Identifikasi Persepsi Mahasiswa dan Hambatan dalam Perkuliahan Daring Menggunakan Technology Acceptance Model (TAM)

Refika Andriani, Sri Wahyuni

Abstract


Teknologi memiliki peranan yang begitu penting dalam proses pembelajaran di penjuru dunia saat ini. Perkuliahan daring menjadi sebuah tren metode pembelajaran yang memanfaatkan penggunaan teknologi dalam pengaplikasiannya. Mau tidak mau baik pendidik ataupun peserta didik harus siap dengan adanya kebijakan ini. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi persepsi mahasiswa dan hambatan yang dihadapi selama proses perkuliahan daring di masa pandemic Covid-19 di Universitas Lancang Kuning tahun akademik 2020/2021 dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan desain survey menggunakan 1 set kuesioner online yang dibagikan pada 100 responden. Hasil analisis data dengan menggunakan deskriptif statistic didapat temuan bahwa teknologi memberikan kesempatan yang seluas-luasnya pada mahasiswa untuk dapat mengakses sumber belajar yang variatif dan terbaru. Namun, di samping kemudahan tersebut terdapat hambatan yang ditemui mahasiswa dalam proses perkuliahan daring yakni adanya gangguan jaringan yang sering dialami. Disamping itu, gangguan fisik dan psikis juga menjadi hambatan tersendiri apabila perkuliahan daring dilaksanakan dalam jangka waktu yang Panjang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi sejatinya memberikan banyak manfaat bagi peserta didik untuk dapat memperkaya sumber belajar namun penggunaan teknologi sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus dan monoton karena dapat memberikan dampak yang buruk bagi fisik dan psikis peserta didik.      

Keywords


Technology Acceptance Model; Pembelajaran Daring; Persepsi; Hambatan.

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir, Terra Ch. & Triwahyuni, (2003), Pengenalan Teknologi Informasi dan Komunikasi, Yogyakarta : Penerbit Andi

Andriani, R. (2019). Digital Application in EFL Classroom Activity. ELT-Lectura, 6(2), 178-185.

Andriani, R., & Kasriyati, D. (2020, April). Android Apps in EFL Classroom Environment: Improving Students’ Learning Outcomes in Translation. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 469, No. 1, p. 012060). IOP Publishing.

Andriani, R., Syaifullah, S., & Kasriyati, D. (2021). Online Learning in Pandemic Covid-19. ELT-Lectura, 8(2), 148-156.

Arikunto, Suharsimi., Jabar, Cepi, & Safruddin Abdul (2014). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara.

Creswell. J.W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research. Boston: Pearson Education, Inc.

Dalyono, M. (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.

Davis, Fred D., Bagozzi, Richard P., Warshaw, & Paul R. (1989). User Acceptance of Computer Technology: A Comparison of Two Theoretical Models. Management Science. 1989, vol. 35, issue 8, 982-1003.

DRPM, Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (2017). Panduan Pelaksanaan Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Perguruan Tinggi Edisi XI. Jakarta: DRPM Ristek Dikti.

Ghavifekr, S. & Rosdy, W.A.W. (2015). Teaching and learning with technology: Effectiveness of ICT integration in schools. International Journal of Research in Education and Science (IJRES), 1(2), 175-191.

Habibu, Taban., Al-Mamun, Md Abdullah., & Clement CheKum. (2012). Difficulties Faced by Teachers in Using ICT in Teaching-Learning at Technical and Higher Educational Institutions of Uganda. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT). 1(7).

Jogiyanto, H.M. (2005). Analisa dan Desain Sistem Informasi: Pendekatan Terstruktur Teori dan Praktik Aplikasi Bisnis. Yogyakarta: Andi.

Kitao, Kenji. S. & Kathleen Kitao (1998) Selecting and developing teaching/Learning materials. The Internet TESL Journal, Vol. IV.

Martin, E. (1999). Managing Information Technology What Managers Need to Know (3rd ed.). New Jersey:Pearson Education International.

Purbo, Ono W. & Antonius AH. (2020). Teknologi e-learning berbasis PHP dan MySQL: Merencanakan dan Mengimplementasikan Sistem e-learning. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Rusman (2010). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT. raja Grafindo Persda.

Sugiyono (2006). Metode penelitian Pendidikan “Pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D”. Bandung: Alfabeta.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.230

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.