Pengembangan Aplikasi Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate pada Fase F Materi Tempering Cokelat
Authors
Yolanda Shakira Dasha , Mauren Gita Miranti , Niken Purwidiani , Mein KharnolisDOI:
10.29303/jipp.v10i3.3894Published:
2025-08-31Issue:
Vol. 10 No. 3 (2025): AgustusKeywords:
Multimedia Interaktif, Adobe Animate, Tempering Cokelat, Pengembangan 4D.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) hasil proses pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate pada materi keamanan pangan, 2) kelayakan materi dan media pembelajaran tersebut serta 3) respon peserta didik setelah menggunakan media interaktif berbasis Adobe Animate Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dengan menggunakan model 4D, dibatasi hingga tahap pengembangan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar validasi dan angket, yang dianalisis menggunakan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data, 1) Media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate yang dikembangkan dinyatakan dapat digunakan dalam pembelajaran. 2) Media dinyatakan sangat layak berdasarkan hasil penilaian dari ahli materi sebesar 0,817 dan dari ahli media sebesar 0,835. 3) Serta, respons peserta didik terhadap media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate dinyatakan sangat baik (97,0%) Dengan demikian, media pembelajaran interaktif berbasis Adobe Animate pada materi tempering cokelat dinyatakan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.
References
An Nabil, N. R., Wulandari, I., Yamtinah, S., Ariani, S. R. D., & Ulfa, M. (2022). Analisis Indeks Aiken untuk Mengetahui Validitas Isi Instrumen Asesmen Kompetensi Minimum Berbasis Konteks Sains Kimia. Paedagogia, 25(2), 184. https://doi.org/10.20961/paedagogia.v25i2.64566
Hermawan, A., Sari, N. D., Hermawan, A., Sari, N. D., Informasi, P. T., Ilmu, F., Universitas, P., Huda, N., Fisika, P., Ilmu, F., Universitas, P., Huda, N., Pembelajaran, M., Animate, A., & Media, L. (2024). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Adobe Animate Materi Teknologi Informasi (2), 36–47.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design , Develop ment, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Addie (Analysis, Design , Develop ment, Implementation and Evaluation) Model in Islamic Education Learning. Jurnal UIN, 1(1), 28–37.
Kusuma, D. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Relasi dan Fungsi Siswa SMP. In Skripsi.
Lahinta, A. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Pelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Aplikasi Adobe Animate Kelas VII Di SMP Negeri 3 Gorontalo Abstrak. 5(1).
Musaid, M. (2022). Marhab Musaid, 2022 Penegembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate untuk menunjang praktikum Pengukuran Tenaga Kerja Listrik Universitas Pendidikan Indonesia | repository.upi.edu | perpustakaan.upi.edu. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Untuk Menunjang Prkatikum Pada Mata Kuliah Pengukuran Tenaga Listrik, 1–8.
Muslichun, A. (2019). Pengembangan Aplikasi Mulimedia Interaktif “ASEAN GO” Berbasis Adobe Animate CC Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 41 Semarang. 16–19.
Yuningsih, H., & Haeruddin, H. (2024). Peran Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran PAI di SDN 18 Balikpapan Barat. 2(2).
Adobe. (2020). Adobe Animate user guide. https://helpx.adobe.com/animate/user-guide.html
Alharbi, M. (2020). The effect of multimedia-based learning on student engagement and achievement. Journal of Educational Technology & Online Learning, 6(2), 25–33.
Ally, M. (2020). Foundations of educational technology: Integrative approaches and interdisciplinary perspectives. Athabasca University Press.
Alqahtani, M., & Khan, B. H. (2021). The effectiveness of interactive multimedia in enhancing learning outcomes in higher education. International Journal of Emerging Technologies in Learning (iJET), 16(9), 45–61.
Arikunto, S. (2023). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Revisi ke-7). Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2017). Media pembelajaran. Rajawali Pers.
Astuti, L. P., Sumarsono, R. B., & Wasis. (2019). The effectiveness of interactive multimedia to improve student’s concept understanding on temperature and heat material. Journal of Physics: Conference Series, 1171(1), 012011. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1171/1/012011
Audhiha, M., Febliza, A., Afdal, Z., MZ, Z. A., & Risnawati, R. (2022). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Adobe Animate CC pada Materi Bangun Ruang Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal basicedu, 6(1), 1086-1097.
Beckett, S. T. (2008). Industrial chocolate manufacture and use (4th ed.). Wiley-Blackwell.
Cahyani, N. F. (2023). Validasi instrumen dalam penelitian pendidikan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 110–120
Fauziah, I., & Sukmawati, D. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis Android pada mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan. Jurnal Pendidikan Teknik Boga dan Busana, 9(1), 1–7. https://doi.org/10.26740/jptbb.v9n1.p1-7
Hegarty, M. (2020). Multimedia learning about physical systems. In R. E. Mayer (Ed.), The Cambridge handbook of multimedia learning (pp. 447–470). Cambridge University Press.
Lestari, T. A., Handayani, B. S., & Suyantri, E. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animate Untuk Siswa SMA Kelas X di Kota Mataram. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(4), 2012-2018.
Minifie, B. W. (2012). Chocolate, cocoa and confectionery: Science and technology. Springer Science & Business Media.
Mukhlasin, M. (2020). Metodologi penelitian pengembangan dalam pendidikan. Deepublish.
Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan implementasi kurikulum 2013. Remaja Rosdakarya.
Nabil, M. (2022). Validitas dan reliabilitas instrumen: Teori dan aplikasi Aiken’s V. Jurnal Evaluasi Pendidikan, 13(1), 65–74.
Ningsih, R. A., & Kurniawan, A. (2021). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis animasi pada mata pelajaran prakarya. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran, 6(2), 159–168.
Okpatrioka, E. J. (2023). Development methods in educational innovation: Concepts and strategies. International Review of Education Research, 5(1), 12–22.
Rahman, A. (2021). Digital advertising and the power of animation: A study on user engagement. Asian Journal of Marketing Management, 5(2), 43–53.
Rahmawati, Y., & Purnamasari, N. (2021). Penerapan multimedia interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Pembelajaran, 9(3), 201–210.
Robiyanto, R. (2023). Evaluasi kelebihan dan kelemahan perangkat lunak Adobe Animate dalam pengembangan media pembelajaran. Jurnal Teknologi dan Pembelajaran, 11(1), 34–41.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian dan pengembangan: Research and development. Alfabeta.
Suh, S., & Lee, S. W. (2017). The impact of animated instructional videos on learning: A meta-analysis. Educational Technology Research and Development, 65(1), 1–20.
Sungkono, A., & Wahyudi, S. (2020). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis multimedia untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 26(1), 1–8.
Taufiq, M., & Abdullah, S. (2023). Pengaruh pembelajaran multimedia terhadap minat belajar siswa di era digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 14(2), 55–63.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Indiana University.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2003. Jakarta: Kementerian Sekretariat Negara.
W3C. (2021). HTML5 and Web Animation standards. https://www.w3.org.
Yuningsih, A., & Haeruddin, H. (2024). Efektivitas multimedia interaktif dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 18(1), 92–101.
License
Copyright (c) 2025 Yolanda Shakira Dasha, Mauren Gita Miranti, Niken Purwidiani, Mein Kharnolis

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.