Pengembangan Multimedia Interaktif berbantuan Aplikasi Articulate Storyline dalam Pembelajaran Kimia Kelas XI MIPA SMAN 1 Utan
Authors
Zahratul Munawarah , Burhanuddin Burhanuddin , Baiq Fara Dwirani Sofia , Aliefman HakimDOI:
10.29303/jipp.v6i4.295Published:
2022-01-12Issue:
Vol. 6 No. 4 (2021): DesemberKeywords:
APK, Laju reaksi, Multimedia interaktif, Penelitian pengembanganArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Di era pandemi Covid-19, siswa memerlukan media pembelajaran yang tepat. Salah satunya yaitu memanfaatkan teknologi sebagai pendukung dalam proses pembelajaran dengan mengembangkan media interaktif. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kevalidan dan kepraktisan multimedia interaktif berbentuk APK yang dikembangkan. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 4-D (define, design, develop, dan disseminate), tetapi dengan pertimbangan tertentu penelitian ini dibatasi sampai tahap develop (pengembangan). Sampel yang dibutuhkan sebanyak 20 orang siswa kelas XI MIPA SMAN 1 Utan tahun ajaran 2020/2021yang dipilih secara acak. Instrumen yang digunakan untuk menentukan validitas dan reliabilitas adalah lembar validasi, sedangkan untuk menentukan kepraktisan dari media yang dikembangkan menggunakan angket respon siswa. Berdasarkan perhitungan menggunakan Aiken’s V diperoleh nilai rerata V sebesar 0,86 dan ini termasuk kategori sangat valid, serta diperoleh R sebesar 89,99% yang menunjukkan instrumen tersebut reliabel. Hasil uji kepraktisan diperoleh P (%) sebesar 90%, yang termasuk dalam kriteria sangat praktis. Dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbentuk APK yang dikembangkan pada materi laju reaksi dapat digunakan dalam menunjang proses pembelajaran. Untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat membuat multimedia interaktif berbentuk APK pada materi yang lain.
References
Adawiyah, S. R., Hakim, A., & Hadisaputra, S. (2020). Pengembangan Modul Praktikum Kimia Bahan Alam Berbasis Generik Sains: Isolasi Fenobarbiton dari Kulit Batang Pohon Api-api (Avicennia marina). Chemistry Education Practice, 3(2), 84-90.
Adriani, N., & Sabekti, A. W. (2018). Tingkat Validitas Media Pembelajaran Kimia Berbasis Android. Jurnal Zarah, 6(2), 76-80.
Akbar, T. N. (2016). Pengembangan Multimedia Interaktif IPA Berorientasi Guided Inquiry pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Kelas V SDN Kebonsari 3 Malang. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(6), 1120-1126.
Annisa, A. R., Putra, A. P., & Dharmono, D. (2020). Kepraktisan Media Pembelajaran Daya Antibakteri Ekstrak Buah Sawo Berbasis Macromedia Flash. Quantum: Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 11(1), 72-80.
Apriani, H., & Mashuri, M. T. (2018). Pengaruh Penerapan Peer Assessment Terhadap Kinerja Microteaching Mahasiswa Pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar Kimia. Media Sains, 11(1), 19-24.
Arofah, S., & Rinaningsih, R. (2021). Meta Analisis Efektivitas Multimedia Interaktif untuk Meningkatkan Cognitive Skill Peserta Didik dalam Belajar Kimia. UNESA Journal of Chemical Education, 10(1), 84-93.
Aulia, N., Muhammad, A. S., & Dharmono, D. (2016). Validitas Bahan Ajar Jenis Fitoplankton di Sungai Panjaratan, Kabupaten Tanah Lautpada Konsep Protista SMA Kelas X. In Prosiding Seminar Nasional Lahan Basah (pp. 836-840).
Darnawati, D., Jamiludin, J., Batia, L., Irawaty, I., & Salim, S. (2019). Pemberdayaan Guru Melalui Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif dengan Aplikasi Articulate Storyline. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 8-16.
Efliana, R., & Azhar, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Laju Reaksi Berbasis Inkuiri Terstruktur Kelas XI SMA. Edukimia, 1(2), 53-60.
Firdaus, F. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Bervisi SETS Berbantuan Komputer untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah. Indonesian Journal of Science and Education, 1(1), 17-29.
Firjatillah, M., Junaidi, E., & Hakim, A. (2020). Pengembangan Petunjuk Praktikum Kimia Bahan Alam: Ekstraksi Senyawa Kardol dari Kulit Biji Jambu Mete. Chemistry Education Practice, 3(2), 116-122.
Hadi, N. (2020). Powerspring sebagai Solusi Inovatif Pembelajaran yang Asyik dan Menyenangkan di Rumah Selama Pandemi Covid-19 bagi Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 143-154.
Jusniar, Effendy, Budiasih, E., & Sutrisno. (2019). Pengembangan Desain Strategi Pembelajaran Embe-R (DSP Embe-R) untuk Mencegah Miskonsepsi Siswa Pada Materi Kesetimbangan Kimia. Jurnal Sainsmat, 8(1), 8-28.
Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2020). Respon Siswa terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 4(1), 12-19.
Komarudin & Sarkadi (2017). Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Laboratorium Sosial Politik Press Universitas Negeri Jakarta.
Kosassy, S. O. (2019). Mengulas Model-Model Pengembangan Pembelajaran dan Perangkat Pembelajaran. Jurnal PPKn dan Hukum, 14(1), 152-173.
Nurfajriani, N., Hajar, S., & Halimah, N. (2020). Pengaruh Multimedia Articulate Storyline Berbasis Discovery Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Laju Reaksi. In PROSIDING SEMINAR KIMIA (pp. 75-80).
Panditung, A. R., Yuliana, A., Sukarno & Sukino (2020). Implementasi Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh Era Pandemi Covid-19 di Tingkat SMA. Edudikara: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(4), 231-240.
Putri, D. P. E., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Kimia Berbasis Android Menggunakan Prinsip Mayer Pada Materi Laju Reaksi. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(1), 38-47.
Rahmat, R., & Irfan, D. (2019). Rancang Bangun Media Pembelajaran Interaktif Komputer dan Jaringan Dasar Di SMK. VoteTEKNIKA: Jurnal Vocational Teknik Elektronika dan Informatika, 7(1), 48-53.
Ramdani, A., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Android pada Masa Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(3), 433-440.
Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian (Panduan Peneliti, Mahasiswa, dan Psikometrian). Yogyakarta: Parama Publishing.
Riduwan (2006). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alfabeta.
Syabri, K. I., & Elfizon, E. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Software Articulate Storyline pada Pembelajaran Dasar Listrik Elektronika. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 1(1), 95-99.
Widi, R. (2011). Uji Validitas dan Reliabilitas dalam Penelitian Epidemiologi Kedokteran Gigi. Stomatognatic (JKG Unej), 8(1), 27-34.
Wijanarko, H. (2016). Penerapan Media Windows Movie Maker & Modul terhadap Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung Siswa Kelas X-Kk SMK Negeri 2 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 2(2/JKPTB/16), 206-212.
Yanti, H., Wahyuni, S., Maryani, & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Multimedia Interaktif Disertai Drills pada Pokok Bahasan Tekanan di SMP. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 348-355.
Yumini, S., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Articulate Storyline pada Mata Diklat Teknik Elektronika Dasar Di SMK Negeri 1 Jetis Mojokerto. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 845-849.
Yustiqvar, M., Hadisaputra, S., & Gunawan, G. (2019). Analisis Penguasaan Konsep Siswa yang Belajar Kimia Menggunakan Multimedia Interaktif Berbasis Green Chemistry. Jurnal Pijar Mipa, 14(3), 135-140.
Zakirman, Z., & Hidayati, H. (2017). Praktikalitas Media Video dan Animasi dalam Pembelajaran Fisika di SMP. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(1), 85-93.