Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus 4 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022

Doni Aditrisna, Hari Witono, Khairun Nisa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus 4 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022”.untuk mencapai tujuan tersebut penelitian ini menggunakan disain penelitian quasi experimental tipe nonequivalent control group design. Populasi  penelitian ini adalah siswa kelas 5 gugus IV Mataram. Tekhnik pengambilan sampel yang di gunakan adalah sampling purposive .dengan sampel sebanyak 26 siswa kelas 5. Tekhnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes  hasil belajar menggunakan tes berupa pilihan ganda (pre-test dan post-tes). Data dianalisis dengan bantuan SPSS versi 21. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan perhitungan uji independent sampel t-tes. Hasil penelitian menunjukan nilai  6,37 dengan  pada taraf signifikan 5% dengan df = 24 maka Ha diterima. Berdasarkan hasil uji hipotesis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa Model Discovery Learning Berbantuan Media Gambar berpengaruh Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Gugus 4 Mataram Tahun Pelajaran 2021/2022.


Keywords


Discovery Learning; Media Gambar; Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Achmad Rifa’i, & Catharina Tri Anni (2009). Psikologi Pendidikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang Press.

Adi (Dalam Suprihatiningrum, 2013: 142) Suprihatiningrum,Yuliana (2013). Strategi Pembelajaran Teori Dan Aplikasi Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Agus Suprijono (2013). Cooperative Learning Teori Dan Aplikasi PAIKEM.Yogyakarta: Pusaka Pelajar.

Arief S. Sadiman et al., (1986). Seri Pustaka Teknologi Pendidikan No.6 Media Pendidikan. Pengertian, Pengembangan, Dan Pemanfaatannya. Jakarta : CV Rajawali.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.Arikunto

B. Suryosubroto (2002). Proses Belajar Mengajar Di Sekolah. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Cecep Kusnandi, Bambang Sujtipto (2013). Media Pembelajaran Manual Dan Digital. (Bogor: Ghalia Indonesia. 2013).

Ibrahim, Muuhsin et al., (2020).Pembelajaran Kooperatif.Surabaya:University Press

Hamzah B. Uno. (2011). Teori Motivasi Dan Pengukurannya: Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik Dan Kontekstual Dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Muhibbin Syah (2013). Psikologi Pendidikan,Dengan Pendekatan Baru,Bandung PT Remaja Rosdakarya.

Samino, Saring Marsudi. Layanan Bimbingan Belajar.Fairuz Media, Surakarta:2011

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sastrosupadi, A. (2000). Rancangan Percobaan Praktis. Kanisus.Yogyakarta.

Syah Slameto (2010). Belajar Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Purwanto (2011). Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Winarsunu, Tulus (2006). Statistik Dalam Penelitian Psikologi Dan Pendidikan. Malang : Universitas Muhammadiyah Malang.

Yustina Ari Murti (2011). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Dengan Metode Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V SD N I Gununggajah Kecamatan Bayat Kabupaten Klaten Tahun Pelajaran 2011/ 2012. UMS: Surakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.272

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.