Pengembangan Media Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang

Ida Yanti, Lalu Hamdian Affandi, Awal Nur Khalifatur Rosyidah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media permainan ular tangga untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan model 4D (Difine, design, develop, dessiminate). Subjek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II di SDN 12 Taliwang berjumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media permainan ular tangga sudah memenuhi kriteria layak dengan memperoleh persentase 77,5% dari ahli media dan 80% dari ahli materi. Sedangkan dari respon siswa menunjukkan bahwa media sangat layak digunakan dengan persentase 89,3%. Berdasarkan hasil pretest dan posttest diperolah hasil bahwa terjadi peningkatan pada nilai posttest siswa, dan diperoleh N-gain dengan kategori tinggi 5 orang, sedang 19 orang, rendah 4 orang, maka dapat dinyatakan bahwa terjadi peningkatkan terhadap kemampuan berhitung siswa kelas II SDN 12 Taliwang. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media permainan ular tangga sudah layak untuk digunakan kepada siswa kelas II SDN 12 Taliwang dan dapat  meningkatkan kemampuan berhitung siswa.

Keywords


Media Permainan Ular Tangga; Kemampuan Berhitung; Siswa Kelas II SDN 12 Taliwang.

Full Text:

PDF

References


Ardhani, AD. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Permainan Monopoli Pada Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Siswa Kelas IV SDN 1 Midang.Skripsi S1. Universitas Mataram.

Arikunto, S. (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arischa, S. (2019). Analisis Beban Kerja Bidang Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Pekan Baru. JOM Fisip, (6): 1-15.

Arsyad, A. (2009). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Astini, Baik Nilawati., Nurhasanah, & Denizza, R. (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung Melalui Kegiatan Bermain Ular Tangga Pada Anak Kelompok B Di PAUD Merpati Ampenan. Jurnal Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, 113-117.

Badan Standar Nasional Pendidikan (2006). Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Faturrahman, Lalu Yani (2020). Pengembangan Media Kokami (Kotak dan Kartu Misteri) Pada Pembelajaran Tematika di Kelas V Sekolah Dasar Kecamatan Pemenang. Skripsi S1. Universitas Mataram.

Ferryka, P. Z. (2017). Permainan Ular Tangga Dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Magistra, 29(100): 58-64.

Hidayat, S. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Umar, H. (2019). Sejarah Matematika. Bandung: PT Sarana Pancakarya Nusa.

Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif, Teori Jean Pieget. Intelektualita, 3(1): 32.

Imaliyah, Dewi Ayu (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII Tema Perubahan Masyarakat Indonesia Pada Masa Penjajahan dan Tumbuhnya Semangat Kebangsaan Mata Pelajaran IPS di SMP 15 Lamongan". Skripsi, Malang: Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, 2018, h.76-77.

Karuniawati, Fajar., & Mukhoiyaroh (2019). Peningkatan Kemampuan Berhitung 1-20 Melalui Penggunaan Media Corong Berhitung Pada Siswa Kelompok B1 Taman Kanak-Kanak Muslimat Wanacolo Surabaya. Journal Of Early Childhood Education And Development, 1(1): 1-8.

Larasati, Dewi., & Erlina, P. (2018). Pengembangan Media Championship Track Math untuk Pembelajaran SPLDV pada Jenjang SMP. Jurnal Mitra Pendidikan, 2(1): 47-62.

Mardhani, Aprilia Wahyu (2018). "Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga Akuntansi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Kompetensi Mengelola Kartu Piutang Kelas XI Kauangan SMK Muhammadiyah 1 Prambanan Klaten Tahun Ajaran 2016/2017 (2018)", Skripsi, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, 2017, h.80.

Maryam, S. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berhutung Anak Melalui Permainan Kartu Angka Pada Kelompok B TK NW Lelupi Kecamatan Sikur. Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1): 87-102.

Mi'rojiyah, F. L. (2016). Pengembangan Modul Berbasis Multirepresentasi pada pembelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas . Pros.Semnas Pend. IPA Pascasarjana UM, 1(1):217-226.

Musfiqon (2012). Pengembangan Media dan Sumber Belajar. Jakarta: Prestasi Pustakaraya.

Nawafilah, Nur Qomariah., & Masruroh (2020). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Ular Tangga Matematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Kelas III SDN Guminingrejo Tikung Lamongan. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 3(1): 37-46.

Permendikbud (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2018 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar Pelajaran pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Pratiwi, N. I. (2017). Penggunaan Media Vidio Call dalam Teknologi Komunikasi . Jurnal Ilmiah Dinamika Sosial, 1(2): 202-224.

Punaji, S. (2010). Metode Penelitian Penelitian dan Pengembangan . Bandung: Cv Pustaka Setia.

Rahayu, D. I., Takasun, Maharani, & Nursulistianingsih. (2015). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Penerapan Permainan Ular Tangga. Prosiding Seminar Nasional FKIP Universitas Mataram, 1(1): 118-120.

Ramli, M. (2012). Media dan Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin : IAIN Antasari Press.

Rifa, I. (2012). Koleksi Games Edukatif di Dalam dan Luar Sekolah. Yogyakarta: Flashbook.

Romlah, Medinda., Kurniah, N, & Wembrayarli. (2016). Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Kegiatan Bermain Sempoa. Jurnal Ilmiah Potensia, 1(2): 72-77.

Sembiring, H., & Nurhayati. (2012). Sistem Informasi Jumlah Angkatan Kerja Menggunakan Visual Basic Pada Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Langkat. Jurnal Kaputama, 5(1): 13-19.

Setiawati, E., Desri, & Solihatulmilah, E. (2019). Permainan Ular Tangga Dalam Meningkatkan Kemampuan Moral Anak. Jurnal PETIK, 5(1): 85-91.

Sudjana, Nana (2011). Media Pengajaran (Penggunaan dan Pembuatannya). Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development). Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2016). Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Suhendrianto (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Monopoli Tematik Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV Min Tegalasri Kec. Wlingi Kab. Blitar. Tesis. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang.

Sujiona, Nuraini Yuliani (2007). Metode Pengembangan Kognitif. Jakarta: UT.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.280

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.