Keterlibatan Orang Tua dalam Pendampingan Belajar Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 di SDN 1 Bodak Tahun Ajaran 2020/2021
Authors
Baiq Fitria Dewi , A. Hari Witono , Safruddin SafruddinDOI:
10.29303/jipp.v6i4.301Published:
2021-12-30Issue:
Vol. 6 No. 4 (2021): DesemberKeywords:
Keterlibatan orang tua, pendampingan belajar, masa pandemi covid-19Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh perubahan metode pembelajran yang terjadi di masa pandemic covid-19 yang dilakukan secara daring yang dilakukan secara daring sehingga berdampak pada aktivitas pembelajaran yang mengharuskan siswa memahami materi pelajaran scecara mandiri dan terjadinya berbagai kesulitan belajar yang dialami siswa, untuk itu diperlukan keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar untuk mengatasi kesulitan belajar tersebut. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar siswa di masa pandemic covid-19 di SDN 1 Bodak. Metode dalam peneliitan ini yaitu metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diantaranya terdiri dari orangtua wali murid dan siswa di lingkungan SDN 1 Bodak. Teknik pengumpulan data meliputi tiga metode yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data meliptui tiga tahap yaitu reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan orangtua dalam pendampingan belajar siswa di masa pandemic covid-19 di SDN 1 Bodak terkait 3 hal yaitu 1) Membantu anak dalam mengembangkan kognitif yaitu mendampingi anak dalam hal belajar, mengerjakan tugas, membaca, menggambar, dan mendengar atau menyimak anak saat menghafal. 2) Membantu anak dalam menumbuh kembangkan afektif yaitu menumbuh kembangkan sikap siswa kepada guru, lingkungan, dan mendampingi anak dalam bermain. 3) Menumbuh kembangkan psikomotorik yaitu memberi semangat atau pujian kepada anak untuk terus belajar, mengembangkan bakat yang dimiliki anak, dan mengontrol anak berhubungan atau berkomunikasi dengan guru.
References
Ahsani, E. L. F. (2020). Strategi Orang Tua dalam Mengajar dan Mendidik Anak dalam Pembelajaran at The Home Masa Pandemi Covid-19. STAINU Purworejo: JurnalAl-Athfal, 3(1), 37–46.
Akbar, Almas (2011). Peran Orang tua dalam Pendampingan Anak.http://almasakbar45. Blogspot.com//2011/peran-orang tua- dalam-pendampingan-anak.
Depdiknas (2003). Undang-Undang RI No.20 Tahun 2003.Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Emi, Rosalia (2013). Menjadi Ortu Cerdas Tips Mendampingi Anak Belajar. Penerbit Kanisius.
Hamalik, Oemar (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Heriyani (2010). Peran Orang Tua dalam Membimbing Belajar Anak Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas IV MI Ma’arif Banjar Parakan Kecamatan Rawalo Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2009/2010. Purwokerto: Jurusan Pendidikan Agama Islam STAIN Purwokerto.
Ibrahim (2012). Makalah Pengaruh Bimbingan Orang tua terhadap Belajar Anak. Makalahmajjannaii.blogspot.com/…/pengaruh-bimbingan-orang tua-terhadap-prestasi-belajar-anak.
Khairani, Wardina (2019). Peran Orang tua Terhadap Penggunan Media Internet Dalam Perilaku Keagamaan Anak (Studi pada Keluarga Muslim di Kelurahan Bandar Jaya Barat Kecamatan Terbanggi Besar). Lampung: Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam UIN Raden Intan Lampung.
Kuntarto Eko (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia di Perguruan Tinggi.
Milles, Metthew B., dan Hubarman, A. Michael. (2014). Qualitative Data Analisys, Diterjemahkan oleh Tjecep Rohendi, Analisis Data Kualitatif Buku Tentang Metode-metode Baru Cet. I; Jakarta: UI Press.
Moleong, Lexy J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ni'mah (2016). Peranan Orang Tua dalam Membimbing Anak Untuk Melaksanakan Sholat Lima Waktu di Lingkungan Pasar Kahayan Palangka Raya (Studi Terhadap Lima Kepala Keluarga yang Berprofesi sebagai Pedagang). Palangka Raya: JurusanPendidikan Agama Islam IAIN Palangka Raya.
Sugiyono (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, R & D. Bandung: CV Alfabeta.
Sukmadinata, Nana Syaodih (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya
Trianto (2010). Pengantar Penelitian Pendidikan Bagi Pengembangan Profesi Pendidikan dan Tenaga Kependidikan, Cet. I; Jakarta: Kencanas