Hubungan antara Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Gugus 01 Kecamatan Praya Barat Tahun Pelajaran 2021/2022

Faizah Pramiswari, I Ketut Widiada, Muhammad Tahir

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V Gugus 01 Kecamatan Praya Barat tahun pelajaran 2021/2022. Untuk mencapai tujuan tersebut maka penelitian ini menggunakan desain penelitian ex post facto dengan jenis penelitian korelasional. Data dikumpulkan menggunakan angket motivasi berprestasi. Setelah melakukan pengelohan data diketahui bahwa rata-rata siswa memiliki Motivasi Berprestasi sebesar 81,80 dengan kategori tinggi. Sedangkan rata-rata hasil belajar matematika siswa sebesar 73,90 berada pada kategori sedang. Kedua data tersebut kemudian dikorelasikan menggunakan rumus korelasi Pearson atau Product Moment. Sebelum menguji hipotesis menggunakan rumus tersebut sebelumnya dilakukan uji prasyarat yakni uji normalitas menggunakan Kolmogorov Smirnov (sig=0,221 dan 0,193) dan uji homogenitas menggunakan uji Levene Statistic (sig=0,920). Berdasarkan data tersebut diketahui nilai signifikasinya kurang dari 0,05 sehingga dapat dikatakan bahwa data pada penelitian ini bersifat normal dan homogen. Setelah ui prasyarat dilakukan selanjutnya dilakukan uji hipotesis dengan hasil rhitung = 0.258 < rtabel = 0.315 tf.5% N=40. Dengan demikian dapat disimpulkan tidak ada hubungan antara motivasi berprestasi dengan hasil belajar pada mata pelajaran matematika siswa kelas V Gugus 01 Kecamatan Praya Barat tahun pelajaran 2021/2022.

Keywords


Motivasi Berprestasi; Hasil Belajar Matematika

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Asnawi, Sahlan (2002). Teori Motivasi. Jakarta: Studia Press.

Aspriyani, Riski (2017). Pengaruh motivasi berprestasi siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa kelas XI SMK Karya Teknologi Jatilawang tahun pelajaran 2016/2017. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika. 10 (1). https://scholar.google.co.id/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=aspriyani+riski&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3Do15sGEjRVNEJ

Azwar, Saifuddin (2013). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Djaali (2017). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Ghozali, Imam (2006). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS (edisi ke 4). Semarang: badan penerbit universitas diponegoro.

Hasan, Iqbal (2010). Analisis Data Penelitian Dengan Statistik. Jakarta: Bumi Aksara.

Ibrahim & Suparni (2012). Pembelajaran Matematika Teori dan Aplikasinya. Yogyakarta: Suka-Press UIN Sunan Kalijaga.

Kountur, Ronny (2009). Metode Penelitian untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Manajemen PPM, Jakarta.

Mohamad Surya (2004). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Slameto (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT.Rineka Cipta

Soemanto, Wasty (2012). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Soemanto, Wasty (2012). Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pemimpin Pendidikan (Cetakan Ke 5). Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.270

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.