Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Siswa SD melalui Metode KRSK berbantuan Media Papan Alur

Mulati Ningsih, Septiyati Purwandari

Abstract


Kemampuan membaca permulaan siswa kelas IB SDN Gondangrejo belum memadai atau masih kurang maksimal diakibatkan karena metode yang digunakan guru belum bervariasi dan media yang digunakan kurang menarik dan kurang inovatif. Peneliti menerapkan metode kupas rangkai suku kata berbantuan media alur untuk meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 1 B SDN Gondangrejo, Kecamatan Windusari, Kabupaten Magelang yang berjumlah 21 siswa. Jenis penelitian ini adalah PTK (penelitian tindakan kelas) kolaborasi yang dilakukan sebanyak dua siklus. Desain penelitian ini menggunakan Model Kemmis dan Mc. Taggart. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi. Teknik analisis yang dimanfaatkan pada penelitian ini yakni annalisa data kuantitatif yang dianalisis memanfaatkan analisis deksriptif. Hasil siklus I keterampilan membaca mengalami peningkatan dari hasil pratindakan nilai rata-rata 56 menjadi 72, dan nilai ketuntasan meningkat menjadi 78,25. Siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 80 dan siswa yng mencapai KKM sebanyak 85,7% dengan nilai ketuntasan siswa mencapai 90,5%. Dari hasil pengelolaan data dapat disimpulkan bahwa metode Kupas Rangkai Suku Kata (KRSK) berbantuan media papan alur dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan. Berdasarkan kesimpulan maka ada beberapa rekomendasi untuk penelitian selanjutnya. Rekomendasi bagi peneliti yaitu untuk melengkapi penelitian-penelitian yang telah dilakukan agar nantinya dapat digunakan sebagai pedoman dalam meneliti kemampuan membaca permulaan siswa. 

Keywords


kemampuan membaca permulaan; metode KRSK; media papan alur.

Full Text:

PDF

References


Apriani, C., Kasiyati, & Tarmansyah. (2013). Efektifitas Metode Kupas Rangkai Suku Kata dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Bagi Anak Kesulitan Membaca. E-Jupekhu.

Arief, D. (2014). Pengaruh Penggunaan Media Kartu Terhadap kemampuan Membaca Permulaan Siswa kelas I SDN 10 Lubuk Buaya Padang. Jurnal Al-Ta’lim.

Arikunto, S., & Supardi. (2010). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aryad, A. (2013). Media pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Dalman. (2013). Ketrampilan Membaca. Jakarta: Rajagrafindo.

Depdikbud. (2000). Metodik Khusus Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.

Fauziah, H. (2018). Upaya Guru Mengembangkan Kemampuan Membaca Menulis Permulaan siswa Kelas I MI. Elementary.

Hadijah, H. (n.d.). Upaya Meningkatkan kemampuan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SDN Inpres Popisi Kecamatan Peling Tengah Melalui Metode Kupas Rangkai Suku Kata. Jurnal Kreatif Tadulako Online.

Kurniaman, O., & Noviana, E. (2017). Metode Membaca SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Meningkatkan Keterampilan membaca Permulaan di Kelas 1 SDN 79 Pekanbaru. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau.

Kustadi, C., & Sudjipto, B. (2011). Media Pembelajaran Manual dan Digital. Bogor: Ghalia Indonesia.

Laely, K. (2013). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Penerapan Media Kartu Gambar. Jurnal Pendidikan Usia Dini.

Marwoto, S. (2006). Buku Saku Tutor Pendidikan Keaksaraan. Medan: BP-PLSP Regional .

Mulyasa (2009). Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rosda.

Musta’in, N. (2012). Anak Islam Suka Membaca. Yogyakarta: Pustaka Amanah.

Pertiwi, A. D. (2016). Study Deskriptif Proses Membaca Permulaan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak.

Rahman, B., & Haryanto. (2014). Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan Melalui Media Flashcard Pada Siswa Kelas I SDN Bajayau Tengah 2. Jurnal Prima Edukasia.

Sustyorini, E. N. (2020). Meningkatkan Minat Baca Buku Cerita Dengan Metode Kupas Rangkai Suku Kata Pada Anak Usia 3-4 Tahun: Studi Kasus PAUD Ibu Sadar Dusun Nginjen Desa Pandanpancur Kecamatan Deket Kabupaten Lamongan. Jurnal Sains Sosio Humaniora.

Tifani, M. G. (2014). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Melalui Media Papan Alur Pada Anak Cerebral Palsy Tipe Spastik. E-JUPEKhu.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.214

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.