Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan E-Modul Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik
Authors
Janati Janati , Kosim Kosim , Nina Nisrina , Sutrio SutrioDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3482Published:
2025-05-23Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
berpikir kritis, e-modul, Problem Based LearningArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kemampuan berpikir kritis merupakan kompetensi esensial abad ke-21 yang harus dimiliki peserta didik, terutama dalam pembelajaran fisika. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh model Problem Based Learning (PBL) berbantuan e-modul terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMAN 2 Woha. Metode yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain pretest-posttest control group. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen yang menerapkan model PBL berbantuan e-modul dan kelas XI MIPA 1 kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran konvensional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat peningkatan signifikan dalam kemampuan berpikir kritis peserta didik pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol, dengan nilai rata-rata posttest masing-masing 82 dan 74. Uji hipotesis menggunakan Mann-Whitney U menunjukkan nilai signifikansi 0,001<0,05, yang berarti terdapat pengaruh positif dari penerapan model PBL berbantuan e-modul terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini menyimpulkan bahwa inovasi dalam pembelajaran fisika melalui model PBL berbantuan e-modul dapat meningkatkan keterlibatan dan kemampuan berpikir kritis peserta didik
References
Aisyah St, N., Kosim, K., Gunawan, G., & Gunada, I. W. (2024). The Effect of Problem-Based Learning Model Assisted by PhET Media on Students' Critical Thinking Skills. Indonesian Journal of STEM Education, 6(2), 86-101.
Amalissholeh, N., Sutrio, S., Rokhmat, J., & Gunada, I. W. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran Fisika di SMAN 1 Kediri. Empiricism Journal, 4(2), 356-364.
Arikunto, S. (2020). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta:Bumi Aksara
Bachtiar (2022). Tantangan dan Strategi Penerapan Berfikir Kritis pada Pembelajaran Online: Kajian pustaka. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar, vol(10), 145 – 159. Prefix 10.22219 by Crossref
Barrows, H. S., & Schmidt, H. G. (1983). Problem Based Learning: A review of the literature. Medical Education, 17(2), 71-81.
Batubara, H. H. (2021). Media pembelajaran digital. PT Remaja Rosdakarya.
Bouchrika, I., Harrati, N., Wanick, V., & Wills, G. (2019). Exploring the impact of gamification on student engagement and involvement with e-learning systems. Interactive Learning Environments, 29, 1244 - 1257. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1623267.
Endaryati, S. A., Atmojo, I. R. W., St Y, S., & Suryandari, K. C. (2021). Analisis E-Modul Flipbook Berbasis Problem Based Learning untuk Memberdayakan Keterampilan Berpikir Kritis Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 5(2), 300-312.
Facione, P. A. (2015). Critical thinking: What it is and why it counts. Insight assessment, 1(1), 1-23.
Firmansyah, F., Sukarno, S., Kafrita, N., & Al Farisi, S. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA. Physics and Science Education Journal (PSEJ), 75-82. https://doi.org/10.30631/psej.v2i2.1447
Ginting, A., & Kuswandono, P. (2020). Challenges Faced by English Teachers: Implementation of Higher Order Thinking Skills (HOTS) in Designing Assignments in East Indonesia. Pedagogy: Journal of English Language Teaching. https://doi.org/10.32332/pedagogy.v8i1.1688.
Gunawan. (2017). Keterampilan Berpikir Dalam Pembelajaran Sains. Mataram: Arga Puji Press.
Hake, R. R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. USA: Dept of Physics Indiana University
Hermita, N., Alim, J., Putra, Z., Nasien, D., & Wijoyo, H. (2023). Developing STEM autonomous learning city map application to improve critical thinking skills of primary school teacher education students. Perspectives of Science and Education. https://doi.org/10.32744/pse.2023.4.41.
Hidayati, R. E., & Khoiroh, N. (2024). Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Pada Topik Larutan Penyangga Melalui Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Saintifik. Tatar Pasundan: Jurnal Diklat Keagamaan, 18(1), 86-99.
Indrapangastuti, D. (2023). Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning (Teori dan Implementasi). CV Pajang Putra Wijaya.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Model Pembelajaran Problem-Based Learning (PBL) dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kurniati, R., Andra, D., & Distrik, I. (2021). E-module development based on PBL integrated STEM assisted by social media to improve critical thinking skill: A preliminary study. Journal of Physics: Conference Series, 1796. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1796/1/012077.
Mallu, S., Effendi, E., Ulfah, I, Z., Jahring, J., Riska, Y., Salam S., Soraya, S., Runi, R., Ike, K., Siti N, H., Adi W., Ika S, P., Marni S., Sarmidi S., Uswatun H., F Shoufika H., David D., Hansi E., & Indra J. (2024). Problem-Based Learning dalam Kurikulum Merdeka. Sumatera Utara: PT. Mifandi Mandiri Digital.
Masruro, S., Sudibyo, E., & Purnomo, T. (2021). Profile of Problem Based Learning to Improve Students' Critical Thinking Skills. IJORER: International Journal of Recent Educational Research. https://doi.org/10.46245/ijorer.v2i6.171.
Maulisa, A., Herliana, F., Mahzum, E., Elisa, E., Farhan, A., & Nurulwati, N. (2024). Development of Problem Based Learning Teaching Modules Based on Blended Learning in the Implementation of the Independent Curriculum. Current STEAM and Education Research. https://doi.org/10.58797/cser.020201.
Nardo, M. (2017). Modular Instruction Enhances Learner Autonomy. American Journal of Educational Research, 5, 1024-1034. https://doi.org/10.12691/EDUCATION-5-10-3.
Partono, P., Wardhani, H. N., Setyowati, N. I., Tsalitsa, A., & Putri, S. N. (2021). Strategi meningkatkan kompetensi 4C (critical thinking, creativity, communication, & collaborative). Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan, 14(1), 41-52.
Putra, A., Erita, S., Habibi, M., & Ningsih, R. G. G. F. (2021, February). Combining scientific approach and PBL in learning of set to improve mathematical creative thinking skills. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 1778, No. 1, p. 012018). IOP Publishing.
Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2), 87–94.
Razi, P. (2024). Development of e-Module for Independent Learning of Physics Material Based on Independent Curriculum. International Journal of Information and Education Technology. https://doi.org/10.18178/ijiet.2024.14.5.2100.
Rohmatin, I., Racmayani, A., & Jumadi, J. (2022). Development of E-Module based on Flipbook Learning Model Problem Based Learning (PBL) to Improve Critical Thinking Ability. Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20527/bipf.v10i3.13655.
Rulianto, R., Yanti, N., & Yanti, K. (2024). Training on Creating Learning Modules for Teachers. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat. https://doi.org/10.20527/btjpm.v6i3.10784.
Rusydi, A, I., Kosim, K., & Hikmawati, H. (2018). Pengaruh Model Learning Cycle 7E Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. J. Pijar MIPA, 13(2), 124-131.
Setyo, A, A., Muhammad, F., Zakiyah, A. (2020). Strategi Pembelajaran Problem Based Learning. Makassar:Yayasan Barcode.
Setyosari, P. (2020). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif dan R&D (Sutopo (ed.); 3rd ed.) Penerbit Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode penelitian Pendidikan: Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung:Alfabeta
Sulhan, A., Wilujeng, I., & Prasetyo, Z. (2023). Improving Critical Thinking Skills Students Through Problem Based Learning E-Module. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA. https://doi.org/10.29303/jppipa.v9i11.5231.
Sundari, P. D., & Sarkity, D. (2021). Keterampilan berpikir kritis siswa SMA pada materi suhu dan kalor dalam pembelajaran fisika. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 149-161.
Susilawati, S., & Supriyatno, T. (2023). Problem-Based Learning Model in Improving Critical Thinking Ability of Elementary School Students. Advances in Mobile Learning Educational Research, 3(1), 638–647. https://doi.org/10.25082/amler.2023.01.013.
Tarigan, R. (2017). Analysis of Critical Thinking with Problem Based Learning in Physics Class. https://doi.org/10.2991/AISTEEL-17.2017.41.
Yuniar, R., Nurhasanah, A., Hakim, Z. R., & Yandari, I. A. V. (2022). Peran guru dalam pelaksanaan model Pbl (Problem Based Learning) Sebagai penguatan keterampilan berpikir kritis. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(2), 1134-1150.
License
Copyright (c) 2025 Janati Janati, Kosim Kosim, Nina Nisrina, Sutrio Sutrio

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.