Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase B Menggunakan Model CIPP di SD Negeri Kaliwungu 04
Authors
Paulina Widya Wardani , Agustina Tyas Asri HardiniDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3319Published:
2025-05-05Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Evaluasi Program; Model CIPP; Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5)Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Profil Pelajar Pancasila diformulasikan dari tujuan pendidikan nasional Indonesia. Pelajar Pancasila adalah peserta didik yang kepribadiannya seluruhnya berlandaskan falsafah Pancasila atau nilai-nilai sila Pancasila. Saat menerapkan kurikulum merdeka, siswa secara alami diharuskan membuat atau menyelesaikan projek melalui kegiatan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi konteks, masukan, proses, dan produk dari program P5 di SD Negeri Kaliwungu 4. Menggunakan jenis penelitian evaluatif dengan model CIPP (Context, Input, Process, and Product) yang dikembangkan oleh Stufflebeam. Penelitian dilaksanakan di SD Negeri Kaliwungu 04 dengan subjek yaitu Kepala Sekolah, Guru, Penjaga Sekolah, dan Peserta didik dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumen dengan teknik Analisa data yaitu reduksi data, data display¸dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian didapatkan hasil jika program P5 sudah berjalan dengan kategori baik dari segi konteks, input, proses, dan produk namun masih membutuhkan beberapa pengoptimalan untuk sekolah dalam menciptakan kondisi lingkungan sekolah yang mendukung program P5.
References
Arzfi, B. P., Montessori, M., & Rusdinal, R. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pembentuk Pendidikan Karakter Dalam Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 5(2), 747-753.
Asriadi, A., Nur, M. A., Sukaria, M. I., Rosmala, R., & Hafid, A. (2024). Pendampingan Implementasi Penguatan Proyek Profil Pelajar Pancasila (P5) Untuk Meningkatkan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. KHIDMAH: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 51-55.
Barlian, U. C., & Solekah, S. (2022). Implementasi kurikulum merdeka dalam meningkatkan mutu pendidikan. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2105-2118.
Dalmia, D., & Alam, F. A. (2021). Evaluasi program model context dan input dalam bimbingan konseling. Jurnal Bimbingan Konseling dan Psikologi, 1(2), 111-124.
Damayanti, I., & Al Ghozali, M. I. (2023). Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Sebagai Program Kokurikuler Di Jenjang Sekolah Dasar. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(2), 789-799
Darmayanti, Stovika Eva, and Udik Budi Wibowo. "Evaluasi program pendidikan karakter di sekolah dasar Kabupaten Kulon Progo." Jurnal Prima Edukasia 2.2 (2014): 223-234.
Devi, M. Y., Hidayanthi, R., & Fitria, Y. (2022). Model-model evaluasi pendidikan dan model sepuluh langkah dalam penilaian. Jurnal Basicedu, 6(1), 675-683.
Ds, Yulistina Nur. "EVALUASI PROGRAM PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR ISLAM TERPADU." Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 6.2 (2021): 161-174.
Fatah, M. A., & Zumrotun, E. (2023). Implementasi Projek P5 Tema Kewirausahaan Terhadap Kemandirian Belajar Di Sekolah Dasar. Attadrib: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 6(2), 365-377
Fitriya, Y., & Latif, A. (2022, November). Miskonsepsi guru terhadap implementasi proyek penguatan profil pelajar pancasila di sekolah dasar. In Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung IV (Vol. 4, No. 1).
Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi Project Based Learning Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659-1669.
Hasanudin, C., Wagiran, W., & Subyantoro, S. (2021). Evaluasi perkuliahan daring keterampilan menulis selama masa pandemi Covid-19 dengan model evaluasi CIPP. Jurnal Pendidikan Edutama, 8(2), 27-38
Hernawan, A. H., & Mulyati, T. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di Sekolah Dasar dalam Mengembangkan Profil Pelajar Pancasila. Jurnal Elementaria Edukasia, 6(3), 1290-1299.
Indrianti, M. W. R., Rulviana, V., & Budyartati, S. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam penanaman nilai karakter siswa kelas IV SDN 4 Kedung Banteng Kabupaten Ponorogo. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 1177-1189.
Jaya, I. K. M. A., Yogantara, I. W. L., & Sintiawati, N. L. D. (2024). Evaluasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di Sekolah Dasar Menggunakan Model CIPP. Elementary: Jurnal Iilmiah Pendidikan Dasar, 10(2), 11-27.
Kholidah, L. N., Winaryo, I., & Inriyani, Y. (2022). Evaluasi Program Kegiatan P5 Kearifan Lokal Fase D di Sekolah Menengah Pertama. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(6), 7569-7577.
Khomsariyani, E., Alfarisa, F., & Robiansyah, F. (2024). Evaluasi Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Model CIPP pada Sekolah Dasar di SD IT Bina Bangsa. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 11(2), 315-332.
Masri, M., Rusdinal, R., & Gistituati, N. (2024). Implementasi kebijakan pendidikan kurikulum merdeka belajar. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 8(4), 347-352.
Mualifa, L., Wardhani, P. A., & Wardatussa'idah, I. (2024). Evaluasi Program Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Aksi Detektif Lingkungan Di Kelas 4 Sdn Cilangkap. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(2), 653-633.
Mulyani, S., Nurmeta, I. K., & Maula, L. H. (2023). Analisis implementasi profil pelajar pancasila di sekolah dasar. Jurnal Educatio FKIP Unma, 9(4), 1638-1645.
Muryadi, A. D. (2017). Model evaluasi program dalam penelitian evaluasi. Jurnal Ilmiah Penjas (Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran), 3(1).
Ni'mah, A., Salim, A., & Sufyadi, S. EVALUASI PROGRAM P5 MENGGUNAKAN GOAL ORIENTED EVALUATION MODEL (GOEM) DI SMP NEGERI 1 BANJARMASIN. EDUTECH, 23(2), 144-154.
Pramesti, A., Evangelyne, G., & Krulbin, A. N. (2024). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dalam Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 8-8.
Rachma, F., Nurussyahadah, S., Herliany, S. D., & Azzahra, B. I. (2024). EVALUASI IMPLEMENTASI PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) PADA KURIKULUM MERDEKA DI TINGKAT SEKOLAH DASAR. Sindoro: Cendikia Pendidikan, 9(4), 61-70.
Rachmawati, N., Marini, A., Nafiah, M., & Nurasiah, I. (2022). Projek penguatan profil pelajar pancasila dalam impelementasi kurikulum prototipe di sekolah penggerak jenjang sekolah dasar. Jurnal basicedu, 6(3), 3613-3625.
Rizal, Y. K., & Nur, L. (2024). Implementasi program P5 dalam menumbuhkan nilai-nilai kearifan lokal. Jurnal Penelitian Pendidikan, 24(2), 227-237.
Sari, A. P., Zumrotun, E., & Sofiana, N. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) di Sekolah Dasar. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, 12(2), 65-75.
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Projek Penguatan. PANDUAN PENGEMBANGAN Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, 137.
Septiany, S., Darmayanti, M., & Hendriani, A. (2024). Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) sebagai Upaya Penguatan Karakter Siswa Sekolah Dasar: Implementasi dan Tantangan. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 12(2), 170-189.
Sulistiyaningrum, T., & Fathurrahman, M. (2023). Implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila (p5) pada kurikulum merdeka di SD nasima kota semarang. Jurnal Profesi Keguruan, 9(2), 121-128.
Utami, T. Y., & Hardini, A. T. A. (2024). Evaluasi Program Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Fase B di SD Negeri Kalicacing 02 Salatiga. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 7769-7780.
Wirawan, 2012. Evaluasi Teori, Model, Standar, Aplikasi dan Profesi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada. 7 Wirawan, 2012. Model-model Evaluasi. https://tepenr06.wordpress.com/2012 /10/02/model-modelevaluasiprogram/ (Diakses pada Minggu 14 Oktober 2018, pukul 11.14)
Yuliani, Wiwin. “METODE PENELITIAN DESKRIPTIF KUALITATIF DALAM PERSPEKTIF BIMBINGAN DAN KONSELING.” QUANTA, vol. 2, no. 2, 1 Feb. 2018, pp. 83–91, e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/quanta/article/view/1641, https://doi.org/10.22460/q.v2i2p83-91.1641. Accessed 24 June 2021.
Zulfikar, M., & Nisa, A. F. (2023, August). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan Kelas VI SD Negeri Karangwuluh. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar ISSN: XXXX-XXXX (Vol. 1, pp. 515-527).
License
Copyright (c) 2025 Paulina Widya Wardani, Agustina Tyas Asri Hardini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.