Analisis Hukum Kekekalan Momentum pada Permainan Tradisional Kelereng dengan Menggunakan Video Stop Motion untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik

Febiyanti Ansumarwaty, Ahmad Busyairi

Abstract


Salah satu masalah yang sering kita temukan di sekolah khususnya pada mata pelajaran fisika adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan permainan tradisonal yang disajikan dalam bentuk video stop motion.  Penelitian ini menggunakan metode  penelitian deskriptif. Sampel terdiri dari 39 siswa kelas X SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk angket motivasi ARCS yang terdiri dari; Attention (perhatian), Relevance (Relevansi), Confidance (Percaya diri) dan Satifaction (kepuasan). Data motivasi belajar fisika siswa dianalisis melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa rata-rata peserta didik menyukai dan merasa termotivasi saat menggunakan media permainan tradisional kelereng dengan menggunakan video stop motion pada materi hukum kekekalan momentum dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan kelereng yang disajikan dalam bentuk video stop motion dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.


Keywords


Permainan tradisional kelereng; video stop motion; motivasi belajar; hukum kekekalan momentum.

Full Text:

PDF

References


Bakker, A. (2004). Design Research in Statistic Education on Symbolizing and Computer Tools. Amersfoort: Wilco

Cahyati, N. (2017). Pengaruh Model Cooperative Learning Tipe Numbered Head Together (Nht) Dengan Metode Tutor Sebaya (Peer Tutoring) Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas X Man 4 Bantul Pada Materi Momentum, Impuls, Dan Tumbukan. Skripsi. Yogyakarta : Uin Sunan Kalijaga.Retrieved from : https://digilib.uinsuka.ac.id/id/eprint/29728/

Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lantanida Journal. 5(2 ) : 173. Retrieved from https://jurnal.arraniry.ac.id/index.php/lantanida/article/view/2838/2064.

G. Hoban and W. Nielsen (2014). Creating a narrated stop-motion animation to explain science: The affordances of Slowmation for generating discussion. Teaching and Teacher Education. Vol. 42 pp. 68-78. Doi : https://doi.org/10.1016/j.tate.2014.04.007.

Karim, S., Saepuzaman, D., & Sriyansyah, S. P. (2016). The Learning Reconstruction of Particle System and Linear Momentum Conservation in Introductory Physics Course. In Journal of Physics: Conference Series, 739(1), 01211. Doi:10.1088/1742-6596/739/1/012111.

Liu. K. T. Sun, C. H. Wang and M. C. (2017). Stop motion to Foster Digital Literacy in Elementary School. Comunicar. 25 (51). 93-103. Doi: https://doi.org/10.3916/C51-2017-09

N J Fratiwi, S A Amalia, E Suhendi, I Kaniawati, A Samsudin, S R Hidayat, A

Zulfikar, F N Sholihat , D S Jubaedah, A H Setyadin, M G Purwanto, M H

Muhaimin, S S Bhakti, and N F Afif. (2019). Diagnosis of Student’s Misconception on Momentum and Impulse Trough Inquiry Learning with Computer Simulation (ILCS). Journal of Physics.12 (4) : 1-3. Doi:10.1088/1742-6596/1204/1/012073.

Prima, E. C., Mawaddah, M., Winarno, N., & Sriwulan, W. (2016). Kinematics investigations ofcylinders rolling down a ramp using tracker. In AIP Conference Proceedings (Vol. 1708, No. 1, p. 070010). 1-3. Doi: 10.1063/1.4941183.

Ramadhani, A. (2014). Perbandingan Strategi Pembelajaran Teacher Centered Learning Dengan Student Centered Learning Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Tarikh Siswa Kelas Viii Smp Muhammadiyah 4 Surakarta. Naskah Artikel Publikasi. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta. Retrieved from : http://eprints.ums.ac.id

Sari, N., Sunarno, W., & Sarwanto (2016). Analisis Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Fisika Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. 3 (1). 18 -20. DOI : 10.24832/jpnk.v3i1.591

Suryabrata, S. (2011). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Sardiman (2009). Intraksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

TIMSS (2015). Mathematics Framework. 2015. Diakses pada tanggal 24 September 2021, dari.Retrieved from : https://timss.bc.edu/timss2015/downloads/T15_Frameworks_Full_Book.pdf

Tilaar, H.A.R. (2006). Standarisasi Pendidikan Nasional: Suatu Tinjauan Kritis. Jakarta: Rineka Cipta.

Yakin, Ainul (2015). Pengaruh Media Stop Motion Terhadap Pemahaman Konsep Hidrologi Air Siswa Kelas V SDN Gununggangsir II Beji Pasuruan. Skripsi. Malang: Universitas Islam Negeri Maulana MalikIbrahim. Retrieved from : http://etheses.uinmalang.ac.id/2928/1/11140092.pdf.https://gpswisataindonesia.info/sejarahpermainan-tradisional-kelereng-gundu/




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.243

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.