Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Media Visual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2020/2021
Authors
M. Faisal , Asrin Asrin , Abdul Kadir JaelaniDOI:
10.29303/jipp.v6i4.351Published:
2022-01-15Issue:
Vol. 6 No. 4 (2021): DesemberKeywords:
Hasil Belajar, Media Visual, Reciprocal TeachingArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Masalah dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran yang dilaksanakan pada kelas VI SDN Gugus V Manggalewa tergolong masih kurang efektif, dan hasil belajar juga masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching berbantuan Media Visual terhadap hasil belajar siswa kelas VI SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2021/2022.  Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan jenis Quasi Eksperimental Design tipe desain Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SDN 13 Manggelewa dan SDN 19 Manggelewa pada kelas VI yang berjumlah 46 siswa. Teknik sampling yang digunakan adalah Nonprobability Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes untuk data hasil belajar dan metode observasi untuk data reciprocal teaching berbantuan media visual. Teknik analisis data menggunakan uji One Way ANOVA dengan perhitungan SPSS 21.0 Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas dilakukan melalui uji ahli, dan uji prasyarat menunjukkan bahwa data yang diperoleh homogeny dan berdistribusi normal. Adapun hasil uji hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0.000 ≤ 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Visual berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas VI di SDN Gugus V Manggelewa Tahun Ajaran 2021/2022.
Â
References
Arikunto, Suharsimi (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aris, shoimin (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Ariyasa, I GD. et al (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V SD Negeri 1 Tulamben. Jurnal Mimbar PGSD. 2(1). Hlm.1-10.
Aswat, H. et al, (2018). Penggunaan Model Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa Kelas V SD Negeri 1 Topa Kota Baubau. Sang Pencerah. Vol.4, No.2. Hlm.12-20.
Budiastuti, D., & Bandur, A. (2018). Validitas dan Reliabilitas Penelitian Dilengkapi Analisis dengan NVIVO, SPSS, dan AMOS. Jakarta: Mitra Wacana Media.
Djamarah, S. B & Zain, A. (2006). Strategi Mengajar. Jakarta. Rineka Cipta.
I Putu Adi Eka Prabawa, I Nyoman Kanca & Made Agus Wijaya (2019). Metode Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Feedback Visual Terhadap Hasil Belajar Lompat Jauh Pada Peserta Didik Kelas IV SD Negeri Mangwi. Jurnal Pendidikan. 7(2). Hlm. 45-52.
Jufri, A.Wahab et al, (2019). Workshop Teknik Pembimbingan dan Penilaian Mahasiswa Peserta Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan Bagi Guru-Guru Anggota KKG di Kota Mataram. https://www.jppipa. unram.ac.id/index.php/jpmpi/article/view/373
Karma, I Nyoman et al, (2019). Pendampingan Penyusunan Perangkat Pembelajaran Matematika SD Berbasis Scientific Approach dan Contextual Learning Dalam K-13, https://jurnal.lppm. unram.ac.id/index.php/prosidingpepadu/article/view/22
L. Pt. Putrini Mahadewi, N. Md. Eny Kurniawati, & Dw. Nym. Sudana (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Penguasaan Konsep IPA Siswa Kelas V SD Gugus I Kecamatan Buleleng, Mimbar PGSD Vol 1 2013 (12 Oktober 2020).
Muhammad Akhir (2017). Penerapan Strategi Reciprocal Teaching Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa SD. Indonesia Jurnal Of Primary Education. 1(2). Hlm.30-38
Mulyono, Dodik et al (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dan Facilitator and explaining Terhadap Hasil Belajar Matematika dengan Mengontrol Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Pendidikan. 6(2). Hlm.238-250.
Ni Kadek Natiah Mahadewi, I Made Ardana, & Ni Made Sri Mertasari (2020). Kemampuan Komunikasi Matematis melalui model Reciproal Teaching berbantuan media interaktif. Jurnal Nasional. 4(2). Hlm 338-350.
Rahma Analisa, A. et al (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan LKS Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Of Science Education. 1(2). Hlm. 1-7.
Sardyanti, Ria (2010). Penerapan model Pembelajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Matematika Siswa. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.
Sari Dela, Lestari Neta Dian (2018). Pengaruh Media Pembelajaran Visual Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa. Hal 71-80.
Setianingsih, Igst.A.A.Aris et al (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA. Jurnal Of Science Education. 3(3). Hlm.203-209
Widodo, Arif et al, (2020). Analisis Kemampuan Menulis Makalah Mahasiswa Baru PGSD Universitas Mataram, https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/didika/article/view/1946
Witono, Ahmad Hari, et al, (2021). Peningkatan Keterampilan Dasar Konseling dengan Bimbingan Kelompok bagi Mahasiswa PGSD FKIP Universitas Mataram, https://jipp. unram.ac.id/index.php/jipp/article/view/132