Pengembangan Multimedia Interaktif Ceria (MIC) Pembelajaran Tematik Kelas IV SDN 32 Cakranegara
Authors
Rosmarlina Rosmarlina , Muhammad Tahir , Ida ErmianaDOI:
10.29303/jipp.v7i1.451Published:
2022-03-05Issue:
Vol. 7 No. 1 (2022): MaretKeywords:
Multimedia interaktif pembelajaran, Pembelajaran TematikArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Fakta di lapangan berdasarkan hasil observasi di SDN 32 Cakranegara, peserta didik kelas IV bahwa sumber belajar yang digunakan dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 ketika masa pandemi ini yaitu buku pegangan peserta didik dan buku tematik untuk guru, serta materi dari youtube. Jadi guru membutuhkan media pembelajaran tambahan sebagai sumber belajar lain selain dari buku. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk Multimedia Interaktif Ceria pembelajaran tematik pada subtema Sumber Energi yang layak digunakan untuk peserta didik kelas IV Sekolah Dasar sebagai salah satu sumber belajar dalam proses pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) yang diadaptasi dari empat langkah penelitian dan pengembangan Thiagarajan. Langkah yang ditempuh dalam penelitian pengembangan ini yaitu: 1) Define, 2) Design, 3) Development, dan 4) Dissemination. Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV SDN 32 Cakranegara. Metode pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan pedoman wawancara, angket, kelayakan produk didasarkan pada hasil penilaian ahli materi, ahli media, dan peserta didik sebagai pengguna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Multimedia Interaktif Ceria (MIC) yang dikembangkan termasuk dalam kategori “sangat baik†dilihat dari data hasil penilaian dari ahli materi mendapatkan rata-rata skor 4 dengan kriteria Baik. Hasil penilaian dari ahli media mendapatkan rata-rata skor 4,75 dengan kategori sangat baik, dan rata-rata penilaian pada uji pelaksanaan lapangan adalah 4,3 dengan kriteria sangat baik. Sehingga secara keseluruhan produk multimedia interaktif ceria (MIC) pembelajaran tematik hasil pengembangan dikatakan layak sebagai sumber belajar pembelajaran tematik subtema Sumber Energi di kelas IV SDN 32 Cakranegara. Hasil penelitian pengembangan yang dilaksanakan di SDN 32 Cakranegara dapat disimpulkan bahwa peneliti mengembangkan multimedia interaktif ceria (MIC) pembelajaran tematik yang layak yaitu dengan memenuhi kriteria kelayakan dari hasil validasi ahli matei dan ahli media serta uji lapangan.
References
Anggraini, A.S.M., (2019). Kelayakan pengembangan multimedia interaktif ramah anak untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep dan karakter cinta tanah air siswa kelas IV SD. Jurnal Teknologi Pendidikan, 7(1), 65-66.
Diputra, K,S., (2016). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Tematik Integratif untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 830-838.
Fikri., Hasnul., & Madona, Sri, A., (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Penerbit Samudra Biru (Anggota IKAPI).
Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, K,N,A., (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progress Pendidikan, 2(1), 7-11, from doi: 10.29303/prospek.v2i1.57.
Nandi, N. (2016). Penggunaan Multimedia Interaktif Dalam Pembelajaran Geografi Di Persekolahan. Jurnal Geografi Gea, 6(2).
Pendas., Faisal., & Lova, Martha, Stelly., (2019). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Medan: CV. Harapan Cerdas
Perwitasari, Suci., Wahjoedi & Akbar Sa’dun (2018). Pengembangan bahan ajar tematik berbasis kontekstual. Jurnal Pendidikan, 3(3), 278.
Prayogo, Dwi, Priyo (2015). Pengembangan Multimedia Interaktif Tematik Untuk Siswa Kelas IV SD Muhammadiyah Condongcatur. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahmi, Muntaha, S,M., Budiman, Arif,M., & Widyaningrum, Ari (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Macromedia Flash 8 pada Pembelajaran Tematik Tema Pengalamanku. International Journal of Elementary Education, 3(2), 178-185.
Sudarmiatin, & Kuncahyono (2018). Pengembangan Multimedia Interaktif Pada Pembelajaran Tematik Indahnya Negeriku untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 3(2), 156-163.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian & Pengembangan, Research and Development. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono (2019). Metode Penelitian Pendidikan, Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sukiman (2012). Pengembangan Media Pembelajaran. Yogyakarta: PT Pustaka Insan Madani, Anggota IKAPI).
Surjono, Dwi H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
Wibawanto, Wandah. (2017). Desain dan Pemrograman Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Penerbit Cerdas Ulet Kreatif.