Penggunaan Video Tutorial Untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Tentang Teknik Pewarnaan Digital Dengan Aplikasi Ibis Paint Pada Mata Pelajaran Desain
Authors
Alimah Rahayu , Agus Hery Supadmi Irianti , Bhindri Sulistyaningwati , Adila Apriliyanawati , Alvi Anggraini HariantoDOI:
10.29303/jipp.v10i3.3469Published:
2025-07-18Issue:
Vol. 10 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Video tutorial, Pemahaman siswa, Teknik pewarnaan digital, Aplikasi ibis paintArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Latar belakang penelitian ini didasarkan pada hasil observasi selama di kelas, yang menunjukkan bahwa siswa belum menguasai teknik pewarnaan digital secara optimal yang dimana ditandai dengan desain yang dibuat masih menggunakan warna blok tanpa efek gelap (shading) atau terang (highlight) untuk memberikan kesan realistis. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan media belajar berupa video tutorial terutama dalam pewarna digital pada pembuatan desain busana dengan aplikasi desain digital Ibis Paint dan menguji keberhasilannya untuk meningkatkan pemahaman siswa di kelas XII melalui respon siswa. Metode dalam penelitian ini mempergunakan jenis penelitian pengembangan dengan model ADDIE dan dilaksanakan pada siswa kelas XII DPB-1 di SMKN 7 Malang pada pelajaran desain busana menggunakan aplikasi desain digital Ibis Paint sebagai media pembelajaran. Dalam pengembangan media dilakukan uji validasi oleh 3 validator (ahli media, materi dan bahasa). Uji validasi menggunakan uji total score empirik yang menunjukkan hasil 91,1% yang artinya media layak digunakan. Hasil implementasi yang diterapkan pada siswa kelas XII DPB-1 dengan jumlah 33 respon siswa dengan teknik sampling jenuh. Hasil respon siswa sebesar 89,1%, sehingga dapat disimpulkan bahwa produk video tutorial dengan Teknik pewarnaan digital dengan menggunakan aplikasi ibis paint dapat meningkatkan pemahaman siswa dan dalam proses pembelajaran layak untuk digunakan.
References
Afif, Z. (2021). “Bajeng Dan Manusia Desa Pasir” Sebuah Buku Ilustrasi Cerita Tradisi Manusia Pasir Di Pulau Madura. Jurnal Desain Komunikasi Visual Asia (JESKOVSIA), 5(02). Https://doi.org/10.32815/jeskovsia.v5i2.743. Https://jurnal.asia.ac.id/index.php/jeskovsia/article /view/743.
Ahmadiah, Z., & Kharnolis, M. (2022). Pengembangan Video Tutorial Pembuatan Desain Kemeja Pria Dengan Aplikasi Ibis Paint X Pada Fase F SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Online Tata Busana, 12(1), 21-27. Https://doi.org/10.26740/jurnal-online-tata-busana.v12i1.63806. Https://ejournal. unesa.ac.id/index.php/jurnal-tata-busana/article/view/63806.
Aisyah, S., & Bagus, S. R. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Komputer Untuk Meningkatkan Kreativitas Mendesain Busana Pada Siswa Smk Negeri 6 Makassar The Implementation Of Computer-Based Learning Media To Improve Students Creativity In Fashion Design Of Smk Negeri 6. Journal HomeEc (ISSN: 1907-5081), 15(2). Https://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=3031573&val=27457&title=PENERAPAN%20MEDIA%20PEMBELAJARAN%20BERBASIS%20KOMPUTER%20UNTUK%20MENINGKATKAN%20KREATIVITAS%20MENDESAIN%20BUSANA%20PADA%20SISWA%20SMK%20NEGERI%206%20MAKASSAR.
Annisa, M. N., Rifki, M., Taufiqurrochman, R., & Al Anshory, A. M. (2023). Tekhnologi Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi untuk Meningkatkan Kemampuan Berbicara Bahasa Arab Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Kabupaten Gorontalo. Jurnal Sustainable, 6(2), 378-388. Https://www.lp2msasbabel.ac.id/jurnal/sus/article/view/3575.
Asari, A., Purba, S., Fitri, R., Genua, V., Herlina, E. S., Wijayanto, P. A., ... & Pratasik, S. (2023). Media pembelajaran era digital. Yogyakarta: Istana Agency.
Ashari, A., Purba, S., Fitri, R., Genua, V., Herlina, E. S., Wijayanto, P. A., ... & Pratasik, S. Ashari, R., & Nelmira, W. (2024). Pengembangan E-Modul Desain Busana Dengan Ibis Paint X Bagi Siswa Kelas Xi Tata Busana Smk Negeri 4 Jambi. Jurnal Riset Studi Multidisiplin, 8(8). Https://ojs.ubesco.com/index.php/jrsm/article/view/115.
Asmayanti, M. F. (2020). Aplikasi Desain Digital Dalam Dunia Fashion. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 5(1), 61-72. Https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/15999.
Batubara, H. H., & Batubara, D. S. (2020). Penggunaan video tutorial untuk mendukung pembelajaran daring di masa pandemi virus corona. Muallimuna: jurnal madrasah ibtidaiyah, 5(2), 74-84. Http://dx.doi.org/10.31602/muallimuna.v5i2.2950. Https://ojs.uniska-bjm.ac.id/index.php/jurnal muallimuna/article/view/2950.
Biassari, I., & Putri, K. E. (2021). Penggunaan Media Video Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Nearpod Pada Materi Kecepatan Di Sekolah Dasar. In Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran) (Vol. 4, pp. 62-74). Https://doi.org/10.29407/66ybj561. Https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/article/view/1403.
Chandra, E., Setiawan, M. N., Mariana, D., Sulystiawati, D., & Warjoyo, J. G. (2025). Peningkatan kompetensi teknologi digital dalam pendidikan seni di SD Sinar Dharma Jakarta Barat. Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 7(2), 255-262. Https://doi.org/10.31334/jks.v7i2.4396. Https://ojs.stiami.ac.id/index.php/jks/article/view/4396.
Desvianasari, I., & Prasetyaningtyas, W. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Video Tutorial pada Materi Menggambar Busana secara Digital. TEKNOBUGA: Jurnal Teknologi Busana dan Boga, 10(1), 61-67. Https://journal.unnes.ac.id/nju/teknobuga/article/view/26766.
Fitriani, S., Handajani, S., Purwidiani, N., & Widagdo, A. K. (2024). Pengembangan video tutorial memasak berbasis singkong materi hidangan kue Indonesia untuk siswa MAN 2 Madiun. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(4), 2792-2798. Https://doi.org/10.29303/jipp.v9i4.2551. Https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/2551.
Handayani, F., & Ernawati, E. (2024). Pengembangan Media Video Tutorial Pengenalan Tools Dan Desain Busana Pesta Menggunakan Aplikasi Ibis Paint X. Gorga: Jurnal Seni Rupa, 13(1), 209-214. Https://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/ gorga/article/view/54905.
Hanif, A. N. S., Rahayu, I. A. T., & Yuniati, M. (2024). Pengembangan Media Video Tutorial Pembuatan Desain Busana Menggunakan Aplikasi Sketchbook di Kelas XI DPB SMKN 1 Singgahan. Maximal Journal: Jurnal Ilmiah Bidang Sosial, Ekonomi, Budaya dan Pendidikan, 1(5), 256-261. Https://malaqbipublisher.com/index.php/MAKSI/article/view/199.
Hapsari, D. M., & Sawitri, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Pada Mata Pelajaran Desain Busana Di SMK Muhammadiyah 2 Boja. Fashion and Fashion Education Journal, 12(1), 80-90. Https://doi.org/10.15294/ffej.v12i1.51729. Https://journal.unnes.ac.id/sju/ffe/article/ view/51729.
Hartanto, P., Ilahi, W. B., Jamaluddin, J., & Syukur, A. (2021). Optimalisasi pembelajaran pada materi sistem pencernaan manusia melalui penggunaan video untuk meningkatkan minat belajar siswa pada masa pandemi Covid-19 di MTs. AL-Istiqomah Telagawaru. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(2), 182-188. Https://doi.org/10.29303/jipp.v6i2.188. Https://jipp.unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/188.
Hikmah, H. D. R., & Winarsih, W. (2023). Analisis Tingkat Pemahaman Siswa Kelas X SMA Melalui Pembuatan Media Pembelajaran e-Poster Berbasis Website pada Materi Perubahan Lingkungan. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 12(1), 151-156. Https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/bioedu/article/view/49100.
Listiani, S. & Wulandari, E. T. (2023). Dasar-Dasar Busana untuk SMK/ MAK Kelas X. Penerbit: Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Marlina, M., Astuti, A., Prihatin, P. T., & Karmila, M. (2023). Implementasi Multimedia Video Tutorial Teknik Smock Jepang Pada Perkuliahan Daring Seni Sulaman. Jurnal Da Moda, 4(2), 43-52. Https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/damoda/ article/view/269.
Meilansari, P. I., & Mulyani, M. (2023). Pengembangan Digicomics Bell Si Paman Pada Materi Sistem Pernapasan Manusia Untuk Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6). Https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/53655.
Naimar, M. (2022). Penggunaan aplikasi berbasis smartphone (ibis paint x) untuk pengembangan desain busana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, 7(4), 10-29. Https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/23573.
Privana, E. O., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menulis Kata Baku dan Tidak Baku pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), 22-25. Https://ejournal.tsb.ac.id/index.php/jpb/article/view/312.
Rachman, G. A., Kusumawardani, H., & Irianti, A. H. S. (2021, October). Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Upcycle pada Matakuliah Teknik Pembuatan Busana Anak Program Studi Tata Busana Universitas Negeri Malang. In Seminar Nasional Sistem Informasi (Vol. 2021, p. 21). https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/368?utm_source=chatgpt.com.
Rahmawati, I. P., Russanti, I., Arifiana, D., & Mayasari, P. (2023). Pengembangan Media Video Tutorial pada Kompetensi Pembuatan Busana Rumah di Kelas XI Tata Busana SMKN 8 Surabaya. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 1514-1522. Https://doi.org/10.31004/jptam.v7i1.5452. Https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5452.
Sadevi, L. W. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Web Terhadap Hasil Belajar Ranah Psikomotor Siswa Pada Mata Pelajaran Pembuatan Pola Di Smkn 6 Surabaya. Jurnal Da Moda, 1(1), 6-11. Https://doi.org/10.35886/damoda.v1i1.50. Https://jurnal.idbbali.ac.id/index.php/damoda/article/view/50.
Saka, B. G. S., Pakiding, A., Rubianus, R., & Silka, S. (2022). Identifikasi Pemahaman Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Besaran Dan Satuan Di Sma 4 Toraja Utara. Optika: Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 237-243. Https://doi.org/10.37478/optika.v6i2.2231. Https://e-journal.uniflor.ac.id/index.php/optika/article/view/2231.
Sari, P. W., Tarigan, O. T. B., & Ampera, D. (2024). Pemanfaatan aplikasi Ibis Paint X dalam pembelajaran desain busana kelas XI SMK Pariwisata Imelda Medan. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(03), 1033-1041. Https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i03.4927. Https://jurnal.itscience.org/index.php/educendikia/article/view/4927/3831.
Subianto, I. B., Anto, P., & Akbar, T. (2018). Perancangan poster sebagai media edukasi peserta didik. Jurnal Desain, 5(03), 215-222. Http://dx.doi.org/10.30998/jurnaldesain.v5i03.2425. Https://www.journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Jurnal_Desain/article/view/2425/1923.
Sudiarsana, I. G. N. A., Rediasa, I. N., & Sudarmawan, A. (2023). Penggunaan Aplikasi Ibis Paint X Pada Pembelajaran Kelas Fase F Seni Lukis Digital di SMK Negeri 1 Sukasada. Jurnal Pendidikan Seni Rupa Undiksha, 13(3), 196-209. Https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPSP/article/view/73307.
Surani, S., Dewi, E. R., & Nahar, N. (2022). Pengembangan Video Tutorial Mendesain Busana Berbasis Aplikasi Ibis Paint X Pada Matakuliah Teknologi Desain Busana Di Stkip Pangeran Antasari. Journal of Comprehensive Science (JCS), 1(4), 767-776. Https://jcs.greenpublisher.id/index.php/jcs/article/view/108/112.
License
Copyright (c) 2025 Alimah Rahayu, Agus Hery Supadmi Irianti, Bhindri Sulistyaningwati, Adila Apriliyanawati, Alvi Anggraini Harianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.