Kebijakan Pembelajaran Bahasa Inggris di Indonesia dalam Perspektif Pembentukan Warga Dunia dengan Kompetensi Antarbudaya

Fitri Alfarisy

Abstract


Pembelajaran bahasa asing di Indonesia telah mempunyai sejarah yang panjang. Pada jaman kolonial, bahasa asing telah diajarkan di sekolah tertentu, terutama bagi keturunan bangsawan dan anak-anak Belanda. Alih-alih ingin menciptakan generasi masa depan yang bisa bersaing di tingkat internasional di era globalisasi, pelajaran bahasa Inggris di Sekolah Dasar dihilangkan dan jam pelajaran bahasa Inggris di tingkat SMP dan SMA dikurangi di dalam kurikulum 2013. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis berbagai kebijakan pembelajaran bahasa Inggris di Indonesia dalam persperktif pembentukan warga dunia dengan kompetensi antarbudaya karena menjadi warga dunia di zaman globalisasi merupakan sebuah kepastian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik dokumen analisis. Berbagai dokumen dari buku, artikel penelitian maupun dokumen kurikulum sendiri dianalisis. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pemerintah Indonesia selama ini telah mengalokasikan pembelajaran bahasa asing sejak kurikulum pertama yaitu kurikulum 1947 sampai kurikulum 2013. Namun pada kurikulum 2013 alokasi pembelajaran bahasa asing lebih sedikit dibandingkan dengan kurikulum-kurikulum sebelumnya. Di sisi lain, globalisasi menuntut untuk pembelajaran bahasa lebih banyak di tingkat sekolah dalam rangka pembentukan seluruh warga Indonesia menjadi warga dunia. Namun, pengaruh pembelajaran bahasa Inggris yang tidak sesuai dengan kebudayaan Indonesia perlu diantisipasi dengan kompetensi antarbudaya.  Oleh karena itu, dalam rangka pembentukan warga dunia melalui pembelajaran bahasa Inggris, baik peserta didik ataupun guru harus memiliki kompetensi antarbudaya yang tercermin di dalam materi pembelajaran sehingga tetap berbudaya Indonesia meski mempelajari bahasa Inggris.

Keywords


Kebijakan; Bahasa Inggris; Indonesia; Kompetensi AntarBudaya

Full Text:

PDF

References


Alfarisy, F. (2020). Kajian Budaya: Kebijakan Bahasa di Tengah Pandemi Covid19. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, dan Informasi, 4(3), 343-353.

Bassnett, Susan. (2005). Making Sense of the Global Village dalam Warwick The Magazine, Issue 6, Spring (edisi ulang tahun ke-40).

Budiman, Manneke. Pengajaran Bahasa Asing Peng-“Indo”-an atau Pencerahan Bangsa?. www.academia.edu.

Kramsch, C.. (1993). Context and Culture in Language Learning. Oxford: Oxford University Press.

Kumaravadivelu, B. (2003). Beyond Methods: Macrostrategies for language teaching. New Haven, CT: New Jersey: Lawrence Erlbaum Associates.

Kuo, Ming-Mu, and Cheng-Chieh Lai. (2006). Linguistics across Cultures: The Impact of Culture on Second Language Learning. Online Submission.

Luciana. (2005). Whose Culture: Your Culture? My Culture? A case of English language learning in Indonesia, Dalam Stuart A. Bruce & Antonius Suratno. Proceeding Representation of Cultural Values in Language and Literature. Semarang: Soegijapranata Chatolic University.

Madya, Suwarsih. (2013). Metodologi Pengajaran Bahasa: dari Era Prametode sampai Era Pascametode. Yogyakarta: UNY Press.

Ohmae, Kenichi. (1991). Global Consumers Want Sony not Soil dalam New Perspectives Quarterly Fall.

Pattiwael, Athriyana. (2005). Developing Culture Sensitive Language Instructional Activity: Some emerging issues and considerations dalam Stuart A. Bruce & Antonius Suratno (peny.). Proceeding Representation of Cultural Values in Language and Literature. Semarang: Soegijapranata Chatolic University.

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 69 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah.

Undang-Undang No.24 tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa dan Lambang Negara serta Lagu Kebangsaan.

Undang- Undang No. 32 tahun 2002 tentang Penyiaran.

Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 096/1967 pada tanggal 12 Desember 1967




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.207

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.