Profil Perencanaan Pembelajaran Hybrid Sebagai Upaya Inovasi Proses Belajar Mengajar Selama Belajar dari Rumah
Authors
Muhammad Syazali , Umar UmarDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.465Published:
2022-09-10Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
pembelajaran hybrid, perencanaan, Laboratorium AlamArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Inovasi menjadi kebutuhan ketika implementasi belajar dari rumah menimbulkan masalah dan berdampak negatif pada pencapaian sains mahasiswa. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil perencanaan pembelajaran hybrid sebagai upaya inovasi proses belajar mengajar sains dalam rangka implementasi belajar dari rumah. Subjek dari penelitian deskriptif kualitatif ini adalah dosen pendidikan sains yang mengampu mata kuliah IAD dan melakukan inovasi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai Laboratorium Alam dan rencana pembelajaran hybrid yang akan diimplementasikan pada pembelajaran. Untuk mendapatkan data, digunakan instrumen berupa lembar observasi dan dokumen sebagai alat pengumpulan data kualitatif. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kulaitatif menggunakan model analisis dari Miles & Huberman. Hasil yang diperoleh dari observasi dan dokumentasi di antaranya (1) Kegiatan persiapan dan koordinasi mencakup tahapan-tahapan kegiatan seperti koordinasi dengan dosen senior, diskusi dengan rekan sejawat yang mengampu mata kuliah IAD, mengidentifikasi kawasan yang potensial sebagai laboratorium alam, dan mengajukan SIMAKSI ke BKSDA NTB, (2) Kegiatan menyusun rencana pembelajaran terbagi menjadi 3 tahapan kegiatan yaitu menganalisis tujuan pembelajaran, menyusun pedoman pembelajaran dan membagi mahasiswa menjadi kelompok yang terdiri dari 2 – 4 anggota, dan (3) Kegiatan menyiapkan bahan pembelajaran mencakup tahapan menyusun template, menyusun jadwal pengmatan di Laboratorium Alam, membuat sistem perkuliahan daring MK IAD di SPADA UNRAM dan mengupload pedoman pembelajaran, LHP, LKM, dan template laporan di SPADA UNRAM. Berdasarkan hasil ini dapat disimpulkan bahwa perencanaan pembelajaran hybrid terdiri kegiatan persiapan dan koordinasi, menyusun rencana pembelajaran dan menyiapkan bahan pembelajaran.
References
Asih, D. A. S. (2017). Pengaruh penggunaan fasilitas belajar di lingkungan alam sekitar terhadap keterampilan proses sains. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 13–21. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1331
BKSDA NTB. (2010). Panduan Wisata Alam di Kawasan Konservasi Nusa Tenggara Barat. Mataram: BKSDA NTB.
Bradley, V. M. (2021). Learning Management System (LMS) use with online instruction. International Journal of Technology in Education (IJTE), 4(1), 68–92. https://doi.org/10.46328/ijte.36
Dahdal, S. (2020). Using the WhatsApp Social Media Application for Active Learning. 1–11. https://doi.org/10.1177/0047239520928307
Fearnley, M. R., & Amora, J. T. (2020). Learning Management System Adoption in Higher Education Using the Extended Technology Acceptance Model. IAFOR Journal of Education: Technology in Education, 8(2), 89–106.
Giatman, M., Siswati, S., & Basri, I. Y. (2020). Online learning quality control in the pandemic Covid-19 era in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 6(2), 168–175. https://doi.org/10.15294/jne.v6i2.25594
Gunawan, G., Jufri, A. W., Nisrina, N., Al-Idrus, A., & Suranti, N. M. Y. (2020). Scientific Literacy improvement with Blended Learning Tools in Rotational Flipped Classroom for Junior High School. Solid State Technology, 63(4).
Gunawan, G., Sahidu, H., Susilawati, S., Harjono, A., & Herayanti, L. (2019). Learning Management System with Moodle to Enhance Creativity of Candidate Physics Teacher. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1417/1/012078
Harahap, F., Nasution, N. E. A., & Manurung, B. (2019). The Effect of blended kearning on student’s learning achievement and science process skills in Plant Tissue Culture Course. International Journal of Instruction, 12(1), 521–538.
Herayanti, L., Gummah, S., Sukroyanti, B. A., Gunawan, G., & Makhrus, M. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis masalah meggunakan media Moodle untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa pada materi gelombang. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 4(2), 158–167.
Hidayati, D., & Saputra, W. A. (2020). Implementation of online learning during the Covid-19 epidemic in Indonesia: Assessment of higher education students’ use and implementation of online learning technology. Universal Journal of Educational Research, 8(10), 4514–4519. https://doi.org/10.13189/ujer.2020.081019
Ilhamdi, M. L., Idrus, A. A. L., Santoso, D., Hadiprayitno, G., & Syazali, M. (2021). Species richness and conservation priority of dragonflies in the Suranadi Ecotourism Area, Lombok, Indonesia. Biodiversitas, 22(4), 1846–1852. https://doi.org/10.13057/biodiv/d220430
Ilhamdi, M. L., Idrus, A. Al, & Santoso, D. (2018). Diversity of species and conservation priority of butterfly at Suranadi Natural Park of West Lombok, Indonesia. Biosantifika: Journal of Biology & Biology Education, 10(1), 48–55. https://doi.org/10.15294/biosaintifika.v10i1.10695
Ilhamdi, M. L., & Syazali, M. (2021). Diversity of Soil Arthropods in Suranadi Nature Park, Lombok, and its role on science lesson in elementary and secondary school. Jurnal Biologi Tropis, 21(3), 926 – 937. https://doi.org/10.29303/jbt.v21i3.2990
Indrawati, B. (2020). Tantangan dan peluang Pendidikan Tinggi dalam masa pandemi Covid-19. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 39–48.
Maulidya, H. Z., Aprilia, N., & Hanafi, Y. (2021). Studi literatur peningkatan kemampuan analisis siswa melalui model PBL pada pembelajaran IPA Biologi. Journal of Biology Learning, 3(2), 55–64. https://doi.org/10.32585/jbl.v3i2.1526
Medina, L. C. (2018). Blended learning: Deficits and prospects in higher education. Australasian Journal of Educational Technology, 34(1), 42–56.
Mirawati, I., Mahameruaji, J. N., & Trulline, P. (2020). Indonesian student’s perception of online learning activities in the time of pandemic. European Journal of Molecular and Clinical Medicine, 7(1), 3645–3652.
Mpungose, C. B., & Khoza, S. B. (2020). Postgraduate Students’ Experiences on the Use of Moodle and Canvas Learning Management System. Technology, Knowledge and Learning, 27(1), 1–16. https://doi.org/10.1007/s10758-020-09475-1
Nasution, A. R., Nandiyanto, A. B. D., & Department. (2021). Utilization of the Google Meet and Quiziz Applications in the Assistance and Strengthening Process of Online Learning during the COVID-19 Pandemic. Indonesian Journal of Educational Research and Technology, 1(1), 31–34. https://doi.org/10. 17509/xxxxt.vxix
Pramudiyanti, P. (2018). Kemampuan mahasiswa Pendidikan Biologi menulis makalah: Sebuah refleksi diri. Jurnal Bioterdidik: Wahana Ekspresi Ilmiah, 6(3), 1–8. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JBT/article/viewFile/15538/pdf
Pustikayasa, I. M. (2019). Grup WhatsApp Sebagai Media Pembelajaran (WhatsApp Group As Learning Media). Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 53–62. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.281
Putra, R. W. P. (2021). Improving the Students ’ Motivation in Learning English through Google Meet during the Online Learning. Englie: English Learning Innovation, 2(1), 35–42.
Rahmatih, A. N., & Fauzi, A. (2020). Persepsi mahasiswa calon guru sekolah dasar dalam menanggapi perkuliahan secara daring selama masa Covid-19. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 7(2), 143–153.
Septantiningryas, N., Juhji, J., Sutarman, A., Rahman, A., Sa’adah, N., & Nawisa. (2021). Implementation of Google Meet Application in the Learning of Basic Science in the Covid-19 Pandemic Period of Student Learning Interests. Journal of Physics: Conference Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1779/1/012068
Simanullang, N. H. ., & Rajagukguk, J. (2020). Learning Management System (LMS) based on Moodle to improve students learning activity. IOP Conf. Series: Journal of Physics: Conf. Series. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1462/1/012067
Sriwarthini, N. L. P. N., Syazali, M., & Sutisna, D. (2020). Kesiapan mahasiswa menghadapi pembelajaran daring dimasa andemi Covid-19. RESIPROKAL: Jurnal Riset Sosiologi Progresif Aktual, 2(2), 184–191. https://doi.org/10.29303/resiprokal.v2i2.36
Sumaryani, N. P., & Parmithi, N. N. (2021). Pemberdayaan keterampilan proses sains biologi dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar di masa pandemi Covid-19. Jurnal Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, XI(2), 280–286. https://doi.org/10.5281/zenodo.5607250
Syazali, M., Erfan, M., & Khair, B. N. (2021). Learning facilities that can develop science process skills in Indonesia: Review of experimental studies. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 7(4), 910–923. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.4414
Syazali, M., Idrus, A. Al, & Hadiprayitno, G. (2019). Habitat characteristic and conservation of amphibians in Lombok Island. Biota: Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 12(2), 98–107. https://doi.org/10.20414/jb.v12i2.210
Syazali, M., Rahmatih, A. N., & Nursaptini, N. (2021). Profil keterampilan proses sains mahasiswa melalui implementasi SPADA Unram. Jurnal Pijar MIPA, 16(1), 103–112. https://doi.org/10.29303/jpm.v16i1.2290
Syazali, M., Wira, L., & Amrullah, Z. (2021). Assessment hasil belajar sains mahasiswa pada mata kuliah Ilmu Alamiah Dasar dimasa pandemi. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(1), 14–21. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i1.136
Widodo, A., Nursaptini, N., Novitasari, S., Sutisna, D., & Umar, U. (2020). From face-to-face learning to web base learning: How are student readiness? Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 10(2), 149–160. https://doi.org/10.25273/pe.v10i2.6801
Yensy, N. A. (2020). Efektifitas Pembelajaran Statistika Matematika melalui Media Whatsapp Group Ditinjau dari Hasil Belajar Mahasiswa (Masa Pandemik Covid 19). Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 05(02), 65–74. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/jpmr
License
Copyright (c) 2022 Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.