Persepsi Guru dan Siswa Tentang LKPD Sains-Ekowisata Mangrove Pada Siswa SMAN 1 Lembar Lombok Barat
Authors
Gusti Ayu Kartika Dewi , Jamaluddin Jamaluddin , Abdul SyukurDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2560Published:
2024-07-21Issue:
Vol. 9 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
Ekowisata., LKPD., Persepsi., Siswa.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian tentang persepsi guru dan siswa mengenai LKPD Sains-Ekowisata Mangrove (lembar kerja peserta didik) di SMAN 1 Lembar, Lombok Barat, dilakukan dari awal Februari hingga Juni 2024. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengevaluasi efektivitas LKPD dalam menyampaikan materi ilmu pengetahuan dan ekowisata mangrove kepada siswa, menilai penerimaan materi dari perspektif guru dan siswa, serta mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan LKPD tersebut. Pengumpulan data dilakukan menggunakan kuesioner dan wawancara dengan guru dan siswa. Data dianalisis secara deskriptif dan kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini melibatkan guru-guru IPA dan siswa kelas X yang menggunakan LKPD dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan adanya korelasi yang kuat antara persepsi guru dan siswa terhadap LKPD Mangrove Science-Ecotourism dan tingkat konservasi hutan mangrove, dengan nilai korelasi sebesar 0,777 berdasarkan uji korelasi Pearson. Tanggapan siswa terhadap LKPD menunjukkan bahwa LKPD berbasis ekosistem mangrove sangat layak dan sangat menarik untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
References
Abdillah, F., Riyana, C., & Alinawati (2018). Pengaruh Penggunaan Media Virtual Reality terhadap Kemampuan Analisis Siswa pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Edutcehnoloia. 2(1), 35-44. Https://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Edutechnologia/Article/View/19658
Al Idrus, A., Syukur, A., & Zulkifli, L. (2021) The Evidence of Rhizophora as a Potential Species to Improve Mangrove Recovery on the Southern Coast of East Lombok, Indonesia. ASM Sc. J., 14, Special Issues 2, 2021 for ICST2017, 57-64
Arifin, Z., & Rahayu, S. (2020). Peningkatan Pemahaman Lingkungan dan Karakter Siswa SMP Melalui Ekowisata Mangrove. Jurnal Pendidikan Lingkungan Dan Pembangunan Berkelanjutan, 1(1), 1-12.
Barlenti, I., Hasan, M., & Mahidin (2017). Pengembangan LKS Berbasis Project Based Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia. 5 (1): 81-86.
Bengen, D. G. (2004). Pedoman Teknis; Pengenalan dan Pengelolaan Ekosistem Mangrove. Bogor: PKSPL-1PB.
Chandra, I. A., G. Seca, & A.M.K. Hena (2011). Above ground Biomass Production of Rhizophora apiculate Blume in Sarawak Mangrove Forest. Agricultural and Biological Sciences.6 (4).469-474.
Dwiyanti, E., & Mulyani, N. S. (2019). Implementasi Kurikulum 2013 pada Pembelajaran Ekowisata Mangrove di SMPN 1 Lembar Lombok Barat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 25(2), 233-238.
Febri, A. A., Kasrina, K., & Idrus, I. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berdasarkan Kajian Ekosistem Mangrove di Kawasan Taman Wisata Alam Pantai Panjang Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 3(1), 1-7.
Fitriani, R., & Ramdhani, M. A. (2021). Efektivitas Modul Interaktif Berbasis Ekowisata Mangrove terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Kesadaran Lingkungan Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Geografi, 9(2), 132-143.
Hasanah, N., Pratama, K. R., & Purba, A. (2021). Lembar Kerja Peserta Didik Multimedia Berbasis Problem Based Learning. Jakarta: Insane Cendekia Mandiri.
Idrus A. A., Syukur, A., Zulkifli, L. (2019). The Diversity of Fauna In Mangrove Community: Success Replanting Of Mangroves Species In South Coastal East Lombok, Indonesia. Journal of Physic: Conference Series. 1402 (3): 033042.
Idrus, A. A., Syukur, A., & Zulkifli, L. (2018). The Perspective of Local Community's on Mangrove Resilience and Needs Conservation Along the Southern Coast of Lombok Island, Indonesia. Proceedings of ICPS: 978-989.
Lorena, M., Kasrina, K., & Yani, A. P. (2019). Pengembangan LKPD Model Discovery Learning Berdasarkan Identifikasi Mangrove di TWA Pantai Panjang Bengkulu. Diklabio: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi. 3 (1), 59-66.
Miller, K. (2019). Ecotourism and Education: A Pathway to Conservation. Ecotourism Journal, 7(2), 30-42.
Noor, T., Batool, N., Mazhar, R., & Ilyas, N. (2015). Effects of Siltation, Temperature and Salinity on Mangrove Plants. European Academic Research. 2 (11): 14172-14179.
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Pamungkas, S.W., & Jamirullah, R. F. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Media Poster Pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V di SDN Sarakan Tangerang. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 3(1), 117- 134.
Nurlianti, BS Jaya T., Surbakti A. ND. (2020). Pengembangan LKPD Tema Ekosistem Melalui Model PBL Pada Peserta Didik. Jurnal Magister Keguruan Guru SD Fkip Unila.
Permendikbud No 24 Tahun (2006). Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Untuk Pendidikan Dasar dan Menengah.
Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Priyono, A., & Dharsono, S. (2018). Peran Guru dalam Pendidikan Lingkungan Hidup di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Ilmiah Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, 2(1), 30-41.
Rahman, dkk. (2020). Metode dan Analisis Studi Ekosistem Mangrove. Bogor: IKAPI.
Restu, R., Berutu, N., Damanik, M. R. S., & Harefa, M. S. (2016). Model of Mangrove Ecosystem Utilization as Media and Learning Resources of Environmental Education at Senior High School. In 1st International Conference on Geography And Education (ICGE 2016) (Pp. 334-338). Atlantis Press.
Riduwan & Akdon (2015). Rumus Dan Data Analisis Statistika. Bandung: Alfabeta.
Roberts, J. (2020). Teachers’ Roles in Environmental Education. Teaching and Teacher Education, 90, 103-115.
Santoso, D., Syukur, A., Zulkifli, L., & Zulhalifah, Z. (2022). Development of Science Teaching Materials Based on Ecological Value of Mangrove Ecosystems as a Strategy to Improve Science Literacy of Junior High School Students on the South Coast of East Lombok. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. 8 (1): 283-290.
Santoso, N. (2000). Pola Pengawasan Ekosistem Mangrove. Makalah disampaikan pada Lokakarya Nasional Pengembangan Sistem Pengawasan Ekosistem Laut.
Saparini, S., Wiyono, K., & Ismet, I. (2016). Inkuiri Untuk Melaksanakan Praktikum Secara Virtual. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(1), 1–17.
Sengupta, R. (2010). Mangrove Soldiers of Our Coasts. Mangrove For The Future India, 20, Anand Lok, August Kranti Marg. India.
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: IKAPI.
Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung Penerbit Alfabeta.
Sugiyono, P. D. (2014). Populasi Dan Sampel. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. 291, 292.
Zulhalifah, Z., Melita, A. S., & Syukur, A. (2021). Pemanfaatan Nilai Ekologi Ekosistem Mangrove Sebagai Sumber Belajar IPA di SMAN 3 Lembar. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA. 4 (2).
License
Copyright (c) 2024 Gusti Ayu Kartika Dewi, Jamaluddin Jamaluddin, Abdul Syukur, M. Yamin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.