Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Peserta Didik
Authors
Rizkika Windasari , Ahmad Harjono , Fitri Puji AstriaDOI:
10.29303/jipp.v9i2.2225Published:
2024-05-14Issue:
Vol. 9 No. 2 (2024): MeiKeywords:
Hasil belajar, pembelajaran IPA, Problem Based Learning.Articles
Downloads
How to Cite
References
Ali, S.S. (2019). Problem Based Learning: A Student-Centered Approach. English Language Teaching. 12(5), 73-78.
Allen, D. E., Donham, R. S., & Bernhardt, S.A. (2011). Problem Based Learning. New Directions for Teaching and Learning, 2011(128), 21-29.
Ariani, R. F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SD Pada Muatan IPA. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4(3), 422-432.
Aslam, L.K., Suparji & Tri, R. (2021). The Effect of Problem Based Learning Model on Learning Outcomes in The Vocational High School Students. International Journal for Educational and Vocational Studies. 3(4), 264-267.
Astria (2016). Implementasi Model PBL (Problem Based Learning) Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas IV SD Insan Teladan Parung Bogor. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Darwati, I. M., & Purana, I. M. (2021). Problem based Learning (PBL): Suatu Model Pembelajaran Untuk Mengembangkan Cara Berpikir Kritis Peserta Didik. WIDYA ACCARYA: Jurnal Kajian Pendidikan FKIP Universitas Dwijendra. 12(1), 61-69.
Djonomiarjo, T. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal AKSARA. 5(1), 39-46.
Ernawati, H. (2017). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Jaringan Tumbuhan. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.
Evi, T., & Indarini, E. (2021). Meta Analisis Efektivitas Model Problem Based Learning dan Problem Solving Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. 3(2), 385-395.
Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Jurnal Primary Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Riau. 7(1), 40-47.
Hamruni (2012). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.
Handayani (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD. Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. 8(5), 78-88.
Handayani, R. H., & Muhammadi (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V SD. E-Jurnal Inovasi Pembelajaran SD. 8(5), 78-88.
Hung, W., David, H. J., & Liu. R. (2008). Problem-Based Learning. Handbook of Research on Educational Communications and Technology. 3(1), 485-506.
Isma, T.W., Putra, R., Wicaksana, T.I., Tasrif, E., & Huda, A. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Problem Based Learning (PBL). Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 6(1), 155-164.
Istiqomah, F., Firdaus, A., & Dewi, R. S. (2023). Analisis Perencanaan, Pelaksanaan, dan Evaluasi Problem Based Learning dan Project Based Learning. Journal on Education. 6(1), 9245-9256.
Jihad, A., & Haris, A. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Khotimah, K. (2018). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran IPA Kelas IV MI Masyariqul Anwar 4 Sukabumi Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Purbosari, P. (2016). Pembelajaran Berbasis Proyek Membuat Ensiklopedia Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Meningkatkan Academic Skill pada Mahapeserta didik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayan. 6(3), 231-238.
Sani, R. A. (2019). Pembelajaran Berbasis HOTS. Tangerang: Tira Smart.
Sastriani (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Gugus Wijaya Kusuma Ngaliyan Semarang. Universitas Negeri Semarang.
Simanjuntak, M.B. (2020). The Effects of Integration Between Kurikulum 2013 and Cambridge Curriculum in English (Study Case Taken from Saint Peter’s Junior High School). Journal of Advanced English Studies. 3(1). 50-59.
Sudjana, N. (2011). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.
Wisudawati, Asih, W., & Eka, S. (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta: Bumi Aksara.
Yasa, P. A. E. M. (2018). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Hasil belajar Matematika Pada Siswa SD. Journal of Education Technology. 2(2), 70-75.
Yuliati, Y., & Lestari, I. (2019). Penerapan Model Creative Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. 5(1), 32-39.
License
Copyright (c) 2024 Rizkika Windasari, Ahmad Harjono, Fitri Puji Astria
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.