efektifitas Efektifitas Terapi Bermain Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan dan Ketrampilan Sosial Bagi Anak Autism
Eksperimen di PAUD-SD Lenterahati Islamic Boarding School
Authors
MA Muazar HabibiDOI:
10.29303/jipp.v7i2.706Published:
2022-06-24Issue:
Vol. 7 No. 2 (2022): JuniKeywords:
Autism, Lenterahati Islamic Boarding School, Terapi bermain socialArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Anak-anak penyandang autism semakin hari semakin meningkat. Fombonne (2012) di Canada mendapatkan data sebanyak 60 anak per 10.000 kelahiran. Sedangkan di Indonesia di perkirakan terdapat 1 anak per 150 kelahiran. Meningkatnya jumlah anak dengan gangguan autism berarti semakin menunutut adanya inovasi dalam bentuk intervensi yang efektif dan murah, mengingat terapi autism di Indonesia dan di Nusa Tenggara Barat khusuanya Lombok Barat masih tergolong mahal. Tiga tahun terakhir ini di Nusa Tenggara Barat Khusunya di Kabupaten Lombok Barat banyak bermunculan anak-anak yang positif mengalami ganguan perkembangan yang disebut autism hal ini dapat dilihat tingginya atensi masyarakat untuk memasukkan anak-anak dengan gejala Autism di sekolah yang menyelengarakan kelas inklusi seperti di PAUD-SD Lenterahati Islamic Boarding School. Hal ini juga terbukti dari munculnya berbagai macam pusat-pusat terapi autism atau anak dengan kebutuhan khusus, serta semakin meningkatnya peserta yang terdaftar dan menjalani terapi di pusat-pusat terapi autism. Pengalaman ini menuntut banyak orang untuk memikirkan terapi alternatif yang mungkin dapat diberikan untuk membantu meningkatkan perilaku positif dan mengurangi simtom-simtom negatif dari anak-anak dengan gangguan autism. Sebenarnya banyak alternatif terapi yang dikenal oleh para ahli maupun pemerhati, namun sayangnya belum banyak yang dapat diterapkan secara lengkap, hal ini disebabkan oleh keterbatasan fasilitas yang ada di pusat-pusat terapi, sehingga belum ada data dan fakta yang menunjukkan bukti-bukti efektivitas dari penerapan terapi tersebut bagi perbaikan kemampuan anak autism, dalam penelitian ini peneliti memiliki tujuan untuk menerapkan terapi dengan model “bermain sosial†untuk membantu meningkatkan perilaku positif anak autism, serta ingin mengetahui seberapa jauh sumbangan terapi tersebut pada tujuan yang ingin dicapai. Terapi tersebut dipilih sebagai terapi alternatif, mengingat terapi tersebut biayanya murah, dapat dilakukan dimana saja, tidak harus dikelas, dan oleh siapa saja. Hal ini memungkinkan setiap orang tua atau keluarga yang memiliki anak dengan gangguan autism dapat memberikan terapi tersebut sepanjang waktu. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian eksperimen yang sifatnya quasi, artinya penelitian ini tidak dilakukan dilaboratorium yang dapat mengontrol berbagai faktor eksternal yang dimungkinkan dapat mempengaruhi perubahan perilaku subyek di luar situasi eksperimen. Penelitian ini hanya terdiri dari kelompok eksperimen saja, untuk itu tidak menggunakan kelompok kontrol mengingat sulitnya mendapatkan subyek yang dapat mengikuti perilakuan selama periode eksperimen secara intens dan terus menerus dengan 11 orang subyek menggunakan tritmen terapi bermain kelompok untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sosial menunjukkan hasil yang cukup signifikan. Sehingga hasil eksperimen tersebut dianggap efektif. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa; 1) Terapi bermain sosial dapat digunakan sebagai terapi alternatif yang dapat diterapkan dirumah sesuai dengan program yang telah ditentukan sebagai home program. 2) Terapi bermain sosial juga efektif untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan sosial anak dengan gangguan autism ringan hingga sedang. 3) Terapi bermain sosial dapat memberikan hasil yang efektif apabila dilakukan secara terus menerus dan berkelanjutan, serta dilakukan dalam kelompok kecil (maksimal 6 orang) dengan dipandu oleh seorang fasilitator yang telah dilatih. 4) Terapi bermain sosial ini akan memberikan kontribusi terhadap peningkatan kemampuan dan keterampilan sosial anak dengan gangguan autism apabila didalam kelompok juga terdapat anggota dengan anak normal. Dan 5) Ibu atau pengasuh atau anggota keluarga lain memiliki peranan yang cukup berarti dalam kelangsungan terapi bermain sosial dalam kelompok kecil.
References
Adamson LB, & Bakeman R. (2019). Mothers’ communicative actions: Changes during infancy. Infant Behavior and Development. Vol 7, 467–478. Adolescence. McGraw-Hill, Inc.: Toronto.
American Psychiatric Assosiation. (2016). Diagnostic and Statistical Manual of mental Disorder 5th Edition. Washington, DC: American Psychiatric Association Publishing.
Axline, V.M. (2016). Play Therapy. Ballantine Book: New York.
Balch, J.W., & Ray, D.C. (2015). Emotional assets of children with autism spectrum disorder: A single case therapeutic outcome experiment. Journal of Counseling and Development, Vol 93, 429-439.
Bavin, E., et al. (2014). Severity of autism is related to children's language processing.
Berk, L. E. (2013). Infants, Children, and Adolescents (7th ed.) Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
Charman, T, & Wendy, S (2016). Social & Communication Development in Autism
Cochran, N.H, Nordling, W.J, & Cochran, J.L (2017). Child-Centered Play Therapy. A Practical Cuide to Developing Therapeutic Relationships with Children. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
Crain, W. (2013). Theories of Development, Concepts and Applications; 6th Edition. Upper Saddle River, NJ: Pearson Education, Inc.
Danu Atmaja, B. (2013). Terapi anak autism di rumah. Puspa Swara: Jakarta. Fombon, Eric., 2013., Epidemological Survey of autism and Other Pervasive
Deckers, A, Roelofs, J., Muris, P., & Rinck, M. (2014). Desire for social interaction in children with autism spectrum disorders. Research in Autism Spectrum Disorders, Vol8, 449-453.
Developmental Disorders: An Update., Journal of Autism and developmental disorders., Vol 33., No. 4., McGill University., Departement Of Psychiatry., The Montreal Children Hospital., Canada. International Society for Autism Research. Vol 7 (6), 687-694.
Jeyabalan. S. (2012). Developing Joint Attention in Children with Autism Spectrum Disorder - A Pilot Study. Developing Joint Attention in Children with ASD. Bachelor of Arts in Psychology (Honours). Murdoch University, Perth, WA.
Kaale, A., Smith, L., & Sponheim, E. (2012). A randomized controlled trial of preschool-based joint attention intervention for children with autism. Journal of Child Psychology Psychiatry, Vol 53(1), 97-105.
Kasari, C. Freeman, S. & Paparella. (2016). Joint attention and symbolic play in young children with autism: A Randomized controlled intervention study. Journal of Child Psychology and Psychiatry, 47(6), 611- 620.
Kasari, Connie (2012)., Assesing Change in Early Intervention programs for Children with Autism., Journal Of Autism and developmental Disorder., Vol.32., No. 5., University Of California., California. Kaufmann, J.M. and Hallahan, D.P. 2018. Exceptional children; Introduction to
Kerig, P. K., Ludlow, A., & Wenar, C. (2012). Developmental psychopathology: from infancy through adolescence (6th ed.). Maidenhead, UK: McGraw-Hill. Kring, A. M., Johnson, S. L., Davison, G. C., & Neale, J. M. (2010). Abnormal
Landreth, G.L. (2017). Innovations in play therapy, issues, process, and special populations. Taylor & Francis Group : USA.
Lewis, B. and McLoughlin, J. (2018). Assessing Students with Special Needs.
Lynch, K. G. (2013). Review Response to and initiation of joint attention: overlapping but distinct roots of development in autism?. Department of Psychology, College of Staten Island, City University of New York, New York, NY.
Mash, E. J., & Wolfe, D.A. (2013). Abnormal child psychopathology, (5th Ed).Belmont, CA: Wadsworth/ Cengage Learning.
Mellisa, F. (2013). 112.000 Anak Indonesia diperkirakan menyandang autisme. Selasa, 09 April 2013. Diakses dari http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/13/04/09/mkz2un-112000-anak- indonesia-diperkirakan-menyandang-autisme.
Mundy (2003). Early Social Communication Scales. Draft manual for the Abridged Early Social Communication Scales. University of Miami, Coral Gables, FL.
Mundy, P. (2013). The neural basis of social impairments in autism: The role of the dorsal medial-frontal cortex and anterior cingulate system. Journal of Child Psychology and Psychiatry and Allied Disciplines. Vol 44, 793–809.
Nelson, R. W., & Israel, A. C. (2015). Abnormal child and adolescent psychology with DSM-V Updates Eight Edition. New York, NY: Pearson Educated Limited. Peeters. T. (2004). Pusat Pelatihan professional penyandang autis, Antwrep. Autisme.Hubungan pengetahuan teoritis dan intervensi pendidikan bagi penyandang autis. Jakarta: Dian Rakyat.
Rudy, N. A., Betz, A. M., Malone, E., Justine, E., Henry, J. E. & Chong, I. M. (2014). Effect of video modeling on teaching bids for joint attention to children with autism. Behavioral Interventions Behav. Intervent. Hoboken, NJ: John Wiley & Sons.
Salter, K, Beamish, W, & Davies, M (2016). The Effects of Child-Centered Play Therapy (CCPT) on the Social and Emotional Growth of Young Australian Children with Autism. International Journal of Play Therapy. Vol. 25 (2), 78–90.
Santrock, J.W. (2017). Child Development (13th Ed.). Boston, MA: McGraw-Hill. Schertz, H. H., Odom, S. L., Baggett, K. M., & Sideris, J. H. (2013). Effects of joint attention mediated learning for toddlers with autism spectrum disorders: An initial randomized controlled study. Early Childhood Research Quarterly, 28, 249-258.
Segal, E.A, & Stokes, T.F (2016). Initiating Conversation by a Kindergarten-Aged Child with Autism Spectrum Disorder. An Honors Program Project Presented to the Faculty of the Undergraduate College of Health and Behavioral Studies James Madison University, Virginia, US.
Seneff, S., Davidson, R. M. & Liu, J. (2012). Empirical data confirm autism symptoms related to aluminum and acetaminophen exposure. Entropy Vol. 14, 2227-2253Thompson, G., McFerran, K. S., & Gold, C. (2013). Family-centred music therapy to promote social engagement in young children with severe autism spectrum disorder: A randomized controlled study. Child: Care, Health and Development, 40(6), 840- 852. doi:10.1111/cch.12121.
Siller., M., and Sigman., M., (2012)., The Behaviors of Parents of Children with Autism Predicted the Subsequent development of Their Children`s Communication., Journal of Autism and Developmental Disorders., Vol. 32. No. 2., Departement of Psychiatry Ucla School of Medicine., Los Angeles.
Special Education. Prentice Hall : New Jersey.
Spectrum Disorder. Early Identification, Diagnosis, and Intervention. New York, NY:72 Spring Street
Sutadi, R. (2013). Penatalaksanaan Holistik Autismme Kongres Nasional Autismme Indonesia Pertama. Konferensi Nasional Autismme Indonesia.
Vivanti, G., Young, G. S., McCormick, C., & Nadig, A. (2017). Intact and Impaired Mechanism of Action Understanding. Developmental Psychology. Vol 47(3):841-56. Doi: 10.1037/a0023105.
Wenar, C. (2019). Developmental psychopatology from Infancy through
Widyawati, I., Rosadi. D.E., & Yulidar (2013). Terapi Anak Autism di Rumah.,
Winder, B. M., Robert H., Wozniak, R. H., Parladé, M.V., & Iverson, J. M. (2012). Spontaneous Initiation of Communication in Infants at Low and Heightened Risk for Autism Spectrum Disorders. Developmental Psychology, American Psychological Association, Vol. 49 (10) 1931–1942.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.