Pengembangan Media Video It’s Toilet Time dalam Menstimulasi Keterampilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun
Authors
Firda Ashlikhatul Kirom , Sri Setyowati , Mallevi Agustin Ningrum , Melia Dwi Widayanti , MA. Muazar HabibiDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2419Published:
2024-08-30Issue:
Vol. 9 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
Media Pembelajaran, Toilet Training, Video AnimasiArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Survei Kesehatan Rumah Tangga (SKRT) nasional tahun 2015 menunjukkan terdapat 75 juta anak balita hingga pra sekolah mengalami kesulitan dalam mengontrol buang air besar (BAB) dan buang air kecil (BAK). Hal ini mengindikasi bahwa tingginya permasalahan terkait keterampilan toilet training pada anak usia dini. Diperkuat dengan hasil observasi keterampilan toilet training anak usia 3-4 tahun yang dilakukan oleh peneliti di KB Baitul Muttaqien Surabaya menunjukkan sebanyak 4 anak belum mampu secara kognitif dan sebanyak 6 anak belum mampu secara fisik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan, dan keefektifan media video It’s Toilet Time dalam menstimulasi keterampilan toilet training anak usia 3-4 tahun. Penelitian ini menggunakan model penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model ADDIE. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kelayakan media video It’s Toilet Time dari hasil validasi oleh ahli materi memperoleh nilai presentae 82,5% sedangkan ahli media memperoleh nilai presentae 85%. Keefektifan media video It’s Toilet Time dianalisis menggunakan perhitungan hasil uji Wilcoxon menggunakan SPSS 26 menunjukkan bahwa Asymp.Sig (2-tailed) sebesar 0,00 sehingga P < 0,05 atau 0,005< 0,05 maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan H1 diterima. Selain dilakukan juga perhitungan uji N-gain score, hasil pengujian tersebut menunjukkan bahwa nilai rata- rata N-gain score adalah sebesar 0,60 atau 60% termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan hasil uji wilcoxon dan uji N- Gain Score yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video It’s Toilet Time efektif digunakan untuk menstimulasikan keterampilan toilet training anak usia 3-4 tahun.
References
Amelia, Z., & Nurfuati, R. (2020). Pengembangan Model Video Interaktif dalam Mengembangkan Keterampilan Toilet Training pada Anak Usia 4-5 Tahun. Raudhatul Athfal: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 4(2), 131-147. Retrieved from https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/raudhatulathfal/article/view/5473
Aryani, N. W., & Ambara, D. P. (2021). Video Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Aspek Kognitif Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 9(2), 252-260. https://doi.org/10.23887/paud.v9i2.36043
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2016). Pemanfaatan Video sebagai Media Pembelajaran Matematika SD/MI. Muallimuna: Jurnal Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 47. https://doi.org/10.31602/muallimuna.v2i1.741
Branch, R. M. (2009). Instructional Design-The ADDIE Approach. New York: Springer.
Dewantara, S. A., Halimah, N., Pradita, A., & Fariz, A. (2023). Pengaruh Ankle Strategy Exercise Terhadap Tingkat Risiko Jatuh pada Komunitas Lansia di Kelurahan Jagir RW 1 Kecamatan Wonokromo. Jurnal Keperawatan Muhammadiyah, 8(4), 18-22. Retrieved from https://journal.um-surabaya.ac.id/JKM/article/view/16335/6271
Feist, J., & Feist, G. J. (2010). Teori Kepribadian. 7th ed. Jakarta: Salemba Humanika.
Gilbert, J. (2003). Latihan Toilet. Jakarta: Erlangga.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–94. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1237
Hayati, D. J., & Suparno, S. (2020). Efektivitas Buku Cerita Bergambar pada Keberhasilan Toilet Training Anak Usia 3-4 Tahun. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1041. https://doi.org/10.31004/obsesi.v4i2.498
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. JIPAI: Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 1(1), 28-37. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042
Shahara, P. A. I., & Khotimah, N. (2023). Pengaruh Buku Cerita Bergambar Terhadap Keterampilan Toilet Training Anak Usia 2-4 Tahun. PAUD Teratai, 12(2), 1-5. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/paud-teratai/article/view/55684
Iwari, F. P. (2022). Pelaksanaan Toilet Training Oleh Orang Tua pada Anak Usia Dini di Kelurahan Pedurenan Bekasi (Doctoral Dissertation). Universitas Pendidikan Indonesia. Retrieved from http://repository.upi.edu/87542/
Khalimatus, L., & Veryudha, E. (2017). Tumbuh Kembang dan Toilet Training pada Masa Golden Age. Bandung: Karya Bina Sehat.
Maranatha, J. R., & Putri, D. I. H. (2021). Empati Anak Usia Dini: Pengaruh Penggunaan Video Animasi dan Big Book di Taman Kanak-Kanak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dinii, 6(3), 1991–99. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1881
Meysialla, L. N., & Alini, A. (2018). Hubungan Pola Asuh Ibu dengan Kemampuan Toilet Training pada Anak Usia 12-24 Bulan di PAUD Buah Hati Kampar Tahun 2018. Jurnal Ners, 2(2), 10–16. https://doi.org/10.31004/jn.v2i2.188
Novelia, S., & Hazizah, N. (2020). Penggunaan Video Animasi dalam Mengenal dan Membaca Huruf Hijaiyah. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(2), 1037–1048. https://doi.org/10.31004/
jptam.v4i2.567
Nurani, Y., & Pratiwi, N. (2020). Digital Media for the Stimulation of Early Childhood Self Help Skills’: Pp. 240–44 in Proceedings of the 2nd Early Childhood and Primary Childhood Education (ECPE 2020). Malang, Indonesia: Atlantis Press.
World Health Organization. (1994). Life Skills Education for Children and Adolescents in Schools. Pt. 3, Training Workshops for the Development and Implementation of Life Skills Programmes (No. WHO/MNH/PSF/93.7 B. Rev. 1). Geneva: World Health Organization.
Author Biography
MA. Muazar Habibi, Universitas Mataram
Program Studi PAUD FKIP
License
Copyright (c) 2024 Firda Ashlikhatul Kirom, Sri Setyowati, Mallevi Agustin Ningrum, Melia Dwi Widayanti, MA. Muazar Habibi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.