Pengaruh Model Project Based Learning Berbantuan Media Quipper School Terhadap Prestasi Belajar Kognitif Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Jonggat
Authors
Vivi Safitri , Sukardi Sukardi , Nursaptini Nursaptini , Ni Made Novi SuryantiDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3258Published:
2025-05-31Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Prestasi belajar kognitif, Project Based Learning, Quipper SchoolArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada atau tidaknya pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media Quipper School terhadap prestasi belajar kognitif siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data yaitu instrumen evaluasi tes atau posttest only with non-equivalent control group design berupa soal e. Populasi penelitian terdiri dari kelas XI F3 sebanyak 28 siswa, kelas XI F4 sebanyak 27 siswa, dan kelas XI F5 sebanyak 27 siswa. Penentuan kelas kontrol dan kelas eksperimen menggunakan teknik purposive sampling yang sebelumnya dilakukan dengan class matching. Diperoleh hasil bahwa kelas XI F4 merupakan kelas eksperimen dan kelas XI F5 merupakan kelas kontrol, sedangkan kelas XI F3 merupakan kelas uji coba lapangan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 1 Jonggat. Dari hasil penelitian diperoleh nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan mean kelas eksperimen (75,04) > mean kelas kontrol (59,00) yang berarti menunjukkan adanya pengaruh penggunaan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media Quipper School terhadap prestasi belajar kognitif sosiologi siswa kelas XI SMAN 1 Jonggat.
References
Aini, Q., Lesmono, A. D., & Wahyuni, S. (2018). Hasil Belajar, Minat dan Kreativitas Siswa SMA pada Pembelajaran Fisika Menggunakan Model Project Based Learning dengan Memanfaatkan Bahan Bekas. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(1), 1–7. https://doi.org/10.19184/jpf.v7i1.7218
Dakhi, A. S. (2020). Peningkatan hasil belajar siswa. Jurnal Education and development, 8(2), 468-468.
Desnylasari, E., Mulyani, S., & Mulyani, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning Pada Materi Termokimia Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Kimia, 5(1), 134-142.
Dewi, I. R. (2019). Peningkatan prestasi belajar melalui strategi project-based learning mata pelajaran sosiologi SMA. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian dan Kajian Pendidikan Islam, 9(2), 75-87.
El Hawa, E., Sukardi, S., Wahidah, A., & Suryanti, N. M. N. (2023). PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA SEBAGAI PENGARUH DARI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PODCAST. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4959-4969.
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2), 201–212.
Hayati, W. I., Utaya, S., & Astina, I. K. (2016). Efektivitas Student Worksheet Berbasis Project Based Learning dalam Menumbuhkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Mata Pelajaran Geografi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(3), 468-474. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187
Hutapea, J., & Simanjuntak, M. P. (2017). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil belajar siswa SMA. Jurnal Inovasi Pembelajaran Fisika (INPAFI), 5(1), 48-55.
Insyasiska, D., Zubaidah, S., & Susilo, H. (2017). Pengaruh Project Based Learning terhadap motivasi belajar, kreativitas, kemampuan berpikir kritis, dan kemampuan kognitif siswa pada pembelajaran biologi. Jurnal Pendidikan Biologi, 7(1), 9-21.
Khairna, V. P., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Aplikasi Model Project Based Learning Berbantuan Media Vlog terhadap High Order Thinking Skill pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 157-167.
Khoiri, N., Marinia, A., & Kurniawan, W. (2016). Keefektifan model pembelajaran pjbl (project based learning) terhadap kemampuan kreativitas dan hasil belajar siswa kelas xi. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 7(2).
Kusuma, P. S., Chamisijatin, L., & Widodo, N. (2015). Pengaruh Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 4 Pasururan. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Biologi.
Lukman, L. A., Martini, K. S., & Utami, B. (2015). Efektivitas Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai Media Mind Mapping Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Pokok Sistem Koloid Di Kelas XI IPA SMA Al Islam 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 113-119.
Murdani, M. H., Sukardi, S., & Handayani, N. (2022). Pengaruh model Problem Based Learning dan motivasi terhadap hasil belajar siswa. Jurnal ilmiah profesi pendidikan, 7(3c), 1745-1753.
Ningsih, N. L. P. R., Darsana, I. W., & Abadi, I. G. S. (2018). Korelasi Antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar IPS. Mimbar PGSD Undiksha, 6(3), 202-209.
Norhasanah, N., Jamal, M. A., & Suyidno, S. (2013). Meningkatkan hasil belajar siswa kelas x-1 sma negeri 12 banjarmasin melalui penerapan model pengajaran langsung pada pokok bahasan gerak melingkar. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika, 1(2), 151-158.
Noviyana, H. (2017). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika Siswa. JURNAL e-DuMath, 3(2).
Pratama, H., & Prastyaningrum, I. (2016). Pengaruh model pembelajaran Project Based Learning berbantuan media pembelajaran pembangkit listrik tenaga mikrohidro terhadap kemampuan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Fisika Dan Aplikasinya (JPFA), 6(2), 44-50.
Pratiwi, I. A., Ardianti, S. D., & Kanzunnudin, M. (2018). Peningkatan kemampuan kerjasama melalui model Project Based Learning (PjBL) berbantuan metode edutainment pada mata pelajaran ilmu pengetahuan sosial. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 8(2).
Rezeki, R. D., Nurhayati, N. D., & Mulyani, S. (2015). Penerapan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Disertai dengan Peta Konsep untuk Meningkatkan Prestasi dan Aktivitas Belajar Siswa pada Materi Redoks Kelas X-3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(1), 74-81.
Salam, M., Ibrahim, N., & Sukadjo, M. (2019). The effect of learning model and spatial intelligence on learning outcome. Advances in Social Science, Education and Humanities Research (ASSEHR), 227 (307-310).
Saraswati, L. C., Sugihartini, N., & Pradnyana, I. M. A. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-Learning Quipper School terhadap Hasil Belajar Lintas Minat Biologi pada Siswa Kelas X Bahasa Semester Genap di SMA Negeri 1 Sawan. KARMAPATI (Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika), 7(3), 202-213.
Siagian, H., Pangaribuan, J. J., & Silaban, P. J. (2020). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar Matematika siswa di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1363-1369.
Surahmadi, B. (2016). Pengaruh Media Pembelajaran Virtual Berbasis Quipper School Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil belajar Peserta didik Kelas VIII SMP N 1 Temanggung. Unnes Science Education Journal, 5(1).
Tobamba, E. K., Siswono, E., & Khaerudin, K. (2019). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ips Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. Taman Cendekia: Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 3(2), 372-380.
Ulfah, K. R., Santoso, A., & Utaya, S. (2016). Hubungan motivasi dengan hasil belajar ips. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1(8), 1607-1611.
Yulius, Slamet (2008). Pengantar Penelitian Kuantitatif. Surakarta: UNS Press.
License
Copyright (c) 2025 Vivi Safitri, Sukardi Sukardi, Nursaptini Nursaptini, Ni Made Novi Suryanti

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.