Analisis Kemampuan Menulis Cerpen Siswa Sekolah Dasar

Hasmita Maulina, Siti Rohana Hariana Intiana, Safruddin Safruddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan menulis cerpen siswa kelas III SDN 32 Cakranegara tahun pelajaran 2020/2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah 33 karangan cerpen siswa kelas III SDN 32 Cakranegara dan guru kelas. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN 32 Cakranegara. Dari 33 sempel siswa. Berdasarkan hasil analisis data kemampuan menulis cerpen dalam kualifikasi baik sekali sebanyak 7 siswa (21,2%). Kemampuan menulis cerpen dalam kualifikasi baik sebanyak 4 siswa (12,1%). Kemampuan menulis cerpen dalam kualifikasi cukup sebanyak 15 siswa (45,4%). Kemampuan menulis cerpen dalam kualifikasi kurang sebanyak 7 siswa (21,2%). Dengan demikian sesuai dengan perhitungan rata-rata nilai, dapat disimpulkan bahwa kemampuan menulis cerpen siswa kelas III SDN 32 Cakranegara dengan nilai rata-rata 68,2 berkualifikasi cukup.

Keywords


kemampuan menulis; cerpen siswa; deskriptif.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rofi’udin & Darmiyati Zuchdi (1999). Pendidikan Bahasa dan Sastra di Kelas Tinggi. Jakarta: Dirjen Dikti, Depdikbud.

Enny, Zubaidah (2012). “Peningkatan Kemampuan Mahasiswa dalam Menulis Cerita Anak melalui Strategi Menulis Terbimbing”. Jakarta: Program Pasca Sarjana Universitas Negeri Jakarta.

Musaddat, S. (2017). Peningkatan Keterampilan Berbahasa Indonesia SD. Mataram: Arga Puji Press Mataram Lombok.

Nurgiyantoro, Burhan (2013). Penilaian Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFF Yogyakarta.

Pertiwi, Natalia Intan (2018). “Analisi Unsur Intrinsik Cerita Pendek “Radio Kakek” Karya Ratih Kumala Dan Rencana Pembelajarannya Di Kelas XI SMP”. (Skripsi Ilmu Pendidikan, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta). Diambil dari http://repository.usd.ac.id/31640/2/111224079_full.pdf.

Sumardjo, Jacob & Saini (1986). Apresiasi Kesusastraan. Jakarta: PT Gramedia.

Tarigan (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.