Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Question Box Terhadap Pemahaman Konsep IPA Kelas V SDN 39 Ampenan
Authors
Hety Heni Handayani , Siti Rohana Hariana Intiana , Hasnawati HasnawatiDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3350Published:
2025-04-30Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Teams Games Tournament, Question Box, Pemahaman Konsep IPAArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Tingkat pemahaman konsep siswa yang baik terhadap materi pelajaran akan membantu memudahkan siswa dalam kemampuan memahami konsep berikutnya. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model TGT berbantuan question box terhadap pemahaman konsep IPA kelas V SDN 39 Ampenan. Penelitian ini menggunakan jenis Quasi Eksperimen tipe Nonequivalent Control Group Design. Populasi berjumlah 49 siswa yang terdiri menjadi 2 kelas yaitu V-A dan V-B. Pemilihan sample menggunakan teknik sampel jenuh dimana kelas V-A berjumlah 25 siswa sebagai eksperimen dan V-B berjumlah 24 siswa sebagai kontrol. Teknik pengumpulan data yaitu teknik tes berupa tes pemahaman konsep dan non tes berupa observasi. Data hasil observasi di analisis menggunakan persentase, diperoleh rata-rata 89,285% yang menunjukkan keterlaksanaan pembelajaran model TGT berbantuan question box pada kategori sangat baik. Data hasil tes digunakan untuk uji hipotesis menggunakan uji t. Namun sebelum dilakukan uji t terlebih dahulu dilakukan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil uji normalitas pretest eksperimen nilai sig. 0,091 lebih besar dari 0,05 dan pretest kontrol memperoleh nilai sig. 0,115 lebih besar dari 0,05 sedangkan posttest eksperimen nilai sig. 0,081 lebih besar 0,05 dan posttest kontrol nilai sig. 0,260 lebih besar dari 0,05 disimpulkan data berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas pretest nilai sig. 0,744 lebih besar dari 0,05 dan untuk posttest nilai sig. 0,133 lebih besar dari 0,05 sehingga data homogen. Data hasil tes untuk uji hipotesis menggunakan uji t diperoleh nilai t hitung 2,449 > t tabel 2,011 dan sig. 0,018 < 0,05 artinya Ha diterima dan Ho ditolak ini menunjukkan ada perbedaan dari kedua kelas setelah diberikan perlakuan sehingga disimpulkan terdapat pengaruh model TGT berbantuan question box terhadap pemahaman konsep IPA kelas V SDN 39 Ampenan.
References
Aen, R., & Kuswendi, U. (2020). Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA Siswa SD Menggunakan Media Visual Berupa Media Gambar Dalam Pembelajaran IPA. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(3), 99-103.
Afifah, AY., Ysh, S., & Mudzanatun, M. (2020). Keefektifan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Tematik Siswa Kelas III SD. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 3(3), 449-458.
Ajiba, I. D., Hakim, L., Nindiati, D. S., & Winarno, N. (2025). Efektivitas Model TGT Berbantuan Question Box terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SDN 19 Palembang. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 10(1), 165-171.
Arianty, M., Suparman, T., & DS, Y. N. (2020). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap pemahaman konsep IPA kelas V sekolah dasar. Indonesian Journal of Primary School Education, 1(1), 159-167.
Azira, A. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Bermediakan Questions Box terhadap Hasil Belajar IPA. Journal for Lesson and Learning Studies, 1(3), 204-213.
Firdausichuuriyah, C., Nasrudin, H., Kimia, J., & Surabaya, F. N. (2017). Keterlaksanaan Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Materi Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit Kelas X SMAN 4 Sidoarjo. UNESA Journal of Chemical Education, 6(2), 184-189.
Harefa, D., Sarumaha, M., Fau, A., Telaumbanua, T., Hulu, F., Telambanua, K., ... & Ndraha, L. D. M. (2022). Penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap kemampuan pemahaman konsep belajar siswa. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), 325-332.
Herlina, M., Sulaiman, E., & Widiastuti, R. (2019). Teams Games Tournament (TGT) dengan media. Jurnal IPA Terpadu, 3(1), 84-94.
Mahadewi, L. P. P., & Japa, I. G. N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) BERM Bermediakan Questions Box terhadap Hasil Belajar IPA. Mimbar Ilmu, 24(1), 73-82. Doi: 10.23887/mi.v24i1.17453.
Mukhbitah, I., Mulyasari, E., & Robandi, B. (2019). Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman konsep IPA di kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(2), 312-321.
Mukhlisa, N. (2021). Miskonsepsi pada peserta didik. SPEED Journal: Journal of Special Education, 4(2), 66-76.
Nasar, A., Saputra, D. H., Arkaan, M. R., Ferlyando, M. B., Andriansyah, M. T., & Pangestu, P. D. (2024). Uji Prasyarat Analisis. Jurnal Ekonomi dan Bisnis, 2(6), 786-799.
Nasriyanti, R., Cahyaningsih, U., & Nahdi, D. S. (2021). Pentingnya Model CORE Terhadap Pemahaman Konsep Pada Mata Pelajaran IPA. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 3, pp. 104-110).
Novitasari, F. (2023, November). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru (Vol. 1, No. 2, pp. 1506-1517).
Nurma'ardi, H. D., Oktaviani, A. M., & Rokmanah, S. (2022). Penerapan model pembelajaran Discovery Learning terhadap pemahaman konsep IPA siswa sekolah dasar. Jurnal Pelita Calistung, 3(02), 45-54.
Paramitha, A. A. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran TGT berbantuan media question box terhadap hasil belajar IPA kelas IV SD. Journal of Instructional and Development Researches, 2(2), 79-87.
Purwantini, J., Wiarta, I. W., & Putra, I. K. A. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Tipe TGT Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd No. 9 Jimbaran. Mimbar PGSD Undiksha, 1(1).
Putri, D. R., & Dedy, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Question Box Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 4 Pedamaran. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(3), 1099-1109. Doi: 10.36989/didaktik.v9i3.1578.
Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Pendidikan, Sains Sosial, Dan Agama, 8(1), 386-397.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. In Bandung: CV. Alfabeta.
Sulaiman, A., Rahmawati, F., & Pradanti, P. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Q-Cardsox terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII. Jurnal Tadris Matematika, 7(1), 91-104. Doi: 10.21274/jtm.2024.7.1.91-104.
Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis Tingkat Pemahaman Konsep IPA Siswa Kelas V SDN Gugus V Kecamatan Cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686-690. Doi: 10.29303/jipp.v6i4.317.
Sya'adah, U., Sutrisno, S., & Happy, N. (2023). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Kartu Soal Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa. AKSIOMA: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 14(2), 147-158.
License
Copyright (c) 2025 Hety Heni Handayani, Siti Rohana Hariana Intiana, Hasnawati Hasnawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.