Analisis Peran Guru dan Orang tua terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika di SDIT Jam’iyyatul Ihsan Pakis

Pingky Destiana Putri, Agrissto Bintang Aji Pradana

Abstract


Rendahnya motivasi belajar siswa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan prestasi belajar siswa menurun. Hal ini dimungkinkan karena keingintahuan mereka tentang mata pelajaran masih rendah, faktor dari luar (teman, keluarga, dan lingkungan) yang tidak mendukung untuk mempelajari mata pelajaran matematika dan lain sebagainya. Sedangkan prestasi belajar matematika dipengaruhi oleh beberapa faktor misalnya aktifitas belajar belajar siswa, model pembelajaran yang digunakan guru dalam mengajar, kemampuan siswa dalam menerima pembelajaran yang diberikan oleh guru, motivasi belajar siswa dan lain sebagainya. Partisipasi peran guru dan peran orang tua dalam motivasi belajar siswa pada mata pelajaran matematika sangatlah penting. Keberhasilan pembelajaran anak merupakan tanggung jawab bersama dan kewajiban pemerintah serta lembaga sekolah, tetapi guru pertama untuk orang anak-anak yaitu orang tua. Karena sebab itu, dimasukkannya orang tua dalam pendidikan mereka sangat mempengaruhi motivasi belajar siswa, pencapaian minat, dan hasil belajar anak-anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi. (1) Visi dan misi sekolah; (2) Analisa data guru dalam kegiatan belajar mengajar; (3) Penetapan tata tertib sekolah dan tata tertib kelas; (4) Penerapan nilai-nilai agama dan etika; dan (5) peran keluarga dalam proses pembelajaran di rumah.


Keywords


Peran Orang tua; Matematika; Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


Cahyono, H. (2019). Faktor-Faktor Kesulitan Belajar Siswa Min Janti. JDPP Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran, 7(1), 1-4.

Idzhar, Ahmad (2016). "Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa." Jurnal office 2.2 (2016): 221-228.

Mulyasa, E (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, (Bandung : PT. Remaja Rosdakarya, 2008), h. 75.

Nugraheni, A. S., & Khanifah, S. (2016). Peran kepala madrasah sebagai motivator dalam meningkatkan profesionalisme guru. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar Ahmad Dahlan, 2(2), 15-23.

Sardiman (1996). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1996), hal. 72

Slameto (1995). Belajar dan Faktor Yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 1995), hal. 57

Sucipto & Raflis (2000). Profesi Keorangtuaan, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000), hal. 109

Sumadi Suryabrata (1995). Psikologi Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo, 1995), hal. 525




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.