Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik: Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning

Cindy Oktaviana Amri, Abdul Kadir Jaelani, Heri Hadi Saputra

Abstract


Literasi digital adalah keterampilan abad 21 yang diperlukan untuk peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran berbasi e-learning untuk meningkatkan literasi digital peserta didik kelas 5 SDN 7 Ampenan. Metode penelitian menggunakan metode kualitiatif deskriptif. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas 5, Guru dan Kepala Sekolah SDN 7 Ampenan. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan pengecekan keabsahan data. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi e-learning pada SDN 7 Ampenan dilakakukan dalam tiga tahap yang sudah dilaksanakan dengan baik yaitu pemberian informasi dan sosialisasi, persiapan materi pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran e-learning dengan aplikasi WhatsApp Masangger. E-learning terbukti dapat meningkatkan literasi digital peserta didik kelas 5 SDN 7 Ampenan yang ditunjukan dengan peserta didik dapat secara aktif dan antusias memanfaatkan teknologi yang ada untuk belajar dan mengakses informasi yang dibutuhkan. Implementasi e-learning telah memberikan manfaat yang membuat peserta didik dapat menggunakan teknologi yang ada sesuai dengan fungsi dan kegunaanya.

Keywords


literasi digital; e-learning; SDN 7 Ampenan.

Full Text:

PDF

References


Alaby, M. A. (2020). Media Sosial Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Jarak Jauh Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar (Isbd). Ganaya: Jurnal Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 273-289.

Bouhnik, D., Deshen, M., & Gan, R. (2014). Whatsapp Goes To School: Mobile Instant Messaging Between Teachers And Students. Journal Of Information Technology Education: Research, 13(1), 217-231.

Eryansyah, E., Erlina, E., Fiftinova, F., & Nurweni, A. (2019). EFL Students' Needs of Digital Literacy to Meet the Demands of 21stCentury Skills. | IRJE| Indonesian Research Journal in Education|, 442-460.

Ferdiana, S. (2020). Persepsi Mahapeserta didik Tentang Penggunaan Media Daring Pada Program Studi S1 Ilmu Gizi Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Surabaya Selama Masa Pandemi Corona Virus Disease (Covid-19). Indonesian Journal Of Science Learning, 1(1), 5-12.

Hadisaputra, S., Gunawan, G., & Yustiqvar, M. (2019). Effects of Green Chemistry Based Interactive Multimedia on the Students' Learning Outcomes and Scientific Literacy. Journal of Advanced Research in Dynamical and Control Systems (JARDCS), 11(7), 664-674.

Hazmi, H. Y., Tahir, M., & Turmuzi, M. (2021). Implementasi Blended Learning Pada Proses Pembelajaran 4.0 Dalam Rangka Meningkatkan Literasi Digital Peserta Didik Kelas 5 Sdn 5 Cakranegara. Renjana Pendidikan Dasar, 1(2), 109-115.

Liu, Z. J., Tretyakova, N., Fedorov, V., & Kharakhordina, M. (2020). Digital literacy and digital didactics as the basis for new learning models development. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 15(14), 4-18.

Manurung, R. P. (2020). Pemanfaatan Media Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Peserta didik Pada Pembelajaran Jarak Jauh Di Sma Swasta Santo Thomas 2 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: Jppp, 1(3), 239-244.

Octaviani, A., & Rizky, H. S. (2019). Pengaruh Persepsi Mahapeserta didik dan Penerapan E-Learning Terhadap Peningkatan Kualitas Pendidikan Tinggi. ProBank, 4(1), 59-69.

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. (2019). Analisis Literasi Digital Peserta didik Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9-13

Pratama, W. A., Hartini, S., & Misbah, M. (2019). Analisis Literasi Digital Peserta didik Melalui Penerapan E-Learning Berbasis Schoology. Jurnal Inovasi Dan Pembelajaran Fisika, 6(1), 9-13.

Rahmadani, H. (2020). Profil Keterampilan Literasi Digital: Penelitian Survey di SMA IT Al Bayyinah Pekanbaru. Instructional Development Journal, 3(2), 96-103.

Rahmatullah, M. I. (2019). Pengembangan Konsep Pembelajaran Literasi Digital Berbasis Media E-Learning Pada Mata Pelajaran PJOK di SMA Kota Yogyakarta. Journal Of Sport Education (JOPE), 1(2), 56-65.

Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.

Riadil, I. G., Nuraeni, M., Prakoso, Y. M., & Yosintha, R. (2020). Persepsi Guru Paud Terhadap Sistem Pembelajaran Daring Melalui Whatsapp Di Masa Pandemi Covid-19. Paudia: Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 89-110.

Sadat, F. A. (2020). Penggunaan Platform Google Classroom Dan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemic Covid 19. Tsaqafatuna, 2(1), 11-18.

Sahidillah, M. W., & Miftahurrisqi, P. (2019). Whatsapp Sebagai Media Literasi Digital Peserta didik. Jurnal Varidika, 31(1), 52-57.

Shodiq, I. J. F., & Zainiyati, H. S. (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran E-Learning Menggunakan Whastsapp Sebagai Solusi Ditengah Penyebaran Covid-19 Di Mi Nurulhuda Jelu. Al-Insyiroh: Jurnal Studi Keislaman, 6(2), 144-159.

Suryadi, E., Ginanjar, M. H., & Priyatna, M. (2018). Penggunaan Sosial Media Whatsapp Pengaruhnya Terhadap Disiplin Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (Studi Kasus Di Smk Analis Kimia Ykpi Bogor). Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 7(01), 1-22.

Wahyhuningsih (2017). E-Learning Teori dan Aplikasi. Bandung: Informatika Bandung.

Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika Melalui Media Whatsapp Group Ditinjau Dari Hasil Belajar Mahapeserta didik (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 65-74.

Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis penguasaan konsep peserta didik yang belajar kimia menggunakan multimedia interaktif berbasis green chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.




DOI: https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.291

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexing

JIPP's Visitors

Flag Counter

Statistik

Editor's Office

Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan

FKIP Universitas Mataram, Jln. Majapahit no. 62 Mataram 83125, Lombok, NTB Indonesia

 

Creative Commons Licence
This work is licensed under a
Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.