Efektivitas Pembelajaran Quantum Dengan Peta Konsep Terhadap Kecakapan Hidup (Life Skill) Siswa Kelas VIII SMPN 8 Mataram Tahun Ajaran 2024/2025
Authors
Yaumil Apriani , A. Wahab Jufri , Prapti SedijaniDOI:
10.29303/jipp.v10i2.3729Published:
2025-05-31Issue:
Vol. 10 No. 2 (2025): MeiKeywords:
Kecakapan hidup, pembelajaran Quantum, peta konsep.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Pendidikan memegang peranan yang penting dalam kehidupan karena pendidikan merupakan wahana dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia secara menyeluruh. Pendidikan adalah suatu faktor penting bagi kemajuan suatu bangsa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan pembelajaran quantum dengan peta konsep untuk meningkatkan kecakapan akademik dan kecakapan sosial siswa. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pre-test dan post-test group design. Populasi penelitian sebanyak 63 siswa dengan sampel ditentukan dengan simple random sampling dan diperoleh 2 kelas sampel yaitu kelas VIII A dengan 31 siswa, VIII B dengan 32 siswa. Instrumen penelitian terdiri dari tes kecakapan akademik dan lembar observasi kecakapan sosial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kecakapan akademik pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol (85,65 > 62,97) dan persentase kecakapan sosial kelas eksperimen 92,4% lebih tinggi dari kelas kontrol yang hanya sebesar 65,3%. Hasil uji hipotesis kecakapan akademik siswa diperoleh nilai thitung 14,610 > ttabel 1.696, sedangkan kecakapan sosial siswa diperoleh nilai thitung 10,148 >ttabel 1.696. Kesimpulannya bahwa pembelajaran quantum dengan peta konsep efektif meningkatkan kecakapan akademik dan kecakapan sosial siswa.
References
Abdillah, A., Suhaedi, S., & Andriani, A. (2018). Efektivitas Penerapan Pendekatan Pembelajaran Life Skills Terhadap Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Garis Singgung Lingkaran Kelas Viii Smp Negeri 4 Mataram Tahun Pelajaran 2013/2014. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Kependidikan, 6(2), 56-62. https://doi.org/10.31764/paedagoria.v6i2.172
Amin, M. S., & Ahid, M. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching Terhadap Hasil Belajar Siswa. JUPIN (Jurnal Pendidikan Islam Nusantara), 3(01), 20-38. https://doi.org/10.30599/jupin.v3i01.254
Cahyono, A. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Quantum Tipe Teknik Peta Konsep dalam Rangka Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 6(9). https://doi.org/10.26418/jppk.v6i9.21937
Depdiknas. 2009. Kapita Selekta Pembelajaran. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republic Indonesia.
Deporter, Bobbi, & Mike Hernacki. (2015). Quantum Learning: Membiasakan Belajar Nyaman dan Menyenangkan. Bandung: Kaifa.
Deporter, Bobbi, & Mike Hernacki. (2015). Quantum Teaching: Mempraktikkan Pembelajaran Quantum di Ruang-Ruang Kelas. Bandung: Kaifa.
Faj, N. A., Fakhri, J., & Yusandika, A. D. (2018). Efektifitas Model Pembelajaran Quantum Teaching dengan Metode Praktikum terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(2), 135-141. https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i2.2771
Handika, I. (2010). Pengaruh Model Pembelajaran Kuantum Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII MTs Darul Quran Bengkel Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi. Universitas Mataram.
Hariadi, I. (2010). Pengembangan Model Buku Saku Berorientasi Keunggulan Lokal untuk Meningkatkan Minat Sains dan Kecakapan Hidup Siswa Pecinta Alam. Tesis S2. Universitas Mataram.
Jones, B. D., Ruff, C., Snyder, J. D., Petrich, B., & Koonce, C. (2012). The Effects of Mind Mapping Activities on Students' Motivation. International journal for the scholarship of teaching and learning, 6(1), n1. 10.20429/ijsotl.2012.060105
Kunandar. (2007). Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satun Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Kusno, K., & Purwanto, J. (2011). Effectiveness of quantum learning for teaching linear program at the Muhammadiyah Senior High School of Purwokerto in Central Java, Indonesia. Educare, 4(1): 83-92. https://doi.org/10.2121/edu-ijes.v4i1.247
Lestari, S. (2023). Perlindungan Hubungan Kecakapan Sosial Dengan Prestasi Belajar Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri. Walada: Journal of Primary Education, 2(2). https://doi.org/10.61798/wjpe.v2i2.30
Liu, Y., Zhao, G., Ma, G., & Bo, Y. The Effect of Mind Mapping on Teaching and Learning: Meta-Analysis (2014). Standard Journal of Education and Essay, 2(1): 17-31.
Mukarromah, A., & Andriana, M. (2022). Peranan guru dalam mengembangkan media pembelajaran. Journal of Science and Education Research, 1(1), 43-50. https://doi.org/10.62759/jser.v1i1.7
Nesbit, J. & Adesope, O. (2011). Teaching Spelling Skills with a Mind Mapping Software”. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning. 53 (3), 4-16.
Ridwan. (2009). Metode dan Teknik Menyusun Proposal Penelitian. Bandung: Alfabeta.
San Risqiya, R. (2013). The use of mind mapping in teaching reading comprehension. Eltin Journal: Journal of English Language Teaching in Indonesia, 1(1). https://doi.org/10.22460/eltin.v1i1.p%25p
Selman, V., Selman, R. C., & Selman, J. (2003). Quantum Learning: Learn Without Learning. International Business & Economics Research Journal (IBER), 2(4). 10.19030/iber.v2i4.3787
Siregar, M. F. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Dan Kecakapan Sosial Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Di Kelas Iv Sdn 060843 Medan Ta 2013/2014 (Doctoral dissertation, UNIMED).
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Supramono, A. (2016). Pengaruh model pembelajaran quantum (quantum teaching) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas III SD YPS Lawewu kecamatan Nuha kabupaten Luwu Timur. Jurnal Nalar Pendidikan, 4(2), 554451. https://doi.org/10.26858/jnp.v4i2.2401
Wahyuni, Selly Nindya Nur. (2022). Efektivitas Penerapan Metode Quantum Teaching dalam Keterampilan Menulis pada Teks Deskriptif (Studi Eksperimental pada Kelas Tujuh SMP 1 Juwiring Tahun Pelajaran 2022/2023). Tesis Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Kebudayaan dan Bahasa.
Wanningrum, C. P., & Sukmawati, W. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran ARIAS (Assurance, Relevance, Interest, Assessment, and Satisfaction) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa di Sekolah Dasar. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya, 9(1), 43-48. https://jurnal.ideaspublishing.co.id/index.php/ideas/article/view/1205
Wote, A. Y. V., Sasingan, M., & Kitong, O. E. (2020). Efektivitas penggunaan model quantum teaching dalam meningkatkan hasil belajar IPA. Journal of Education Technology, 4(2), 96-102. https://doi.org/10.23887/jet.v4i2.24369
License
Copyright (c) 2025 Yaumil Apriani, A. Wahab Jufri, Prapti Sedijani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.