Pengaruh Penggunaan Media Stick Figure terhadap Kreativitas Siswa dalam Mata Pelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBDP) Kelas 5 Di SDN 20 Ampenan

Intan Dita Komalasari, Nurul Kemala Dewi, Muhammad Tahir

Abstract


Salah satu media gambar adalah stick figure. Stick figure  merupakan sketsa atau gambar garis yang sudah dapat menggambarkan pesan dengan jelas. Dengan menggunakan media  stick figure peserta didik akan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran seni budaya dan prakarya (SBdP). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media stick figure terhadap kreativitas siswa yang dilaksanakan di SDN 20 Ampenan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deksriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa  r hitung = 0,587 ≥ r tabel = 0,266 dan nilai signifikasi sebesar 0,000 yang berrati kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Maka dapat di artikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variabel X dan variabel Y, dimana r hitung = 0,587 lebih besar dari pada r table = 0,266 pada taraf signifikansi 5%, artinya hipotesis alternatif (Ha) diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan dalam penggunaan media stick figure terhadap kreativitas siswa. Oleh karena itu, media stick figure ini layak digunakan dalam proses pembelajaran Seni Budaya dan Prakarya (SBdP) karena mampu melatih daya kreativitas serta imajinasi peserta didik.

Keywords


Media Stick Figure; Kreativitas Seni Budaya dan Prakarya.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. (2016). Pembelajaran Dalam Perspektif Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran. Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.

Angkowo, R & Kokasih, A. (2007). Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grasindo.

Anriyani (2019). Pengaruh Media Gambar Sketsa Terhadap Ketrampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas II Bulu’ Datu Kota Palopo.Palopo: Iain.

Arini, Dwi Hermawati Sri,Oetopo, Ataswarin, Setiawati, Rahmida, Khairudin, Deden dan Nadapdap, Renatus Martin. (2008). Seni Budaya.Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Arsana, Banu (2013). Sketsa Dan Gambar.Jakarta: Direktorat Pembinaan SMK.

Arsyad, Azhar (2019). Media Pembelajaran. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Cahyadi, Ani (2019). Pengembangan Media Dan Sumber Belajar Teori dan Prosedur. Serang: Laksita Indonesia.

Daryanto (2016). Media Pembelajaran.( Edisi Ke-2 Revisi), Yogyakarta: Gava Media.

Febrianti, Felia (2019). Efektivitas Penggunaan Media Grafis Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. 2 (1), hal. 667-677. Serang: Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Hadi, Sutrisno (2015). Statistik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Harisanto (2017). Teknik Menggambar Bentuk 3 Dimensi.Yogyakarta: Relasi Inti Media.

Jauhary, Hadziq (2019). Kreativitas Diri.Semarang: Mutiara Aksara.

Jayanti, Kusuma Sari (2015). Keefektifan Penggunaan Media Stick Figure Dalai Pembelajaran Keterampilan Berbicara Bahasa Jerman Di SMA Negeri 2 Purwokerto. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Kustandi, Cecep & Bambang Sujipto (2013). Media Pembelajaran Manual dan Digital.Bogor: Ghalia Indonesia.

Larasati, Dita (2011). Media Pembelajaran Stick Figure Untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas XII SMAN 1 Prambanan.Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Lestari, Ika & Zakiyah, Linda (2019). Kreativitas dalam Konteks Pembelajaran.Bogor: Erzatama Karya Abadi.

Lestari, Dita (2015). Media Penbelajaran Stick Figure Untuk Meningkatkan Ketrampilan Menulis Siswa Kelas XII SMAN 1 Prambanan Klaten.Yogyakarta:UniversitaNegeriYogyakarta.

Lodo, N.S.A. (2017). Analisis Sikap Dan Muatan Pembelajaran SBdP Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kurikulum 2013 Kelas V Serta Potensi Budaya Lokal Pendukung Dalam Pembelajaran. 1(1), Maret 2017. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha.

Malik, Syauqi, Muh. (2020). Analisis Hots, 4C, Literasi, Dan Pendidikan Karakter Dalai Seni Budaya Dan Prakarya MI/SD Kurikulum 20113. 8(1), Januari-Juni. Yogyakarta: Uin Sunan Kalijaga.

Naisah (2013). Pembelajaran Seni Budaya Dan Keterampilan Dengan Menggunakan Pendekatan Inkuiri Di Sekolah Dasar. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Nurani, Yuliani, Hartati, Sofia & Sihadi (2020). Memacu Kreativitas Melalui Bermain.Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

Pitriani, Siti (2020). Analisis Materi Pokok Seni Budaya Dan Prakarya (SBdP) Kelas III MI/SD. Vol. 7 No. 1.Juni 2020. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Pribadi, Benny A. (2017). Media Dan Teknologi Dalam Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Rahmadi (2011). Pengantar Metodologi Penelitian.Banjarmasin: Antasari Press.

Slameto (2010). Belajar dan Faktor-faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabetta,CV.

Sukiman (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogjakarta: PT Pustaka Indah Madani.

Tafonao, Talizaro (2018). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. 2(2), Juli 2018. Yogyakarta: STT Kadesi.

Veronica, Elda (2018). Pengaruh Media Gambar Berseri Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Di Sekolah Dasar. Pontianak.

Wahyuni, Ita, Khutobah & Yuliati, Nanik (2016). Peningkatan Kreativitas dalai Membuat Bentuk pada Anak Kelompok B2 melalui Bermain Play Dough di TK Plus Al-Hujjah Keranjingan Sumbersari Jember Tahun Pelajaran 2015/2016. Jember: Universitas Jember (UNEJ).

Wicaksosno, Yudi D.M. (2017). Penggunaan Media Ilustrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya dan Keterampilan Peserta Didik Kelas III Min 7 Bandar Lampung. Lampung: Iain.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.