Pengaruh Media Interaktif terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas 2 SD Se-Gugus I Kecamatan Narmada
Authors
Aulia Handini , Ida Ermiana , Itsna OktaviyantiDOI:
10.29303/jipp.v7i1.412Published:
2022-03-05Issue:
Vol. 7 No. 1 (2022): MaretKeywords:
Hasil Belajar, kecamatan Narmada, Media Interaktif.Articles
Downloads
How to Cite
Abstract
Hakekat anak usia 6-11 atau usia Sekolah Dasar umumnya belum bisa diajak untuk berfikir secara abstrak, sehingga diperlukan perantara atau alat bantu dalam pembelajaran. Fakta dilapangan menujukkan masih ada beberapa guru yang belum menghadirkan media dalam proses pembelajaran, jika ada media yang digunakan masih bersifat sederhana seperti benda-benda konkret yang ada disekitar seperti lidi, batu pulpen dan sebagainya. Media yang baik seharusnya mampu digunakan secara aktif oleh dua pihak (guru dan siswa) atau bersifat interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media interaktif terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SD se-gugus 1 di kecamatan Narmada. Metode penelitian yang digunakan kuantitatif jenis eksperimen dengan desain quasi eksperimen tipe non equivalen control grup design dengan pretes dan posttes. Teknik sampling menggunakan jenis non probability sampling dengan teknik purposive sampling. Sampel pada penelitian ini adalah SDN 3 Lembuak dan SDN 4 Lembuak. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, tes dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji Mann-Whitney U dan uji effect size. Hasil analisis data, diperoleh rata-rata pretes kelompok eksperimen 36,73 dan rata-rata pretes kelompok kontrol 33,67 dan rata-rata posttes kelompok eksperimen 78,56 dan rata-rata posttes kelompok kontrol 72,96. Rata-rata kelompok eksperimen lebih besar dari kelompok kontrol yang menunjukkan adanya perbedaan hasil belajar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa media interaktif berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SD se-gugus I kecamatan Narmada dengan menggunakan uji non-parametrik dengan rumus Mann-Whitney U diketahui nilai Asymp.Sig (2-tailed) 0,000<0,05 maka hipotesis diterima. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh yang diberikan, dilakukan uji effect size. Diperoleh nilai effect size 0,273 menujukkan pengaruh yang diberikan berinterpretasi rendah (small effect). Maka dapat disimpulkan bahwa media interaktif berpengaruh (small effect) terhadap hasil belajar siswa kelas 2 SD se-gugus I kecamatan Narmada.
References
Ameliola (2013). Perkembangan Media Informasi dan Teknologi Terhadap Anak dalam Era Globalisasi. Malang: Prosiding 5th International Conference On Indonesian Studies: “Ethnicty and Globizationâ€
Akhtar (2018). Cara mengatasi data berdistribusi tidak normal. Indonesia : Semesta Psikometrik.
Ameliola (2013). Perkembangan media informasi dan teknologi terhadap anak dalam era globalisasi. Malang:Prosiding 5th international conference on Indonesian studies: “Ethnicty and globalizationâ€
Anggraini (2014). Desain komunikasi visual:dasar-dasar panduan untuk pemula. Bandng:Nuansa cendikia.
Anita (2014). Strategi pembelajaran di SD. Tanggerang sealtan : Universitas Terbuka
Badawi (2019). Pengaruh media visual terhadap hasil beljar IPS siswa kelas III SDN 1 Memede tahun ajaran 2019/2020. Mataram : Universitas Mataram.
Basuki (2016). Asesment pembelajaran. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Creswell (2015). Riset pendidikan, perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif dan kuantitatif. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Daryanto (2011). Media pembelajaran. Bandung : PT. Sarana tutorial nurani sejahtera.
Daryanto (2016). Media pembelajaran.Yogyakarta : Gava media.
Ermiana (2019). Pengembangan media berdasar komputer (CBI) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas III di SDN 12 Ampenan. Mataram : Universitas Mataram.
Fitria (2018). Pengaruh model pembelajaran discovery learning terhadap hasil belajar tematik peserta didik kelas IV Sekolah Dasar Negri 1 Labuahan dalam Bandar Lampung. Lampung : Universitas Lampung.
Gazali (2017). Effect size pada pengujian hipotesis. Yogyakarta : Universitas Sanata Dharma.
Haryono (2015). Pengembangan multimedia interaktif sebagai media pembelajaran ilmu pengetahuan sosial materi koperasi bagi siswa kelas IV SD Negri Tegalpanggung Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Hestawang (2011). Pemanfaatan media interaktif sebagai media pembelajaran mata kuliah fisika di jurusan pendidikan teknik sipil dan perencanaan fakultas teknik universitas negri Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negri Yogyakarta.
Kasmadi (2014). Paduan moderen penelitian kuantitatif. Bandung : Alfabeta.
Maharani (2019). Pengaruh penggunaan media interaktif animasi terhadap minat belajar matematika pada peserta didik kelas V SD Negri. Lampung : Universitas Lampung.
Mahesti et al. (2021). Uji homogenitas levene. Ponorogo : IAIN Ponorogo
Mahmud (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung : CV Pustaka Setia
Matondang (2009). Validita dan reliabilitas suatu instrumen penelitian. Bandung : Jurnal TABULARAS PPS UNIMEDA.
Mu’izah (2013). Pengaruh multimedia pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar IPA kelas V SDN 3 Batu Kumbung tahun ajaran 2013/2014. Mataram : Universitas Mataram.
Munir (2012). Multimedia:konsep dan aplikasi dalam pendidikan. Bandung: alfabate,CV.
Novaliendry (2013). Aplikasi game geografi berbasis multimedia interaktif. Padang:jurnal teknologi informasi dan pendidikan.
Novitasari (2014). Pengaruh penggunaan multimedia interaktif terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa. Tanggerang : Universitas Muhammadiyah Tanggerang.
Penjabaran Menteri pendidikan, Anies Baswedan, yang disampaikan pada silaturahmi dengan kepala dinas di Jakarta pada 1 Desember 2014.
Peraturan pemerintah RI Nomor 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan Bab VI pasal 28.
Prayuda (2020). Pengaruh media interaktif animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA di kelas V SDN 132216 Tanjungbalai. Sumatra Utara:Universitas Islam Negri Sumatra Utara.
Riyanto (2019). Indonesia digital report 2019 : Andi.link.
Sanjaya (2012). Media komunikasi pembelajaran. Jakarta : Kharisma Putra Utama.
Santoso (2010). Studi deskriptif effect size penelitian-penelitian di fakultas psikologi Universitas Sanata dharma. Yogyakarta : Jurnal Penelitian.
Sari (2019). Macam-macam multimedia interaktif. Bogor :eliserna
Satriansyah (2016). Penggunaan media interaktif pada pembelajaran konsep usaha dan energi di mts ulumul quran Banda Aceh. Banda aceh: Universitas Islam Negri Ar-raniry.
Subana (2000). Statistik pendidikan : Yogyakarta : CV Pustaka setia
Subana (2001). Dasar-dasar penelitian ilmiah. Bandung : Pustaka setia.
Sudjana (2019). Penilaian hasil proses belajar mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.
Sugiyono (2014). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suharsimi (2015). Dasar-dasar evaluasi pendidikan edisi 2. Jakarta : PT. Bumi Aksara
Suprijono (2010). Cooperative learning. Yogyakarta : Pustaka belajar
Trimawartinah (2020). Bahan ajar statistik non-parametrik.Jakarta : Uhamka
Wulandari (2016). Penggunaan multimedia pembelajaran interaktif untuk menigkatkan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN 26 Ampenan tahun ajaran 2015/2016. Mataram : Universitas Mataram.
Yuliana (2021). Pengaruh model pembelajaran somatic, auditory, visual, dan intellectually (SAVI) terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN 1 Sandik. Mataram : Universitas Mataram.
Zaenab (2018). Pengembangan media pembelajaran interaktif untuk meningkatkan minat belajar materi teknik animasi dua dimensi menggunakan macromedia flas. Banda Aceh : Universitas Islam Negri Ar-raniry.