Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Selama Pembelajaran Daring Pada Masa Covid 19
Authors
Suhadah Suhadah , A. Hari Witono , Heri Hadi SaputraDOI:
10.29303/jipp.v7i3b.780Published:
2022-09-03Issue:
Vol. 7 No. 3b (2022): SeptemberKeywords:
Peran Orang Tua, Motivasi Belajar, Pembelajaran DaringArticles
Downloads
How to Cite
Abstract
Orang tua sebagai motivator anak harus memberikan dorongan dalam segala aktivitas anak, misalnya dengan memberikan perhatian, hadiah, dan penghargaan apabila anak berhasil dalam ujian. Motivasi dalam bentuk ini akan membuat anak lebih giat lagi dalam belajar. Terlebih lagi ketika adanya virus covid-19 yang mengharuskan peserta didik belajar dirumah. Pembelajaran daring bertujuan memberikan layanan pembelajaran bermutu dalam jaringan (daring) yang bersifat masif dan terbuka untuk menjangkau peminat yang lebih banyak dan lebih luas. Motivasi belajar merupakan daya penggerak di dalam diri individu yang menimbulkan kegiatan belajar, yang menjamin kelangsungan dari kegiatan belajar dan yang memberikan arah pada kegiatan belajar, sehingga tujuan yang dikehendaki tercapai. Interaksi antara orang tua dan anak sangat berpengaruh dalam meningkatkan motivasi belajar anak. Akan tetapi banyak orang tua yang memperbolehkan anaknya bermain dengan gadget yang membuat anak menjadi keregantuan dan berpengaruh dalam motivasi belajarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peran orang tua dalam meningkatkan motivasi anak selama pembelajaran daring pada masa covid 19. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan deskriptif, sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, obsevasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran orang tua dalam meningkatkan motivasi belajar anak selama pembelajaran daring  pada masa Covid-19 di SDN 14 Cakranegara secara umum sudah dijalankan dengan baik.
References
Baru Algesindo Moekijat (2002). Dasar-Dasar Motivasi. Bandung: CV Pionir Jaya.
Cahyati, Nika (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran di Rumah Saat Pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi, 04(1).
Darmadi, hamdi (2019). Pengantar Pendidikan Era Globalisasi: An1mage.
Dewi, Wahyu Aji Fatma (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan. Volume 2 Nomor 1.
Djamarah, Syaiful Bahri (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik, Oemar (2007). Psikologi Belajar dan Mengajar. Bandung: Sinar.
Irawan H, Ardiana D, Yulia M, Simarmata J, Mahawati S, Sudra R, Muttaqin, & Yuniwati I. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan: Teori dan Penerapan: Yayasan Kita Menulis
Moleong, Lexy (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Pohan, Albert, Efendi (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasi Pendekatan Ilmiah. Jawa Tengah: CV Sanru Untung.
Putria, Hilna et al. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi COVOD-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicude. Volume 4 Nomor 4.
Rukin (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Sulawesi Selatan: Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.
Sari, Pusvyta (2015). Memotivasi Belajar Dengan Menggunakan E-Learning. Jurnal Ummul Qura, VI (2).
Simanihuruk Lidia, Simarmata Janner, Sudirman Aci, Hasibuan M Said, Safitri Meilani, Sulaiman Oris Krianto, Ramadhani Rahmi, … & Sahir Syafrida Hafni (2019). E-Learning: Implementasi, Strategi Dan Inovassinya: Yayasan Kita Menulis.
Slameto (2003). Peranan ayah dalam pendidikan anak. Salatiga: Satya Wiydya.
Sugiyono (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Alfabeta.
Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 Tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19).
Susanto, Ahmad (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Uno, B, Hamzah (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksa.
License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.