Penerapan Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnosains Jayapura Terhadap Penguasaan Konsep dan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Authors
Jan Pieter , Putu Victoria M. Risamasu , I Wayan GunadaDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3385Published:
2025-05-20Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Berpikir kritis IPA, CTL, etnosains JayapuraArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Peserta didik yang kehidupan kesehariannya hidup dalam adat dan budaya yang kental dan dominan memerlukan mediasi dalam pembelajaran di kelas, salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah penerapan etnosains dalam pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk memadupadankan etnosains Jayapura dengan pelajaran IPA dalam bentuk model pembelajaran Contextual Teaching and Learning dan melihat pengaruhnya terhadap penguasaan konsep dan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Metode penelitian yang dipergunakan adalah metode ekperimen dengan model penelitian adalah jenis penelitian kuantitatif dengan Quasi Eksperimental design dengan tipe desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VII di SMP Negeri 13 Jayapura, dan sampel adalah siswa kelas VII A dan VII B. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen angket dan instrumen evaluasi hasil belajar IPA. Analisis data menggunakan analisis N-Gain (Hake, 1999) dan analisis regresi dengan menggunakan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL berbasis etnosais Jayapura terbukti meningkatkan penguasaan konsep peserta didik pada materi Struktur dan lapisan bumi, ditemukan peningkatan N-gain sebesar 0,62 (kategori sedang) pada kelompok eksperimen dimana lebih tinggi dibandingkan pada kelas kontrol dengan nilai gain 0,13 (kategori rendah), selanjutnya hasil uji regresi menunjukkan nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,003 < 0,005, sehingga disimpulkan terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran CTL berbasis etnosain Jayapura terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik.
References
Altan, Esra Bozkurt, Nurhan Ozturk, & Ayse Yenilmez Turkoglu. (2018). “Socio-Scientific Issues as a Context for STEM Education: A Case Study Research with Pre-Service Science Teachers.” European Journal of Educational Research 7(4): 805–12.
Amelia, O., Sundari, P. D., Mufit, F., & Dewi, W. S. (2024). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul dengan Pendekatan Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep pada Materi Energi Terbarukan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 34–39. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.1849
Ariningtyas, Wardani, & Mahatmanti (2017). Efektivitas Lembar Kerja Siswa Bermuatan Etnosains Materi Hidrolisis Garam untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMA. Journal of Innovative Science Education. 6(2).
Dewi, N.P.F.V., Dante, N., & Gunamatha, I. M., (2023) Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnosains terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA Siswa. PENDASI - Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 7 (2). https://doi.org/10.23887/jurnal_pendas.v7i2.2393.
Fauziah, Rosynanda Nur, & Abu Yazid Raisal. (2022). “Development of Multiple Representation Based E-Moduls to Improve Abstract Thinking Skills Physics of High School Students.” Jurnal Pendidikan Fisika 11(2): 122.
Haryanti, Y. D. (2017). Model Problem Based Learning Membangun Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v3i2.596
Hasanah, Naimah, Sahyar, & Derlina (2021). “Ethnophysical Integration in Cooperative Learning Based on Batak Culture to Improve Generic Skills of Science (GSS) and Student Teamwork.” Jurnal Pendidikan Fisika 10: 67–71. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf.
Lia, Udaibah, & M. (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Kimia Berorientasi Etnosains dengan Mengangkat Budaya Batik Pekalongan. Unnes Science Education Journal, 5(3), 1418–1423.
Lubis, Silvi Puspa Widya, I. Gusti Putu Suryadarma, Paidi, & Bagus Endri Yanto. (2022). “The Effectiveness of Problem-Based Learning with Local Wisdom Oriented to Socio-Scientific Issues.” International Journal of Instruction 15(2): 455–72.
Masrinah, E. N., Aripin, I., Gaffar, A. A., & Majalengka, U. (2019). Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis. Seminar Nasional Pendidikan, 924–932.
Ningrum, A. W., & Murti, R. C. (2023). Contextual Learning Models in Improving Elementary School Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 9(5), 48–53. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i5.2360
Nonita, E. S., Nurhasanah., & Jaelani, A, K. (2021). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Muatan IPS Siswa Kelas VI Di SDN 10 Mataram Tahun Ajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 314-320. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.245
Nuryanto., Utami, B., & Nugroho, A. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Dilengkapi Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar. jurnal.fkip.uns.ac.id, 4(4), 87– 94. http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/kimia/article/view/6610
Pieter, J., & Risamasu, P. V. M. (2024). Integrating Ethnoscience in Physics Teaching Materials and its Impact on Student’s Science Process Skills and Mastery Concept. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(6), 2948–2955. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i6.7210
Pieter, J., & Risamasu, P.V.M. (2025). Konsep-Konsep Fisika dalam Permainan Tradisonal Anak di Papua. Purbalingga Jawa Tengah: CV. Eureka Media Aksara.
Rahayu, W. E. (2015). Pengembangan Modul IPA Terpadu Berbasis Etnosains Tema Energi dalam Kehidupan untuk Menanamkan Jiwa Konservasi Siswa. USEJ - Unnes Science Education Journal, 4(2). https://doi.org/10.15294/usej.v4i2.7943
Risamasu, P. V. M., & Pieter, J. (2024). Implementation of Project Based Learning based on Local Wisdom in Port Numbay Papua and its Impact on Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 10(12), 10917–10925. https://doi.org/10.29303/jppipa.v10i12.9671
Risamasu, P. V. M., Pieter, J., & Gunada, I. W. (2023). Rekonstruksi Pengetahuan Sains Ilmiah Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat di Pinggiran Danau Sentani Jayapura. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2687–2695. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1866
Risamasu, P.V. M., Pieter, J., & Gunada, I. W. (2023). Rekonstruksi Pengetahuan Sains Ilmiah Berbasis Kearifan Lokal Masyarakat di Pinggiran Danau Sentani Jayapura. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8 (4): 2687 – 2695. https://doi.org/10.29303/jipp.v8i4.1866.
Rosyidah, S. & Sudarmin (2013). Pengembangan Modul IPA Berbasis Etnosains Zat Aditif dalam Bahan Makanan untuk Kelas VIII SMP Negeri 1 Pegandon Kendal. USEJ - Unnes Science Education Journal, 2(1), 133–139. https://doi.org/10.15294/usej.v2i1.1765
Sugiyono (2015). Metode Pengembangan Kuantitatif, Kualitatif, dan RnD. Bandung: Alfa Beta.
Suryani, S., H, E. H. W., & Dewi, L. R. (2018). Penggunaan Sego Megono pada Pembelajaran Matrei Spermatophita Berbasis Etnosains untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Literasi Sains Siswa SMA Negeri 1 Subah. Seminar Nasional Sains Dan Enterpreneurship, 96–101.
Temuningsih, P., & Masrianti (2017). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Berpendakatan Etnosains pada Materi Sistem Reproduksi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Journal of Biology Education. 6(1), 70–79.
Toni, H., Kosim, K., & Ardhuha, J. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Model Contextual Teaching and Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2c), 913–920. https://doi.org/10.29303/jipp.v7i2c.621
Wahyu, Y., Suastra, I. W., Sadia, I. W., & Suarni, N. K. (2020). The Effectiveness of Mobile Augmented Reality Assisted STEM-Based Learning on Scientific Literacy and Students’ Achievement. International Journal of Instruction, 13(3), 343-356. https://doi.org/10.29333/iji.2020.13324a
Yusuf, M. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Jakarta: Kencana.
License
Copyright (c) 2025 Jan Pieter, Putu Victoria M. Risamasu, I Wayan Gunada

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.