanika, 11.1 (2018), 19–32.

T Saiful Akbar (2015). “Manusia dan Pendidikan Menurut Pemikiran Ibn Khaldun dan Jhon Dewey”. Jurnal Ilmiah Didaktika,Vol 15, No 2, (Februari 2015), 230

Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1, Ayat 1.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional: UU RI No. 20 Tahun 2003, (Jakarta: Sinar Grafika, 2008), 50.

Wahbah al-Zuhaili, al-Fiqh al- Islami wa Adillatuh, (Beirut: Daar Al-Fikr), jilid: 1, hlm 22-23

Wibowo Agus. Pendidikan Karakter; Strategi Membangun Karakter Bangsa Berpendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.205

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.