Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli pada Tema Perkembangan Teknologi untuk Siswa Kelas III di SDN 8 Sokong

Karunia Indah Lestari, Nurul Kemala Dewi, Nur Hasanah

Abstract


Peran media dalam proses belajar mengajar sangatlah penting sebagai penyalur informasi yang efektif sehingga tercapainya tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan produk hasil pengembangan media permainan monopoli tema perkembangan teknologi untuk siswa kelas III SDN 8 Sokong. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Developmen (R&D), model ADDIE (Analysisi, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil Pengembangan tahap pertama, yakni analisis masalah dan kebutuhan menunjukkan bahwa kurangnya ketersediaan media pembelajaran yang relevan dengan konsep kurikulum 2013 menyebabkan kurangnya keaktifan dan semangat belajar peserta didik. Kemudian, dilakukan analisis kebutuhan terkait media pembelajaran. Tahap kedua, merancang komponen media permainan monopoli menggunakan aplikasi Canva. Tahap ketiga, realisasi desain yang terdiri dari: 1) pengumpulan alat dan bahan, 2) tahap produksi, meliputi pembuatan komponen permainan seperti papan permainan, dadu, bintang, pion dan kartu permainan, 3) validasi produk oleh ahli dan respon peserta didik sebagai subjek uji coba. Hasil akhir dari uji validasi menunjukkan bahwa validasi materi memperoleh skor sebesar 97,4% dan validasi media sebesar 97% sehingga dikatakan sangat layak. Adapun, hasil respon peserta didik memperoleh skor sebesar 96% dan dikatagorikan sangat layak.  Oleh karena itu, media permainan monopoli ini layak digunakan dalam proses pembelajaran karena dapat meningkatkan keaktifan serta motivasi belajar peserta didik di dalam kelas.

Keywords


Media Pembelajaran; Permainan Monopoli; Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Anshori, Lingga Bayu (2016). Pengembangan media monopoli pendidikan karakter taat beragama islam tentang pelaksanaan sholat dan doa untuk siswa kelas II SD Donotirto Kasihan Bantul (Skripsi fakultas ilmu pendidikan, Universitas Yogyakarta). diambil dari https://core.ac.uk> pdf.

Ardhani, Azizah Dwi (2020). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan monopoli pada pelajaran ilmu pengetahuan alam (IPA) siswa kelas IV SDN 1 Midang (Skripsi fakultas ilmu pendidikan, Universitas Mataram).

Fadlillah, M. (2017). Buku ajar: Bermain dan permainan anak usia dini. Jakarta: Prenadamedia Group.

Kasanah, F. K., Nuri, Y., & Prihatin, S. (2019). Pengembangan Media Monopoly Smart Games (MSG) Dalam Pembelajaran Tematik Kelas IV SD. Jurnal Seminar Nasional PGSD, Universitas Kanjuruhan Malang, 3.

Kustandi, C., & Darmawan, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran: konsep dan aplikasi pengembangan media pembelajaran bagi pendidik di sekolah dan masyarakat. Jakarta: Kencana.

Mahesti, G., & Henny D. K. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Monopoli Asean untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tema 1 Selamatkan Makhluk Hidup pada Siswa Kelas 6 Sekolah Dasar. Jurnal Mimbar PGSD Undiksha, 9(1), 30-39.

Masduki, Yusron, et al. (2019). Psikologi pendidikan dan pembelajaran. Yogyakarta: UAD Press.

Mulyati, Mumun (2019). Menciptakan Pembelajaran Menyenangkan dalam Menumbuhkan Peminatan Anak Usia Dini Terhadap Pelajaran. Jurnal of Islamic Education, STAI Al-Hikmah Jakarta, 1(2), 2686-0767.

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu. Jakarta: Kencana.

Rayanto, Yudi Hari & Sugianti. (2020). Penelitian pengembangan model ADDIE dan R2D2: teori dan praktek. Pasuruan: Lembaga Academic & Research institute.

Rohman, Miftah Arif (2015). Pengembangan Media Permainan Monopoli dalam Pelajaran Seni Budaya dan Keterampilan Kelas VI SDN Tanamera 1. Jurnal Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Surabaya, 3(1), 45-56.

Solekhah (2015). Pengembangan media monopoli tematik pada tema “tempat tinggalku” untuk siswa kelas IV di SDN Babarsari. (Skripsi Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Yogyakarta). diambil dari http://journal.student.uny.ac.id./ojs/index.php/fiptp/article/view/887

Sugiyono (2010). Metode Penelitian pendidkan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suryani, Nunuk, et al. (2019). Media pembelajaran inofatif dan pengembangannya. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Susanto, A., Raharjo, & Prastiwi, M., S. (2012). Permainan Monopoli sebagai Media Pembelajaran Sub Materi Sel pada Siswa SMA Kelas XI IPA. Jurnal Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Surabaya, 1(1).

Vikagustanti, D. A., Sudarmin, & Stephani, D. P. (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Ipa Tema Organisasi Kehidupan Sebagai Sumber Belajar Untuk Siswa SMP. Unnes Science Education Journal, 3(2), 2252-6617. diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.219

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.