Penerapan Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Media Lectora Inspire pada Materi Hukum Bernoulli di SMA Negeri 1 Sungai Raya
Authors
Rifa' Muthmainnah , Tomo Djudin , Muhammad Musa Syarif HidayatullahDOI:
10.29303/jipp.v9i2.2155Published:
2024-05-13Issue:
Vol. 9 No. 2 (2024): MeiKeywords:
Problem solving, Lectora inspire, Learning outcomes.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh pembelajaran problem solving yang difasilitasi oleh lectora inspire terhadap hasil belajar peserta didik, serta pengaruh kemampuan matematika dasar terhadap hasil tersebut, setelah penerapan pembelajaran problem solving berbantuan lectora inspire pada materi hukum Bernoulli di SMA Negeri 1 Sungai Raya. Desain quasi-eksperimental digunakan dalam penelitian ini, khususnya desain pretest-posttest satu kelompok. Sampel penelitian terdiri dari 31 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel acak. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes esai, yang terdiri dari dua jenis pertanyaan: empat pertanyaan tentang hukum Bernoulli dan sepuluh pertanyaan tentang matematika dasar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada korelasi signifikan antara kemampuan matematika dasar dan hasil belajar fisika peserta didik setelah penerapan pembelajaran problem solving dengan lectora inspire, seperti yang ditunjukkan oleh tingkat signifikansi sebesar 0,145 (p > 0,05) dan koefisien korelasi sebesar 0,268, yang menunjukkan hubungan lemah. Namun, terjadi peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik setelah menerapkan pembelajaran problem solving dengan lectora inspire, seperti yang ditunjukkan oleh tingkat signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Penggunaan lectora inspire dalam pembelajaran problem solving terbukti sangat efektif, dengan nilai effect size (ES) sebesar 1,349 (ES > 0,8).
References
Alfika, Z. A., & Mayasari, T. (2018). Profil kemampuan memecahkan masalah pelajaran fisika siswa MTs. Prosiding Seminar Nasional Quantum. Hal 583-589. ISSN: 2477-1511. seminar.uad.ac.id/index.php/quantum
Aprita, D. F., Supriadi, B., & Prihandono, T. (2018). Identifikasi Pemahaman Konsep Fluida Dinamis Menggunakan Four Tier Test Pada Siswa SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika. 7(3). Hal 315-321. https://jurnal.unej.ac.id › index.php › JPF › article
Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta
Azizah, R., Yuliati, L., & Latifah, E. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Pembelajaran Interactive Demonstration Siswa Kelas X SMA pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol (2) No (2). ISSN. 2407-6902. https://jurnalfkip.unram.ac.id
Badrulaini. (2018). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Tambusai. 2(4). Hal 847-855. ISSN:2614-3097. https://jptam.org› index.php › jptam › article › view
Ekawati, N. E. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Dengan Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Komunikasi Pendidikan. 1(1). Hal 45-50. ISSN-P: 2549-1725. http://journal.univetbantara.ac.id
Firmansyah, M. A. (2017). Peran Kemampuan Awal Matematika dan Belief Matematika Terhadap Hasil Belajar. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika. 1(1). P-ISSN: 2579-9827. https://jurnal.umt.ac.id/index.php/prima/article/view/255
Hasan, I. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Multimedia Interaktif Lectora Inspire Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Macam-Macam Gerbang Dasar Rangkaian Logika Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 2 Surabaya. Jurrnal Pendidikan Teknik Elektro. 6(03). Hal 219-223. https://ejournal.unesa.ac.id
Jurniati, N. D., & Renda, N. T. (2018). Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru. Vol (1). E-ISSN: 2621-5705. https://ejournal.undiksha.ac.id
Khanasah, D. U. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Berbasis Lectora Terhadap Hasil Belajar Kompetensi Perbaikan Kerusakan Mesin Jahit Siswa Kelas X SMK Negeri 3 Klaten. (SKRIPSI)
Manalu, A. (2016). Efek Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswasma Negeri 2 Pematangsiantar. Jurnal Inpafi. 4(2). https://jurnal.unimed.ac.id
Nurdiansah, E., Hamdani, N., A., & Hernawan, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Multimedia Berbantuan Aplikasi Lectora Terhadap Kreativitas dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Pokok Bahasan Ekosistem. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran. 2(2). Hal 265-277. https://journal.institutpendidikan.ac.id
Nurwulandari, N., Alam, Y., & Ajeng, R., S. (2019). Pengaruh Kemampuan Pemecahan Masalah terhadap Pembelajaran Fisika pada Materi Hukum Archimedes. Jurnal Pendidikan: Riset & Konseptual. 3(4). Hal 218-223. E-ISSN: 2598-2877. http://www.journal.unublitar.ac.id/jp
Purnawanti, S., M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Lectora Inspire untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran TIK Kelas IX SMP Negeri 3 Semarang. (SKRIPSI)
Rahmatullah (2020). Efektivitas Media Pembelajaran Lectora Inspire dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Ranah Kognitif pada Mata Pelajaran Biologi Kelas XI di SMA Negeri 6 Kabupaten Soppeng. (SKRIPSI)
Rizqa, A., Harjono, A., & Wahyudi (2020). Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Post Organizer. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika. 6(1). e-ISSN: 2614-7017. https://journal.ummat.ac.id
Rizky (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik Pada Materi Fluida Dinamis. (SKRIPSI)
Sanca, P, A., Ekohariadi., Buditjahjanto, I., A., & Rijanto, T. (2021). Pemanfaatan Media Lectora Inspire dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Jaringan Dasar di SMK Negeri 3 Surabaya. Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Informatika. 6(02). E-ISSN: 2540 – 8984. https://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id
Sari, A. Y., Ashadi., & Utami, B. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Animasi Multimedia Interaktif dan Handout Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Reaksi Redoks Kelas X MIPA 5 SMAN 5 Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Pendidikan Kimia. 9(1). Hal 98-104. ISSN 2337-9995. https://jurnal.uns.ac.id/jpkim
Shaleha, N. G. (2020). Hubungan minat, self efficacy, dan kemampuan dasar matematika peserta didik dengan kemampuan pemecahan masalah pada materi fluida dinamis di SMA Negeri 2 Sungai raya. (SKRIPSI)
Sugiyono (2018). metode penelitian kuantitatif. Bandung: Alfabeta, cv
Tewal, J. V. R. (2020). Penerapan model pembelajaran problem solving berbantuan Booklet untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah peserta didik pada materi reaksi Reduksi dan Oksidasi kelas X IPA SMA 5 Pontianak. (SKRIPSI)
Tunnisa, R., Ma’ruf, Z., & Nor, M. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran dengan Menggunakan Media Web Berbasis Aplikasi Lectora Inspire Type 17 Pada Materi Cahaya Dan Alat Optik Di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Online Mahasiswa. 8(2). Hal 1-13. https://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP
Wawanda, B & Wanarti, P. R. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Siswa kelas XI Pada Mata Pelajaran Perencanaan dan Instalasi Sistem Audio di SMK Negeri I Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro. 4(3). Hal 1025-1029. Https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id
Wardani, K. E. K., Djudin, T., & Mursyid, S. (2021). Pengaruh Model Cooperative Problem Solving Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Materi Tekanan. Jurnal Inovasi Penelitian dan Pembelajaran Fisika. 2(1). Hal 36-43. E-ISSN: 2746-3796. https://jurnal.untan.ac.id
Yuliandari, R. N. (2019). Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Akutansi Mahasiswa Jurusan Pendidikan IPS UIN Maliki Malang. Jurnal Teori dan Praktis Pembelajaran IPS. 4(1). ISSN: 25013-5307. http://dx.doi.org/10.17977/um022v4i12029p023
Zairi, A., Sutrisno, L., & Maria, H. T. (2017). Hubungan Antara Kemampuan Matematika dengan Kemampuan Menyelesaikan Soal Fisika pada Materi Gerak Parabola. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK). 6(3). ISSN: 2715-2723. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/19154
License
Copyright (c) 2024 Rifa' Muthmainnah, Tomo Djudin, Muhammad Musa Syarif Hidayatullah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.