Pengembangan Media Pembelajaran Buku Saku Berbasis Konflik Kognitif untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Keterampilan Berpikir Kritis IPA (Fisika) Peserta Didik

Mirnawati Mirnawati, Ahmad Harjono, Muh. Makhrus

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berupa buku saku dan menguji kevalidan buku saku berbasis konflik kognitif dan perangkatnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development). Pengembangan produk ini menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluate. Penelitian ini dikembangkan sampai tahap ke 3 yaitu tahap pengembangan. Media pembelajaran buku saku dikembangkan dengan pendekatan konflik kognitif pada materi tekanan dengan menggunakan Microsoft Word dan Corel Draw. Perangkat pembelajaran terdiri dari RPP, LKPD, dan instrument soal pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis. Uji validitas dilakukan oleh 3 validator yaitu ahli media dan materi. Berdasarkan hasil analisa validasi menggunakan Aiken’s V dan analisa reliabilitas menggunakan percentage of agreement diperoleh bahwa media pembelajaran buku saku berbasis konflik kognitif dengan nilai 0,75 kategori cukup valid dan nilai reliabel 0,92 atau 92% dengan kategori sangat reliabel. Hasil validasi perangkat pembelajaran memperoleh rata-rata 0,78 dengan kategori cukup valid. Berdasarkan hasil analisa kevalidan diperoleh, maka media pembelajaran buku saku berbasis pendekatan konflik kognitif dan perangkat pembelajaran pada materi tekanan layak digunakan dalam kegiatan pembelajaran.

Keywords


Media pembelajaran, buku saku, pendekatan konflik kognitif, pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis.

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Irwandani & Juariah, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Komik Fisika Berbantuan Sosial Media Instagram sebagai Alternatif Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi. 5(1), 33-42.

Jamaluddin, A., Jufri, W., Muhlis, & Bahtiar, I. (2020). Pengembangan Instrumen Keterampilan Berpikir Kritis pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pijar MIPA, 15 (1), 13-19.

Kurniawati, I. L., Rijal, M., & Indayani, M. (2019). Identifikasi Kesalahan Konsep dalam Pembelajaran Sains SMP Materi Zat dan Wujudnya. Jurnal horizon Pendidikan. 14(2), 1-9.

Makhrus, M. (2018). Validitas Model Pembelajaran Conceptual Change Model with Cognitive Conflict Approach. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 3(1), 62-66.

Maryam, Kusmiyati, Merta, I, W., & Artayasa, I, P. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Pijar Mipa. 15 (3), 206-213.

Masyuni, S., & Asyhari, A. (2019). Implementasi Pendekatan Konflik Kognitif Berbasis Metode Eksperimen Terhadap Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Berpikir Kritis. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 2(2), 184-193.

Susiaty, U, D., & Prihatin, I. (2019). Implementasi Pembelajaran Menggunakan Media Pocketbook Berbasis Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Mathematics education journal. 1(2).

Tuqalby, R., Sutrio, & Gunawan. (2017). Pengaruh Strategi Konflik Kognitif Terhadap Penguasaan Konsep Pada Materi Fluida Siswa SMAN 3 Mataram Tahun Ajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. 3 (1).




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.271

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.