Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit
Authors
Zul Hijjayati , Muhammad Makki , Itsna OktaviyantiDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.774Published:
2022-08-29Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
Literasi, Literasi Baca-Tulis, Rendahnya literasi baca-tulisArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Literasi baca-tulis merupakan kemampuan membaca, menulis, mencari serta mengolah dan memahami suatu informasi untuk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di SDN Sapit dan upaya guru untuk mengatasi permasalahn rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah empat orang siswa kelas 3 yang diketahui termasuk dalam kategori siswa dengan kemampuan literasi baca-tulis rendah, wali kelas 3, dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan observasi dan wawancara mendalam. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data model Interactive (interactive model) yang terdiri dari beberapa komponen yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa faktor penyebab rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa kelas 3 di SDN Sapit dibebabkan oleh 2 faktor yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Fakor internal meliputi rendahnya kemampuan intelegensi siswa, rendahnya minat belajar siswa, dan rendahnya motivasi belajar siswa. Faktor eksternal meliputi kurangnya perhatian orang tua, pengaruh televisi dan handphone, pengaruh teman bermain, kemampuan guru, serta sarana dan prasarana yang kurang memadai. Upaya yang dapat dilakukan guru untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan literasi baca-tulis siswa adalah dengan cara memberi motivasi, menerapkan kegiatan literasi baca-tulis, meningkatkan kemampuan guru, dan melakukan kolaborasi atau kerjasama dengan orang tua siswa.
References
Dasor et al. (2021). Peran Guru Dalam Gerakan Literasi di Sekolah Dasar. Jurnal PGSD (diakses pada tanggal 25 Juli 2022).
Djamarah, Syaiful Bahri. (2002). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Fazila, Nurul (2020). Peran Guru Dalam Menumbuhkan Kemampuan Literasi Siswa Kelas V Di MIN 7 PIDIE Jaya. Skripsi (diakses pada tanggal 28 Juli 2022).
Halim (2017). Literasi Dengan Empat Keterampilan Berbahasa. Artikel (Diakses pada tanggal 9 maret 2021). https://www.igi.or.id/literasi-dengan-empat-keterampilan-berbahasa.html
Handayani, Dian P.P et al. (t.t). Analisis Penyebab dan Strategi Guru Kelas Mengatasi Kesulitan Membaca Pemulaan Siswa Kelas II SD Negeri Kendal. Jurnal Pendidikan (diakses pada tanggal 27 Juli 2022).
Hapsari, Amalia Putri (2019). Identifikasi Faktor-Faktor Penyebab Kesulitan Membaca Siswa Kelas III. Jurnal Ilmiah (diakses pada tanggal 26 Juli 2022).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (2017). Materi Pendukung Literasi Baca Tulis: Gerakan Literasi Nasional. Jakarta.
Mardika, Tiwi (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. (Diakses pada tanggal 16 September 2021).
Mardika, Tiwi (2017). Analisis Faktor-Faktor Kesulitan Membaca Menulis dan Berhitung Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Dinamika Pendidikan Dasar. (Diakses pada tanggal 16 September 2021).
Pramesti, Fitria (2018). Analisis Faktor-Faktor Penghambat Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas 1 SD. Jurnal Ilmiah Sekolah dasar. Diakses pada tanggal 5 Juli 2022.
Purwanto (2010). Intelegensi: Konsep dan Pengukurannya. STAIN: Surakarta. (Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, diakses pada tanggal 20 Juni 2022)
Rohani, Siti (2021). Faktor-Faktor Rendahnya Kemampuan Siswa Dalam Membaca dan Menulis Kelas IV di SDN 85 Kota Lubuk Linggau. Skripsi. (Diakses pada tanggal 17 September 2021).
Saliza (2021). Upaya Guru dalam Mengatasi Kesulitan Membaca Siswa Kelas 2 SD Negeri 1 Nologaten Ponorogo. Skripsi (diakses pada tanggal 2 Agustus 2022).
Sugiyono (2018). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta
Witanto, Janan (2018). Minat Baca Yang Rendah. Skripsi. Diakses pada tanggal 5 Juli 2022.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.