Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Model Advance Organizer untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Peserta Didik
Authors
Siti Rohimah , Ahmad Harjono , I Wayan Gunada , Wahyudi WahyudiDOI:
10.29303/jipp.v7i2c.701Published:
2022-06-23Issue:
Vol. 7 No. 2c (2022): JuniKeywords:
Pengembangan Perangkat Pembelajaran, Model advance organizer, Pemahaman KonsepArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran dengan model advance organizer untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R & D) dengan desain penelitian model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan, et al (1974) yang terdiri dari tahap pendefinisian (define), perancangan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebarluasan (Disseminate). Perangkat pembelajaran yang dikembangkan yaitu silabus, rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), peta konsep, instrumen tes pemahaman konsep. Instrumen penelitian menggunakan lembar validasi, lembar respon guru dan peserta didik. Kelayakan perangkat pembelajaran ditinjau dari hasil validasi oleh 5 validator dengan data pendukung berupa respon guru dan peserta didik terhadap perangkat pembelajaran yang dikembangkan. Hasil analisis kevalidan menunjukkan rata-rata perangkat pembelajaran yaitu 3,45 dengan kategori valid dan reliabilitasnya 94% dengan kategori reliabel. Untuk rata-rata respon guru yaitu 3,55 dengan kategori sangat baik dan respon peserta didik 3,49 dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil validasi, respon guru dan peserta didik, maka dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran dengan model advance organizer layak digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika peserta didik.
References
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arliyah, N. A. & Ismono (2015). Development of Student Worksheet with Mind Mapping Oriented Using Mindmap Application for Atomic Structure and the Periodic System Of Elements Topic. UNESA Journal of Chemical Education, 4(3).
Bagaskara, R. F. (2020). Skripsi Analisis Dampak Covid-19 pada Pembelajaran Fisika Kelas IX di SMA Negeri Kota Tangerang Selatan. Jakarta : Universitas Syarif Hidayatullah.
Bella, A. Z., Azizahwati, A., & Azhar, A. (2021). Developing Test Instruments for Understanding the Concept of Momentum and Impuls. JOM FKIP, V (8).
Bely, L.N., Bahri, S., & Mustari, M. (2019). Model Pembelajaran Advance Organizer : Dampak Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education. 2(2), 156-161.
Fitria, S., Harjono, A., Gunawan, G., & Ayub, S. (2021). Pengembangan Perangkat dengan Model Pembelajaran Advance Organizer untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Retensi Fisika Peserta Didik. Jurnal Fisika dan Pendidikan Fisika, 6 (1), 11-17.
Gunada, I.W., Sahidu, H., & Sutrio, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Ilmiah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Vol 1 (1), 38-46.
Gunawan (2015). Model Pembelajaran Sains Berbasis ICT. Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Hardanti, E.K., Sarwanto & Cari (2016). Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika Berbasis Peta Konsep pada Materi Gelombang Elektromagnetik Kelas XI SMAN 1 Dolopo Kabupaten Madiun Jawa Timur.. Jurnal FKIP UNS. 5(2), 64-70
Harjono, A. (2012). Perbedaan Strategi Pembelajaran dan Pemberian Advance Organizer Pengaruhnya Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X. Jurnal Pijar MIPA, Volume 07, Nomor 1, Hal. 13-17.
Imaduddin, M.C., & Unggul, H. N. U. (2012). Efektifitas Metode Mind Mapping untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika pada Siswa Kelas VIII. Humanitas, Vol IX No. 1.
Irwandani, I & Rofiah, S. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Pemahaman Konsep Fisika Pokok Bahasan Bunyi Peserta Didik MTS Al-Hikmah Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika AL-Biruni, 4(2), 165-177.
Kovalik, C.I., & Williams, M.A. (2011). Cartoons as Advance Organizer. Journal of Visual Literacy, 30 (2), 39-63
Makhrus, M. (2018). Validitas Model Pembelajaran Conceptual Change Model With Cognitive Conflict Approach. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 3(1) : 12-20.
Makmun, K. (2014). Psikologi Belajar. Yogyakarta : Aswaja Presindo.
Nisyah, M., Gunawan, G., Harjono, A., & Kusdiastuti, M. (2019). Perangkat Pembelajaran Inkuiri dipadu Advance Organizer (AO) untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa. Jurnal Fijar MIPA, 20(10).
Nopiani, R., Harjono, A., & Hikmawati, H. (2017). Pengaruh Model Advance Organizer Berbantuan Peta Konsep Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA 1 Lingsar. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi. 3(2):137-144.
Nugroho, S. E. (2014). Pengaruh Advance Organizer Berbasis Proyek Terhadap Kemampuan Analisis-Sintesis Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 10 (2).
Pangestika, M.W., Suyanto, E., & Viyanti (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Keterampilan Proses Sains pada Kompetensi Dasar Menyelidiki Sifat-sifat Zat Berdasarkan Wujudnya dan Penerapannya dalam Kehidupan sehari-hari. Jurnal Pembelajaran Fisika, 1(1), 55-65.
Pratama, R.A., & Saregar, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Scaffolding untuk Melatih Pemahaman Konsep. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 2(1), 84-97.
Rahmawati, T. & Daryanto (2015). Teori Belajar dan Proses Pembelajaran yang Mendidik. Yogyakarta : Gava Media.
Ratumanan, G.T. & Laurens (2011). Evaluasi Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Surabaya : Unesa University Press.
Ridha, M.R., Zuhdi, M., & Ayub, S. (2022). Pengembangan Perangkat PJBL berbasis STEM dalam Meningkatkan Kreativitas Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan. 7 (1), 223-228.
Sari, P.I., Gunawan, G. & Harjono, A. (2016). Penggunaan Discovery Learning Berbantuan Laboratorium Virtual pada Penguasaan Konsep Fisika Siswa. Jurnal Pendidikan dan Fisika Teknologi, 2(4): 176:182.
Sahidu, C. (2016). Program Pembelajaran Fisika (P3F). Mataram: FKIP Universitas Mataram.
Sinuraya, J., Simatupang, S., & Wahyuni, I. (2014). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Peningkatan Capaian Kompetensi Fisika Umum II Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika FMIPA Universitas Negeri Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 3(1), 24-33.
Sohibun, S., & Ade, F. Y. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Virtual Class Berbantuan Google Drive. Tadris : Jurnal Keguruan dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 121-129.
Sugiyono (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Suranti, N. M. Y., Gunawan & Syahidu, H. (2016). Pengaruh Model Project Based Learning berbantuan Media Simulasi terhadap Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Alat-Alat Optik. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi. Volume II, Nomor 2, Hal 73-79.
Thiagarajan, S., Semmel, D.S. & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington, D.C : National Center for Improvement of Educational System.
Tsabit, D., Amalia. A.R., & Maulana, L.H. (2020). Analisis Pemahaman Konsep IPS Materi Kegiatan Ekonomi Menggunakan Video Pembelajaran IPS Daring di Kelas VI.3 SDN Pakujajar CBM. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, V(1).
Wahyuni, S., Wahyudi, W., & Gunada, I.W. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbantuan Advance Organizer untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Peserta Didik pada Materi Suhu dan Kalor. Jurnal Hasil Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7(1), 115-122.
Wicaksono, I., Jatmiko, B., & Prastowo, T. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Learning Cycle 5E untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Fluida Statis. Pendidikan Sains Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya, 4(2), 518-524.
Yunita, L., Sofyan, A., & Agung, S. (2014). Pemanfaatan Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Konsep Senyawa Hidrokarbon. EDUSAINS. 6(1).
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.