Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kecerdasan Matematis-Logis Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis
Authors
Lely Santika Putri , Syahrul Azmi , Nilza Humaira Salsabila , Nurul HikmahDOI:
10.29303/jipp.v7i2b.411Published:
2022-05-18Issue:
Vol. 7 No. 2b (2022): JuniKeywords:
Kecerdasan Interpersonal, Kecerdasan Matematis-logis, Kemampuan Komunikasi MatematisArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Kemampuan komunikasi matematis menjadi salah satu kemampuan matematika yang wajib dimiliki siswa. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan komunikasi matematis siswa adalah kecerdasan, diantaraya kecerdasan interpersonal dan kecerdasan matematis-logis. Kecerdasan interpersonal dibutuhkan untuk dapat memiliki kemampuan komunikasi yang baik. Sedangkan kecerdasan matematis-logis dibutuhkan untuk menyelesaikan permasalahan matematis dengan benar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh kecerdasan interpersonal dan kecerdasan matematis-logis terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Praya baik secara parsial maupun simultan. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional dengan metode kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Praya tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel ditentukan menggunakan simple random sampling sehingga diperoleh sampel penelitian yaitu siswa kelas VIII.2 dan VIII.5. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda. Sebelum melakukan uji hipotesis, peneliti terlebih dahulu melakukan uji prasyarat yaitu uji normalitas, uji linearitas, uji multikolinearitas dan uji heteroskedastisitas. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) kecerdasan interpersonal memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kontribusi sebesar 9,3%; 2) kecerdasan matematis-logis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kontribusi sebesar 15,1%; 3) kecerdasan interpersonal dan kecerdasan matematis-logis memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa dengan kontribusi sebesar 16,7%.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa kecerdasan interpersonal dan kecerdasan matematis-logis memiliki pengaruh posistif dan signifikan terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Praya tahun ajaran 2021/2022 baik secara parsial maupun simultan.
References
Ananda, R., & Fadhli, M. (2018). Statistik Pendidikan Teori dan Praktik dalam Pendidikan.Medan: CV. Widya Puspita.
Arfah (2018). Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas X SMAN 1 Bajeng . Jurnal Nalar Pendidikan, 6(2), 86–94.
Dewi, M. A., Budiyono, & Kurniawan, H. (2019). Hubungan Kecerdasan Interpersonal dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika. PRISMA, Prosding Seminar Hasil Nasional Matematika, 2, 228–233.
Haerudin (2013). Pengaruh Pendekatan SAVI terhadap Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematika serta Kemandirian Belajar Siswa SMP. Infinity Journal, 2(2), 183–193.
Hendriana, H., & Kadarisma, G. (2019). Self-Efficacy dan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(1), 153–164.
Hodiyanto (2017). Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. AdMathEdu, 7(1), 9–18.
Kurniawan, G. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Ditinjau dari Kecerdasan Logis-Matematis. Jurnal Dharma Pendidikan STKIP PGRI Nganjuk, 13(2), 45–55.
Laia, H. T., & Harefa, D. (2021). Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(2), 463–474.
Lestari, L. T., Walida, S. E., & Nursit, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dalam Menyelesaikan Masalah Kontekstual Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis Pada Materi Himpunan Kelas VII. JP3, 16(25), 124–135.
Mukarrohmah, L. (2019). Kecerdasan Logis Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Problem Posing Pada Materi Himpunan Kelas VII MTs Nurul Huda Mojokerto. Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 14(8), 16–22.
Nasikhah, I., & Fauziyah, N. (2018). Pengaruh Kecerdasan Linguistik, Interpersonal, dan Intrapersonal terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika Peserta Didik Kelas VII MTs Di Kecamatan Manyar. Didaktika, 25(1), 20–25.
Nisa, F. B., Mukhlis, M., & Maswar, M. (2020). Analisis Hubungan Antara Kecerdasan Logis Matematis dengan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 2(2), 199–211.
Oviyanti, F. (2017). Urgensi Kecerdasan Interpersonal Bagi Guru. Tadrib, 3(1), 75–97.
Purwati, P. (2016). Profil Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Kecerdasan Interpersonal. Journal Of Undergraduate Thesis, Universitas Muhammadiyah Jember, 1, 1–11.
Rinawati, R., & Ratu, N. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP Kelas VIII Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Kecerdasan Logis Matematis. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1223–1237.
Rohman, H. F. (2015). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal dan Kebiasaan Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 8–16.
Saifudin, Wicaksono, L., & Yuline. (2019). Analisis Kecerdasan Interpersonal Peserta Didik Kelas VII MTs Nurul Islam Pontianak Barat. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10), 1–8.
Saleh, S. M., & Sugito. (2015). Implementasi Motode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia 5-6 Tahun Di TK Barunawati. JPPM(Jurnal Pendidikan dan Pemberdayaan Masyarakat), 2(1), 85–93.
Sari, L. N. I. (2019). Pengaruh Kecerdasan Logis-Matematis terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas VII Di MTsN 2 Padangsidimpun. Logaritma: Jurnal Ilmu-Ilmu Pendidikan Dan Sains, 7(1), 69–82.
Supardi. (2014). Peran Kedisiplinan Belajar dan Kecerdasan Matematis Logis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Format, 4(2), 80–88.
Surya, E., Putri, F. A., & Mukhtar. (2017). Improving Mathematical Problem-Solving Ability And Self-Confidence Of High School Students Through Contextual Learning Model. Journal on Mathematics Education, 8(1), 85–94.
Tinungki, G. M. (2015). The Role Of Cooperative Learning Type Team Assisted Individualization To Improve The Students ’ Mathematics Communication Ability In The Subject Of Probability Theory. Journal of Education and Practice, 6(32), 27–31.
Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Infinity Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi, 1(1), 1–9.
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.