Hubungan antara Reinforcement Positif dengan Disiplin Belajar Siswa Kelas V Pada Mata Pelajaran Matematika di SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima

Maya Mardilla, Darmiany Darmiany, Husniati Husniati

Abstract


Disiplin belajar siswa di beberapa sekolah masih tergolong rendah. Disiplin adalah hal yang sangat penting dan dibutuhkan oleh siswa, karena disiplin merupakan suatu syarat untuk dapat membentuk sikap, perilaku dan tata kehidupan yang akan membawa siswa sukses dalam belajar. Dengan disiplin siswa akan mampu untuk meningkatkan hasil belajarnya dan memperoleh hasil belajar yang lebih baik. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan pemberian reinforcement positif guru dalam bentuk verbal dan non verbal kepada siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN 19 Rabangodu Utara Kota Bima, mendeskripsikan tingkat disiplin belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN 19 Rabangodu Utara Bima, dan mengetahui hubungan antara reinforcement positif dengan disiplin belajar siswa kelas V pada mata pelajaran Matematika di SDN 19 Rabangodu Utara Bima. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V di SDN 19 Rabangodu Utara  Kota Bima, dengan jumlah 85 siswa. Sampel yang digunakan adalah sensus/sampling total, sehingga diperoleh 85 siswa sebagai sampel penelitian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah angket dan dokumentasi. Terdiri dari 2 angket yaitu angket reinforcement positif dan disiplin belajar. Pendeskripsian tingkat reinforcement positif dan disiplin belajar dianalisis menggunakan analisis statistik deskriptif, dan pengujian hipotesis penelitian dianalisis menggunakan rumus pearson porduct moment dengan bantuan program SPSS 23 bit 64. Hasil penelitian menunjukkan (1) tingkat pemberian bentuk reinforcement positif oleh guru berada pada kategori cukup baik dengan persentase 35%; (2) Tingkat disiplin belajar siswa berada pada kategori cukup baik dengan persentase sebesar 34%; (3) Terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara guru memberikan bentuk reinforcement positif dengan disiplin belajar siswa kelas V, hal ini diperoleh dari nila r-hitung 0,508 > r-tabel 0,2013 pada taraf α 5%, serta mempunyai tingkat hubungan yang sedang.


Keywords


Reinforcement Positif, Disiplin Belajar Siswa, SDN 19 Rabangodu Utara.

Full Text:

PDF

References


Asrori, M. (2019). Psikologi Pebelajaran. Bandung: Pt Sandiarta Sukses.

Astuti, W. T., Affandym L, H., & Jiwandono, I, S. (2020). Hubungan Pemberian Penguatan Dengan Keidisplinan Siswa Kelas 3 Sdn Gugus I Kecamatan Kediri. Renjana Pendidikan Dasar. 1(3): 160-165

Hartina (2020). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas Iv Sdn 15 Salolo. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Cokroaminato Palopo: Palopo

Hermanto (2019). Pengaruh Pemberian Hukuman Terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menenganh Atas Negeri 5 Tapung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Pekanbaru: Pekanbaru

Huda, N. (2010). Strategi Pembelajaran. Jakarta: Pt. Multi Kreasi Satudelapan

Indriyani (2019). Hubungan Pemberian Penguatan (Reinforcement) Dengan Motivasi Belajar Pada Mata Pelajaran Pkn Peserta Didik Kelas Iv Min 9 Bandar Lampung. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Universitas Islam Negeri Rasen Intan Lampung: Lampung

Munawwaroh, L. (2018). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Disiplin Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar Se-Gugus 1 Upt Kecamatan Pundong Kabupaten Bantul. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Negeri Yogyakarta: Yogyakarta

Sofyan, Amri (2016). Pengembangan Dan Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustakarya

Syafiruddin, C. R. (2016). Pengaruh Pemberian Penguatan Positif Terhadap Sikap Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Mi Darul Istiqamah Kec. Pattalassang Kab. Gowa. Skripsi. Tidak Diterbitkan. Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan. Uin Alauddin Makassar: Makassar

Sugiyono (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.289

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.