Implementasi Media Video Interaktif pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV di SDN 45 Ampenan
Authors
Ni Komang Indah Rany Dewinta , Ahmad Raksun , M. Arief BudimanDOI:
10.29303/jipp.v9i3.2713Published:
2024-08-31Issue:
Vol. 9 No. 3 (2024): AgustusKeywords:
hasil belajar, Media video interaktif.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila melalui penggunaan media video interaktif di kelas IV SDN 45 Ampenan. Pendidikan Pancasila berperan penting dalam menanamkan nilai-nilai dasar bangsa Indonesia, seperti keadilan sosial, persatuan, dan penghargaan terhadap keberagaman. Namun, hasil belajar siswa di SDN 45 Ampenan menunjukkan pemahaman yang rendah terhadap materi ini, khususnya dalam perilaku menghargai keberagaman budaya di lingkungan sekitar. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model spiral dari Kemmis dan Taggart, melibatkan 24 siswa kelas IV. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar siswa setelah penerapan video interaktif. Pada kondisi awal, rata-rata nilai siswa adalah 68 dengan tingkat ketuntasan belajar sebesar 41,7%. Setelah siklus I, rata-rata nilai meningkat menjadi 75 dan ketuntasan belajar mencapai 83,3%. Pada siklus II, seluruh siswa (100%) mencapai ketuntasan belajar dengan rata-rata nilai 80. Observasi menunjukkan bahwa siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan terlibat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini membuktikan bahwa penggunaan media video interaktif efektif dalam meningkatkan pemahaman dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, khususnya dalam topik perilaku menghargai keberagaman budaya di lingkungan sekitar.
References
Adiyanti, D. S. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Video Pembelajaran Pada Siswa Kelas VI SD Negeri 4 Sidoluhur Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. National Conference for Ummah, 1(1), 1–11. https://103.106.72.138/index.php/NCU2020/article/view/645
Djuma, D. A., Mus, S., & Nurmeni (2024). Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SDN 142 Kampung Baru. Global Journal Pendidikan Dasar, 3, 311–328.
Helmi, C. N. Q., Hariani, L. S., & Rukmini, C. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Melalui Media Panila (Papan Penerapan Nilai-nilai Pancasila) pada Siswa Kelas V SD Negeri Kota Malang. Wahana Pedagogika, 05(02), 22–32.
Hita, A., Shifa, A. F. A., & Gumelar, M. R. M. (2021). Peningkatan Pembelajaran Melalui Media Pembelajaran Video Animasi untuk Sekolah Dasar. Inovasi Kurikulum, 18(1), 115–127. https://doi.org/10.17509/jik.v18i1.42680
Humardani, F. T., Miyono, N., Artharina, F. P., & Mujilah, M. (2023). Implementasi Media Pembelajaran Audio Visual pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas I SD N Sambirejo 02. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 4026–4038.
Lestari, E. B. (2021). Video Interaktif sebagai Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SDN Pucangsimo 1 Bandarkedungmulyo Jombang. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 52–61. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.49
Mu’in (2024). Langkah Tepat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Video Pembelajaran (1st ed.). P4I.
Nugroho, A. S., Ap, N., & Rijal (2022). Penerapan Video Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas III SDN Payaman 2 Secang Magelang. Pinisi Journal PGSD, 2(1), 26–31.
Octaviani, E. M., Humairah, H., & Khasanah, L. A. I. U. (2024). Penerapan Media Video Interaktif pada Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Pecahan Kelas V SD. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 4(2), 219–226. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v4i2.518
Sarea, M. S., Fadillah, N., Alifah, A., Resti, A., & Wardania, W. (2022). Penerapan Media Video Interaktif dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV SD Inpres 10/73 Tanete. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 584. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1034
License
Copyright (c) 2024 Ni Komang Indah Rany Dewinta, Ahmad Raksun, M. Arief Budiman
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.