Pengaruh Kompetensi dan Penerapan Prinsip-Prinsip Standar Layanan Covid 19 terhadap Mutu Pelayanan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima

Syahrul Syahrul, Hermanto Hermanto, Sri Wahyulina

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh kompetensi dan penerapan prinsip-prinsip standar layanan Covid 19 terhadap mutu pelayanan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif asosiatif. Sampel dalam penelitian ini adalah sebagian pegawai di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima tahun 2021 yang berjumlah 67 orang pada tahun 2021. Metode pengumpulan data dalam peneltian ini yaitu angket dan dokumentasi. Teknik analisis ganda menggunakan analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan bahwa kompetensi dan penerapan prinsip-prinsip standar layanan Covid 19 berpengaruh signifikan secara silmultan terhadap mutu pelayanan di Dinas Kesehatan Kabupaten Bima.

Keywords


Kompetensi; Penerapan Prinsip-prinsip Standar Layanan Covid 19; dan Mutu Pelayanan.

Full Text:

PDF

References


Abdullah, M. T. (2014). Metode Penelitian dalam Bidang Kesehatan. Makassar: Masa Gena Press.

Akib, A. T. (2011). Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatan DenganKepuasan Masyarakat Rawat Inap di RSUD Tenriawaru Kab.Bone. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Alamsyah, D., & Muliawati, R. (2013). Pilar Dasar Ilmu Kesehatan Masyarakat. Yugyakarta: Nuha Medika.

Alwi, S. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia: Strategi Keunggulan Kompetitif Edisi Kedua. Yogyakarta: BPFEE.

Anggraini, Yayuk (2008). Hubungan Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Masyarakat RawatInap Pada Paviliun Teratai RSUD A. Wahab Syahranie Samarinda. Sumber:http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/151085172.pdf. Diakses pada tanggal 16 Juni 2021.

Annii, R. U., & Supriyanto, S. (2014). Analisis Mutu Pelayanan Kesehatan Berdasarkan Dimensi Dabholkar di Paviliun Mina Rumah Sakit Siti Khodijah Sepanjang. Surabaya: Universitas Airlangga.

Astawa, I Gusti Made Yoga et al. (2012). Hubungan Dimensi Mutu Pelayanan Kesehatandengan Kepuasan Masyarakat di Puskesmas Rumbia Kabupaten Lampung Tengah. Sumber:http://jurnalduniakesmas11.blogspot.com. Diakses pada tanggal 16 Juni 2021.

Ayu, S. N. (2015). Respon Kepuasan Masyarakat Pengguna BPJS Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Dipuskesmas Pekanbaru. Fisip, 2.Pekanbaru: Universitas Riau

Azlika, M. A. (2015). Hubungan Antara Mutu Pelayanan Perawat dan Tingkat Pendidikan Dengan Kepuasan Masyarakat Peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial BPJS Kesehatan di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Islam RSI Sitti Maryam Kota Manado. Manado: Universitas Samratulangi, Ilmiah Farmasi, 4.

Azwar, A. (1996). Pengantar Administrasi Kesehatan. Jakarta: Binarupa Aksara. BJPS Kesehatan. 2014. from http://bpjs-kesehatan.go.id/bpjs/index.php/pages/detail/2014/11

Bustami (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Jakarta: Erlangga.

CNN Indonesia (2020). DPR Desak Pemerintah Bentuk Satgas Penanganan Virus Corona. Available at: www.cnnindonesia.com/nasional/20200312020329-20-482683/dpr-desak-pemerintah-bentuk-satgas-penanganan-virus-corona (Accessed: 20 Maret 2020).

Daryanto, & Setyabudi, I. (2014). Konsumen dan Pelayanan Prima. Yogyakarta: Gava Media.

Depkes RI. (2008). Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit. Jakarta.

Dhermawa, A, G,N, I Gde Adnyana Sudibya, dan I Wayan Mudiartha Utama (2012). Pengaruh Motivasi, Lingkungan Kerja, Kompetensi, dan Kompensasi terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Pegawai di Lingkungan Kantor Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Bali.

Efendi, F., & Makhfudli. (2009). Kesehatan Komunitas : Teori dan Praktik dalam Keperawatan. Jakarta: Salemba Medika.

Hamid, R., Darmawansyah, & Balqis. (2013). Hubungan mutu pelayananKesehatan dengan Kepuasan Masyarakat Rawat Jalan di Puskesmas Batua Kota Makassar 2013. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Herman et al. (2014). Hubungan Kualitas Pelayanan Kesehatan dengan KepuasanMasyarakat Rawat Jalan di Puskesmas Lembasada Kabupaten Donggala Tahun 2014. Palu: Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UniversitasTadulako.

Hidayat, M, J. (2020). Pengaruh Kompetensi, Motivasi, Lingkungan Kerja dan Pengawasan Kerja terhadap Kinerja Pegawai pada Kantor Pelayanan Pajak Madya Medan.

Ilahi, P. P. (2016). Hubungan Kepuasan Masyarakat Pengguna BPJS Terhadap Kualitas Pelayanan Kesehatan di Puskesmas Nagrak Sukabumi.Jakarta:Fakultas Kedokteran dan IlmuKesehatan UIN Syarif Hidayatullah.

Imbalo, P. (2007). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan.Dasar-Dasar Pengertiandan Penerapan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Karmelia, B. (2013). Dimensi Mutu Pelayanan Menurut Pasien Jamkesmas di Puskesmas Bulu Lor Semarang Tahun 2013. Semarang: Fakultas Kesehatan, Universitas Dian Nuswantoro Semarang.

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Lakukan Protokol Kesehatan ini jika Mengalami Gejala Covid-19 | Sehat Negeriku. Available at: http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20200316/4033408/lakukan-protokol-kesehatan-jika-mengalami-gejala-covid-19/ (Accessed: 21 April 2020).

Kementerian Kesehatan RI. (2020). Lakukan Protokol Kesehatan ini jika Mengalami Gejala Covid-19 | Sehat Negeriku. Available at: http://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20200316/4033408/lakukan-protokol-kesehatan-jika-mengalami-gejala-covid-19/ (Accessed: 21 April 2020).

Kementerian Sekretariat Negara RI. (2020). Pemerintah Perhatikan Kebutuhan APD Bagi Tenaga Medis | Kementerian Sekretariat Negara RI. Available at:https://www.setneg.go.id/baca/index/pemerintah_perhatikan_kebutuhan_apd_bagi_tenaga_medis (Accessed: 21 April 2020).

Khusnawati (2010). Analisis Kepuasan Pasien terhadap Pelayanan padaPuskesmas Sungai Durian, Kab. Kubu: Jurnal Ilmiah FE-Umm.

Mukti, A. G. (2007). Strategi Terkini Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan : Konsep Implementasi. Yogyakarta: PT. Karya Husada Mukti.

Mulyadi, D. (2013). Analisis Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan padaRumah Sakit Islam Karawang. 231206-1208. Jurnal Manajement Vol.10No.3 April 2013

Muninjaya, G. (2012). Manajemen Mutu Pelayanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Pohan, I. S. (2016). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan , Dasar-Dasar,Pengertian, dan Penerapan. Jakarta: EGC.

Pradita, D. C., Sugiarsi, S., & Mulyono, S. (2013). Kepuasan Pasien Rawat Jalandi Rumah Sakit Umum Daerah Dr. Soediran Mangun Soemarso Wonogiri 2013. Karanganyar: APIKES Mitra Husada Karanganyar.

Prasetyawati, A. E. (2011). Ilmu Kesehatan Masyarakat Untuk KebidananHolistik. Yogyakarta: Nuha Medika.

Profil Puskesmas Pacerakang (2017). Profil Puskesmas Paccerakang Tahun2016-2017 tentang kunjungan pasien BPJS. Makassar.

Purwanto (2007). Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rumah Sakit from http://klinis.wordpress.com/2007/12/28/kepuasan-pasien-terhadap-pelayanan-rumah-sakit

Rahadi Iqzal Anshari, Abdul Rahman Mus, & Serlin Serang (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Datascrip Cabang Makassar

Rully, D. S. (2010). Kualitas Pelayanan Puskesmas Karangdowo Kabupaten Klaten Kepada Pasien Jamkesmas. Universitas Sebelas Maret.

Saragih, Sornauli (2009). Hubungan Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien dengan Kunjungan di Balai Pengobatan Gigi Puskesmas Kota Pekanbaru. Tesis Magister Program Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara

Sondakh, J. (2014). Mutu Pelayanan Kesehatan dan Kebidanan. Jakarta: Salemba Medika.

Telaumbanua, D. (2020). Urgensi Pembentukan Aturan Terkait Pencegahan Covid-19 di Indonesia. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Agama | 12(1) (2020) 59-70.

Tjiptono, F., & Diana, A. (2001). Total Quality Management. Edisi Revisi. Yogyakarta: Andi.

Trihono (2005). Manajemen Puskesmas Berbasis Paradigma Sehat. Jakarta: CV Sagung Seto.

Wahyuni, R., & Nurwahyuni, A. (2014). Gambaran Kepuasan Peserta Bpjs Kesehatan Terhadap Pelayanan Kesehatan Rawat Jalan Di Rumah Sakit Palang Merah Indonesia Bogor Tahun 2014. Depok: Fakultas KesehatanMasyarakat, Universtas Indonesia.

Wati, H. S. (2012). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan KepuasanPasien Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Daya Tahun 2012. Makassar:Universitas Hasanuddin.

Wijono, Djoko (2008). Manajemen Puskesmas Kebijakan Dan Strategi. Duta Prima Airlangga: Surabaya

World Health Organization (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19) situation report–57. Geneva, Switzerland: World Health Organization; 2020. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200317-sitrep-57-covid-19.pdf?sfvrsn=a26922f2_2.

World Health Organization. (2020). Coronavirus disease 2019 (COVID-19) situation report–51. Geneva, Switzerland: World Health Organization; 2020. https://www.who.int/docs/default-source/coronaviruse/situation-reports/20200311-sitrep-51-covid-19.pdf?sfvrsn=1ba62e57_10.

Yeni, A. (2011). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan PasienRawat Inap Di RSU Daeng Radja. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Yusuf, T. (2020). Gaya hidup orang percaya berlandaskan Mazmur 91 : 1-16 dalam menyikapi masalah virus corona (Covid-19) masa kini. Institut Agama Kristen Negeri Toraja

Zulfiana, S., & Ernawati, D. (2013). Analisa Kepuasan Pasien Terhadap AspekMutu Pelayanan di Bagian TPPRJ Rumah Sakit Bayumanik. Semarang: Fakultas Kesehatan Universitas Dian Nuswantoro, 2.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.