Efektivitas Bahan Ajar Berbasis Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Materi Nilai-Nilai Pancasila Fase A Sekolah Dasar
Authors
Farah Adya Wening , Ani Hendriani , Faisal Sadam MurronDOI:
10.29303/jipp.v10i4.4062Published:
2025-10-20Issue:
Vol. 10 No. 4 (2025): NovemberKeywords:
Bahan ajar, Nilai-nilai Pancasila, Pendekatan CTLArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih banyaknya peserta didik fase A yang belum memahami konsep materi nilai-nilai Pancasila khususnya di lingkungan keluarga. Permasalahan ini terjadi karena pembelajaran masih dilaksanakan secara teacher centered tanpa adanya bahan ajar yang dibuat secara khusus sesuai dengan kebutuhan materi dan materi pembelajaran yang belum dihubungkan dengan kehidupan nyata peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas bahan ajar berbasis pendekatan CTL dalam meningkatkan pemahaman konsep materi nilai-nilai Pancasila peserta didik fase A Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pre-experimental design tipe One Group Pretest-Posttest. Sampel penelitian ini adalah peserta didik kelas II yang berjumlah dua puluh lima peserta didik. Hasil yang diperoleh berdasarkan perhitungan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05. Sehingga, H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat diartikan bahwa terdapat perbedaan rerata antara hasil pretest dan posttest uji pemahaman konsep peserta didik. Hasil uji N-Gain sebesar 0,786 menunjukkan kategori tingkat efektivitas yang tinggi. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis CTL terbukti efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep materi nilai-nilai Pancasila peserta didik fase A Sekolah Dasar.
References
Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah ( Kuantitatif ) Beserta Paradigma , Pendekatan , Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693. https://jinnovative.org/index.php/Innovative%0APenelitian
Agustiningsih, W., Luthfiyah, L., & Ruslan, R. (2024). Analisis Implementasi Model Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(1), 1–9. https://doi.org/10.53299/jppi.v4i1.406
Aini, H., Sutrio, Doyan, A. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Perolehan Konsep Berbasis Masalah terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan. 6, 181–187.
Alighiri, D., Drastisianti, A., & Susilaningsih, D. E. (2018). Pemahaman Konsep Siswa Materi Larutan Penyangga Dalam Pembelajaran Representasi. Jurnal Multiple Inovasi Pendidikan Kimia, 12(2), 2192–2200.
Andrian, Matutina. (2014). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Mata Pelajaran Matematika Materi Bentuk Aljabar Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Peserta Didik SMP Kelas VII. Universitas Negeri Yogyakarta.
Arfandi, A., & Samsudin, M. A. (2021). Peran Guru Profesional Sebagai Fasilitator Dan Komunikator Dalam Kegiatan Belajar Mengajar. In Edupedia: Jurnal Studi Pendidikan dan Pedagogi Islam (Vol. 5, Issue 2, pp. 37–45). https://doi.org/10.35316/edupedia.v5i2 .1200
Badrus, M. (2018). Pengaruh Motivasi Mengajar Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi di SMA Mardi Utomo Kecamatan Tarokan Kabupaten Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(2), 143–152.
Dewi, M. N. (2023). Modul IPAS, Model Guided Discovery Learning, Pemahaman Konsep IPAS Module, Guided Discovery Learning Model, Understanding Concepts. -, 2-7.
Fitria, S., Harjono, A., Gunawan, G., & Ayub, S. (2021). Pengembangan Perangkat dengan Model Pembelajaran Advance Organizer untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Retensi Fisika Peserta Didik. KONSTAN - Jurnal Fisika Dan Pendidikan https://doi.org/10.20414/konstan.v6i1. 62
Hermawan, R., & Wicaksono, V. D. (2021). Analisis Penanaman Nilai-Nilai Pancasila Melalui Metode. JPGSD, 2861 - 2870.
Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar (B. S. Fatmawati, Ed.). PT Bumi Aksara.
Mauke, M., Sadia, I. W., & Suastra, I. W. (2013). Pengaruh Model Contextual Teaching and Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah dalam Pembelajaran IPA-Fisika di MTs Negeri Negara. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA, 3(2), 1 12.
Murron, F. S., Djumhana, N., CA, N. D., Ginting, L. C., Hendriani, A., & Kurniasih. (2024). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Pembelajaran Berdiferensiasi Sebagai Upaya Optimalisasi Program SDGs Indonesia. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1773-1781.
Musqiroh, L., Ganda, N., & Elan. (2023). Pengaruh Komik Pancasila Berbantuan Metode Role Playing Terhadap Pemahaman Nilai-Nilai Pancasila di Sekolah Dasar. Journal of Elementary Education, 930-936.
Nababan, D. (2023). Jurnal+Kontektual+Ctl+Christofel. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(2), 825–837.
Nur Aisah, R., Masfuah, S., & Shokib Rondli, W. (2022). Analisis Faktor Penyebab Kesulitan Belajar PPKn di SD. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 8(1), 671–685. https://doi.org/10.36989/didaktik.v8i1. 339
Nurjanah, S., Hendriani, A., & Somantri, M. (2024). Pengembangan Modul Ajar Tanoma Berbasis Pendekatan Saintifik Sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Pada Materi Norma di Fase C Sekolah Dasar. BERNAS: Jurnal Pengabdian, 7(3), 1751–1762. https://jurnal.uns.ac.id/SHES/article/d ownload/92273/46546
Pertiwi, A. D., Nurfatimah, S. A., & Hasna, S. (2022). Menerapkan Metode Pembelajaran Berorientasi Student Centered. Jurnal Pendidikan Tambusa, 8839-8848.
Polontalo, G., Resmawan, R., Zakiyah, S., & Abdullah, A. W. (2023). Dampak Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Pada Materi Segiempat. Jambura Journal of Mathematics Education, 4(1), 50–62. https://doi.org/10.34312/jmathedu.v4i 1.16766
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada.
Sakinah, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Karakter Dasar Para Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Revolusi Industrial 4.0. Jurnal Kewarganegaraan, 5(1), 152–167. https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1432
Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas Punaji Setyosari Jurusan Teknologi Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang Jl. Semarang No. 5 Malang Jawa Timur 65145 Creating The Effective and The Quality Of The Learning. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20–30. http://journal2.um.ac.id/index.php/jino tep/article/view/2103
Slamet, R., & Wahyuningsih, S. (2022). Validitas dan reliabilitas terhadap instrumen kepuasan kerja. Aliansi: Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 17(2).
Sucipto, R. H., Soeharti, & S, S. N. A. (2023). Panduan Guru Pendidikan Pancasila untuk SD/MI Kelas II.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D (2nd ed.). Alfabeta.
Sugiyono. (2021). Kuantitatif, Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Supriadi, E. (2025). Analisis Kemampuan Mengajar Guru dan Penggunaan Metode Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran. 3(4), 1713–1721.
Syamsuddin, S., & Utami, M. A. P. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 1(1), 32 40. https://doi.org/10.51574/jrip.v1i1.14
Yuniarto, B., Lama’atushabakh, M., Maryanto, M., & Habibi, A. (2022). Pendidikan Pancasila Dalam Kurikulum Merdeka. Jurnal Sosial Dan Sains, 2(11), 1170 1178. https://doi.org/10.59188/jurnalsosains. v2i11.522
Zaki, M. (2022). Urgensi Bahan Ajar Bahasa Arab Sebagai Penentu Dalam Proses Belajar Mengajar. AL-AF’IDAH: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Pengajarannya, 5(1), 92–104. https://doi.org/10.52266/alafidah.v5i1. 876
Zulfa, L., Ermawati, D., & Reswari, L. A. (2023). Efektivitas Pembelajaran Media Berbasis Augmented Reality. 6356, 509 514.
License
Copyright (c) 2025 Farah Adya Wening, Ani Hendriani, Faisal Sadam Murron

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.