Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Belajar di Kelas III SDN 45 AMPENAN
Authors
Ghudaifa Rasya , Ahmad Raksun , M. Arief BudimanDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2692Published:
2024-08-31Issue:
Vol. 9 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
keaktifan belajar siswa, Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL).Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan belajar siswa kelas III melalui penerapan model pembelajaran berbasis masalah (PBL). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, dengan fokus pada peningkatan partisipasi aktif siswa dalam proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan lembar observasi, sedangkan analisis data menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada keaktifan belajar siswa pada setiap siklus, yaitu dari 58% pada siklus 1 menjadi 80% pada siklus 2. Peningkatan ini mengindikasikan bahwa PBL efektif dalam merangsang siswa untuk berpikir kritis, berkomunikasi, dan bekerja sama dalam menyelesaikan masalah. Keberhasilan penelitian ini dapat dikaitkan dengan kemampuan guru dalam membimbing siswa secara efektif dan menciptakan suasana belajar yang kondusif. Implikasi dari penelitian ini adalah bahwa model PBL dapat menjadi alternatif yang efektif bagi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan pencapaian tujuan pembelajaran yang lebih optimal.
References
Anggraeni, P., & Akbar, A. (2018). Kesesuaian Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Dan Proses Pembelajaran. Jurnal Pesona Dasar, 6(2), 55–65. https://doi.org/10.24815/pear.v6i2.12197
Anggraini, P. D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Peningkatan Keaktifan Siswa. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9(2), 292–299. https://doi.org/10.26740/jpap.v9n2.p292-299
Basri, H. (2018). Kemampuan Kognitif Dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran Ilmu Sosial Bagi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(1), 1–9. https://doi.org/10.17509/jpp.v18i1.11054
Eman Nataliano Busa. (2023). Faktor Yang Mempengaruhi Kurangnya Keaktifan Peserta Didik Dalam Kegiatan Pembelajaran Di Kelas. Jurnal Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 2(2), 114–122. https://doi.org/10.55606/inovasi.v2i2.764
Esema, D. (2019). Problem-Based Learning. Learning and Teaching in Higher Education: Perspectives from a Business School, 139–151. https://doi.org/10.4337/9781788975087.00027
Fajarwati, I. (2020). Problem Based Learning (PBL) to Improve Critical Thinking Skills. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHES): Conference Series, 3(3), 2238–2243. https://jurnal.uns.ac.id/shes
Fitriyani, D. M., Eko, S., Widoyoko, P., & Yansaputra, G. (2021). Penerapan Media Audio Visual pada Tema 1 Kelas 4 sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Keaktifan Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 2746–1211.
Junaedi, I. (2019). Proses pembelajaran yang efektif. JISAMAR (Journal of Information System, Applied, Management, Accounting and Research), 3(2), 19–25.
Maradona. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi keaktifan belajar siswa kelas IV B SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 17, 621.
Nisa, M. M., Efi, M. F., & Laela, S. (2021). Penerapan Model PBL Berbantu Media Video Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Hasil PTK PPG FKIP, 667–673. https://ppg.ump.ac.id/wp-content/uploads/2022/08/C26marchamatunn.pdf
Pamungkas, A. D., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Pada Siswa Kelas 4 Sd. Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(1), 287–293. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v3i1.268
Perdana, S. A. S. (2015). Penggunaan Metode Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 73–78.
Pristiwanti, D. B. B. S. H. R. S. D. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 7911–7915. https://doi.org/10.33387/bioedu.v6i2.7305
Putri, R. Y. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal Daerah Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Setiyoningsih, N. U. K. W. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Gambar Kelas I Amanah SD Muhammadiyah Kleco 2 TA 2022/2023. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 11(2), 308–321.
License
Copyright (c) 2024 Ghudaifa Rasya, Ahmad Raksun, M. Arief Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.